Hasil Liga Champions, Tanpa Ronaldo Juventus Ditekuk Barcelona, Messi Cetak Gol, Skor Akhir 2-0 Alasan Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin Terancam Batal Beredar Video 62 Menit Operasi Pembakaran Halte Sarinah Saat Demo Anti UU Omnibus Law, Sosok Pelaku Terekam? Video Detik-detik Buaya Raksasa Diangkat dari Sungai Kayubesi Babel, Diyakini Warga Sebagai ‘Siluman’ Kasus Pembunuhan Istri Muda Pembakal di HST Inkrah, Jaksa Eksekusi Terpidana ke Martapura

3.517 Wartawan Lolos Seleksi Fellowship Perubahan Perilaku

- Apahabar.com Rabu, 14 Oktober 2020 - 16:41 WIB

3.517 Wartawan Lolos Seleksi Fellowship Perubahan Perilaku

Ilustrasi wartawan. Foto-Pixabay

apahabar.com, JAKARTA – Sebanyak 3.517 wartawan dari seluruh Indonesia lolos seleksi Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku yang diselenggarakan Dewan Pers bersama Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Anggota Dewan Pers yang juga Ketua Tim Kerja FJPP, Agus Sudibyo, mengatakan minat wartawan yang akan mengikuti program tersebut tinggi. Hal itu terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai 4.963 orang sejak registrasi dibuka pada 3 Oktober 2020.

“Sampai pendaftaran gelombang pertama ditutup pada 11 Oktober peminat masih bertambah. Kami memutuskan untuk membuka pendaftaran gelombang kedua, dibuka mulai hari ini dan ditutup pada Minggu 18 Oktober 2020,” kata Agus dalam keterangannya, Rabu (14/10/2020).

Tim Kerja FJPP yang terdiri atas perwakilan asosiasi perusahaan media dan asosiasi jurnalis konstituen Dewan Pers secara maraton melakukan verifikasi dan seleksi untuk kemudian ditentukan 3.517 peserta yang lolos. Selanjutnya, para peserta yang lolos akan mendapatkan pembekalan melalui lima kelas virtual.

“Seleksi meliputi administrasi sesuai persyaratan kuota provinsi, media, jenis platform,” tutur Agus kutip apahabar.com dari Detikcom.

Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku merupakan program dengan tiga kegiatan utama. Pertama, menggalakkan pemberitaan pers berperspektif perubahan perilaku guna pencegahan penularan COVID-19. Kedua, memperkaya konten berita media yang menekankan pentingnya kedisiplinan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan.

Ketiga, melibatkan wartawan sebagai agen perubahan perilaku melalui peningkatan peran pers sebagai institusi dengan fungsi edukasi publik dalam menghadapi bencana nasional.

Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku terbuka bagi jurnalis di seluruh Indonesia yang berminat untuk berkontribusi dalam mengakhiri pandemi Covid-19. Program ini terutama untuk jurnalis yang sedang mengalami kesulitan karena medianya terkena dampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Sementara itu, Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Hery Trianto menambahkan, masih terbuka bagi jurnalis di 24 provinsi, termasuk DKI Jakarta, untuk mengikuti program karena memiliki jumlah pendaftar di bawah kuota yang ditentukan tim kerja.

Dia mengatakan para jurnalis bisa mendaftar secara daring melalui portal www.ubahlaku.id yang kembali dibuka sejak pagi ini. “Mekanismenya simpel, bila persyaratan lengkap, hanya perlu waktu sekitar 5 menit untuk register,” terangnya.

Saat ini, masih terbuka kuota peserta program sejumlah 2.283 orang untuk semua platform media, baik cetak, online, televisi, maupun radio. Total kuota yang disiapkan sebanyak 5.800 orang.

“Dari pengalaman gelombang pertama, jurnalis radio paling sedikit yang mendaftar, jadi kesempatan mereka masih terbuka lebar. Namun, untuk platform juga masih terbuka kesempatan,” katanya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi: Kita Ingin TNI dan Polri Ada di Setiap Keramaian
apahabar.com

Nasional

Jokowi-Amin Raup 74 Persen Suara dii TPS Mbah Moen
apahabar.com

Nasional

Jokowi Beberkan Strategi agar Indonesia Keluar dari Jebakan Negara Kelas Menengah
apahabar.com

Nasional

Hebohkan Warga, Bocah 12 Tahun Ini Hidup Lagi Saat Dimandikan
apahabar.com

Nasional

Tanggulangi Covid-19, BNI Relakan THR Rp 130,2 Miliar
apahabar.com

Nasional

Gadis Cantik yang Kabur Karena Dijodohkan Diduga Ngemis di Garut
apahabar.com

Nasional

Topan Hagibis Terjang Jepang; 800 Penerbangan Dibatalkan  
apahabar.com

Nasional

Polres Sukabumi Amankan Belasan Remaja yang Hendak Dimobilisasi ke Jakarta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com