Kronologi Lengkap 2 Bocah asal Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Belum Tentu Dibekap Sang Ibu, Biang Kematian 2 Bocah Benawa HST Jadi Misteri 16 Hari Anti-Kekerasan, Aktivis Perempuan Kampanyekan Kesetaraan Gender di Banjarmasin Suhu Tubuh Tinggi, Wali Kota Samarinda Positif Covid-19 Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi

10 Santri Dapat Beasiswa ke Hadramaut Yaman, Guru Kapuh: Niatkan Bermanfaat untuk Masyarakat HSS

- Apahabar.com Rabu, 28 Oktober 2020 - 12:16 WIB

10 Santri Dapat Beasiswa ke Hadramaut Yaman, Guru Kapuh: Niatkan Bermanfaat untuk Masyarakat HSS

Guru Kapuh memberikan pesan pada 10 orang santri yang mendapat beasiswa studi ke Kota Tarim, Hadramaut, Yaman. Foto-Humas HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Sebanyak 10 orang santri di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), mengikuti orientasi sebelum berangkat melanjutkan pendidikan di Kota Tarim, Hadramaut, Yaman, Selasa (27/10) kemarin.

Keberangkatan para santri itu, dibiayai dari program beasiswa yang diberikan Pemkab HSS, bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat.

Sebelumnya, beasiswa tersebut diserahkan secara simboolis pada peringatan Hari Santri Nasional, Kamis (22/10) lalu.

Santri penerima beasiswa melanjutkan studi luar negeri tersebut, yakni sebanyak 6 orang merupakan lulusan Pondok Pesantren (Ponpes) Dalam Pagar Kandangan, dan 4 orang dari Ponpes Darul Amin Taluk Labak, Kecamatan Daha Utara.

Ketua MUI HSS, Tuan Guru H M Riduan Beseri menjelaskan, program beasiswa itu merupakan kerjasama dengan MUI Kabupten HSS, yang dananya 100 persen berasal dari anggaran Pemkab HSS.

Ulama sohor di HSS yang kerap disapa Guru Kapuh itu, menyambut gembira adanya program beasiswa tersebut. Sebab menurutnya, hal itu memang perlu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), salah satunya dengan mengirim santri untuk belajar ke luar negeri.

Guru Kapuh berpesan pada para santri penerima beasiswa, penting untuk diperhatikan sebelum berangkat adalah mempersiapkan bekal berupa ilmu ‘alat’ yang baik, agar bisa menyerap ilmu sebanyak-banyaknya.

“Ketika kita sekolah baik ke Jawa ataupun sampai ke luar negeri atau ke manapun itu, yang paling penting untuk kita perhatikan sebelum berangkat itu adalah, pentingnya kita menguatkan bekal ilmu alat. Ilmu alat itu adalah kemampuan kita membaca kitab, kemampuan kita menguasai ilmu nahwu dan shorof dan lainnya, dasar-dasarnya harus kuat dulu,” jelasnya.

apahabar.com

Sebanyak 10 orang santri di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), mengikuti orientasi sebelum berangkat melanjutkan pendidikan di Kota Tarim, Hadramaut, Yaman, Selasa (27/10) kemarin. Foto-Humas Pemkab HSS

Guru Kapuh mengatakan, belajar ilmu di Kota Tarim tidak ada lagi belajar nahwu dan shorof. Sebab terangnya, di sana sudah berada pada ilmu tingkatan tinggi. Apalagi tambahnya, bahasa pengantarnya tidak dengan bahasa Banjar ataupun bahasa Indonesia, yakni hanya menggunakan bahasa Arab.

Lalu lanjutnya, penting untuk meluruskan niat untuk benar-benar melaksanakan perintah Allah SWT untuk mencari ilmu peninggalan Rasulullah SAW, dan tidak sekadar mencari nama besar atau titel.

“Dengan niat yang baik, kita mendapatkan manfaat serta masyarakat HSS pun mendapatkan berkahnya,” ujarnya.

Ia berpesan untuk meniatkan pertama, memberikan manfaat untuk lingkungan dan masyarakat di Kabupaten HSS. Sebab ujarnya, pendidikan ke luar negeri itu dibiayai Pemkab HSS dari uang rakyat, dan harus kembali kepada rakyat.

“Jadi harus kita ingatkan, bahwa yang membiayai kita itu masyarakat, mudahan nanti bisa memberikan manfaat lebih, dari biaya yang digunakan,” harapnya.

Guru Kapuh juga mengimbau para santri untuk dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, menuntut ilmu dan mengambil berkah ulama-ulama di sana sebanyak-banyaknya.

“Ingatlah bahwa selesai menimba ilmu di sana, kita diharapkan untuk kembali ke banua [daerah, red],” tuturnya.

Guru Kapuh mendoakan para santri yang akan belajar ke luar negeri itu diberikan taufik dan hidayah oleh Allah SWT, diberikan kekuatan sehingga mampu menuntut ilmu sebaik-baiknya, mendapat berkah, pulang dengan selamat, mengamalkan ilmunya dan membangun daerah.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Turun ke Pasar Rakyat, ASN Bagikan Masker dan Sosialisasikan Bahaya Covid-19
apahabar.com

HSS

Diskominfo HSS Siap Menuju Wilayah Bebas Korupsi
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Gelar Bimtek Adipura Tahap 1
apahabar.com

HSS

20 Orang di HSS Dilatih Teknik Otomotif, Syamsuri Arsyad: Pelatihan Ini Bagian Realisasikan Janji Politik
apahabar.com

HSS

Tiga Siswa SMK 2 Kandangan Wakili Kalsel LKS Nasional
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Tinjau Penyortiran Surat suara
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Hadiri Sertijab 3 Camat
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Sambut Hangat Kunjungan Dua Ketua ‘Pengadilan’ dari Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com