Belasan Mahasiswa-Polisi Luka-Luka, Polres Ungkap Biang Ricuh #SaveKPK II di Banjarmasin #SAVEKPK Bergaung di Banjarmasin: Ratusan Mahasiswa Ultimatum Ketua DPRD Kalsel di Tengah Guyuran Hujan Tagih Janji Reklamasi, Dewan Tabalong Ngotot Panggil Bos Adaro UPDATE! Tunggu Supian HK, Massa #SaveKPK di Banjarmasin Ngotot Bertahan Jenderal Lapangan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Terluka, Tangan-Kepala Berdarah

1 Anggota KKB Pimpinan Sabinus Waker Ditembak Mati Satgas Nemangkawi

- Apahabar.com Senin, 26 Oktober 2020 - 23:57 WIB

1 Anggota KKB Pimpinan Sabinus Waker Ditembak Mati Satgas Nemangkawi

Ilustrasi anggota KKB Papua. Foto-lamanberita.co via Tribunnews

apahabar.com, JAKARTA – Aparat gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi menembak mati 1 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Sabinus Waker dalam kontak tembak di Intan Jaya, Papua.

Kabiro Penmas Divhumas Polri, Brigjen Awi Setiyono, mengatakan bahwa kontak tembak antara TNI-Polri dengan anggota KKB pimpinan Sabinus Waker terjadi di Kampung Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Senin (26/10) sekitar pukul 05.00 hingga 10.00 WIT.

“Pada saat kontak senjata, ada 50 orang bersenjata diduga KKB melakukan perlawanan terhadap tim gabungan TNI-Polri sehingga tim mengambil tindakan tegas dan terukur,” kata Awi di Jakarta seperti dilansir Antara, Senin malam.

Awi menjelaskan satu anggota KKB yang terpaksa diambil tindakan tegas terukur dan akhirnya meninggal dunia bernama Rubinus. Sementara satu anggota KKB lainnya Hermanus Tipagau berhasil ditangkap.

“Seorang anggota KKB yang meninggal dunia terlibat dalam penembakan tim TGPF beberapa waktu lalu seusai melakukan olah TKP,” katanya.

Kelompok KKB pimpinan Sabinus Waker memiliki catatan kriminal di wilayah Papua di antaranya mereka pernah menyerang anggota Brimob pada tahun 2015.

Kelompok ini juga dikenal kerap melakukan perampasan terhadap warga di kawasan Kampung Banti, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua.

Kelompok yang menamakan diri “Kemabu” ini diduga juga telah merekrut remaja Papua bahkan yang masih di bawah umur.

Karo Penmas Awi menegaskan bahwa satgas gabungan TNI-Polri tidak menyasar anak di bawah umur dalam operasi penangkapan separatis seperti yang dipropagandakan oleh akun-akun media sosial KKB.

“Kelompok ini telah meracuni pikiran remaja Papua, merekrut serta mempersenjatai mereka dengan tujuan sebagai tameng hidup agar mereka mudah melarikan diri,” katanya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Gubernur Maluku Dukung Program Pemerintah Kalsel
Mardani

Nasional

Mardani Kenang 16 Tahun Tsunami Aceh, Kok Ada Foto Habieb Rizieq Shihab?

Nasional

Jokowi Minta Soal Vaksin Covid-19 Jangan Tergesa-gesa
Teguh

Nasional

Ketum JMSI Soal SKB Pedoman ITE: Angin Segar untuk Perusahaan Media
apahabar.com

Nasional

Jika Jadi Anggota DPR, Begini Impian Gitaris Seventeen Sebelum Wafat
apahabar.com

Nasional

Hari Ini DPR Gelar Paripurna Sahkan 5 Pimpinan KPK
Bos Sinarmas

Nasional

Dugaan Penipuan, Dua Bos Sinarmas Dilaporkan ke Polisi

Nasional

Sah Ditandatangani Jokowi, Pasal 6 UU Omnibus Law Cipta Kerja Jadi Sorotan, Ada Apa?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com