Kronologi Lengkap 2 Bocah asal Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Belum Tentu Dibekap Sang Ibu, Biang Kematian 2 Bocah Benawa HST Jadi Misteri 16 Hari Anti-Kekerasan, Aktivis Perempuan Kampanyekan Kesetaraan Gender di Banjarmasin Suhu Tubuh Tinggi, Wali Kota Samarinda Positif Covid-19 Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi

1 Anggota KKB Pimpinan Sabinus Waker Ditembak Mati Satgas Nemangkawi

- Apahabar.com Senin, 26 Oktober 2020 - 23:57 WIB

1 Anggota KKB Pimpinan Sabinus Waker Ditembak Mati Satgas Nemangkawi

Ilustrasi anggota KKB Papua. Foto-lamanberita.co via Tribunnews

apahabar.com, JAKARTA – Aparat gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi menembak mati 1 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Sabinus Waker dalam kontak tembak di Intan Jaya, Papua.

Kabiro Penmas Divhumas Polri, Brigjen Awi Setiyono, mengatakan bahwa kontak tembak antara TNI-Polri dengan anggota KKB pimpinan Sabinus Waker terjadi di Kampung Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Senin (26/10) sekitar pukul 05.00 hingga 10.00 WIT.

“Pada saat kontak senjata, ada 50 orang bersenjata diduga KKB melakukan perlawanan terhadap tim gabungan TNI-Polri sehingga tim mengambil tindakan tegas dan terukur,” kata Awi di Jakarta seperti dilansir Antara, Senin malam.

Awi menjelaskan satu anggota KKB yang terpaksa diambil tindakan tegas terukur dan akhirnya meninggal dunia bernama Rubinus. Sementara satu anggota KKB lainnya Hermanus Tipagau berhasil ditangkap.

“Seorang anggota KKB yang meninggal dunia terlibat dalam penembakan tim TGPF beberapa waktu lalu seusai melakukan olah TKP,” katanya.

Kelompok KKB pimpinan Sabinus Waker memiliki catatan kriminal di wilayah Papua di antaranya mereka pernah menyerang anggota Brimob pada tahun 2015.

Kelompok ini juga dikenal kerap melakukan perampasan terhadap warga di kawasan Kampung Banti, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua.

Kelompok yang menamakan diri “Kemabu” ini diduga juga telah merekrut remaja Papua bahkan yang masih di bawah umur.

Karo Penmas Awi menegaskan bahwa satgas gabungan TNI-Polri tidak menyasar anak di bawah umur dalam operasi penangkapan separatis seperti yang dipropagandakan oleh akun-akun media sosial KKB.

“Kelompok ini telah meracuni pikiran remaja Papua, merekrut serta mempersenjatai mereka dengan tujuan sebagai tameng hidup agar mereka mudah melarikan diri,” katanya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Nasional

BMKG: Anak Krakatau Masih Erupsi, Zona Waspada Tsunami Tetap Diterapkan
apahabar.com

Nasional

Memanas dengan China, Jokowi Gandeng Jepang di Natuna
apahabar.com

Nasional

Ahli Jelaskan Alasan Obat Malaria Bisa Digunakan untuk Covid-19
apahabar.com

Nasional

Pada 2024, Jokowi Harap Angka Kemisikinan Ekstrem Jadi Nol
apahabar.com

Nasional

Dituding Maling di Masjid, Mahasiswa Tewas Dimassa
apahabar.com

Nasional

Lewat Guru Penggerak, Kemendikbud Lahirkan Pembelajar yang Berpusat ke Murid
apahabar.com

Nasional

Jadi Calo Ujian Kepangkatan Pegawai, Kejari OTT Oknum BKD Kalteng
apahabar.com

Nasional

Tsunami Selat Sunda: Basarnas Kerahkan Pasukan Elit Evakuasi Korban
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com