Prof Yusril: Penetapan Tersangka Eks Sekda Tanbu Labrak HAM Legislator Kalsel Kecam e-Sport Disponsori Judi Online KPU Banjar Tanggapi Santai Protes BirinMu Soal Pembukaan Kotak Suara Ricuh Safari Subuh Denny dan ‘Paman Bakul’ Disetop, Pelanggaran ASN Jalan Terus Dua Rumah di Anjir Muara Batola Terbakar, Penyebab Dalam Penyelidikan

Angkat Anak dari Kalangan Sayyid, Bukti Kecintaan Mardani H Maming ke Para Habaib

- Apahabar.com Minggu, 4 Oktober 2020 - 14:35 WIB

Angkat Anak dari Kalangan Sayyid, Bukti Kecintaan Mardani H Maming ke Para Habaib

Tangan Mardani H Maming dipegang erat oleh Guru Bangil. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Sosok Syafruddin H Maming (Cuncung) dan adiknya Mardani H Maming (MHM) diam diam dikenal sebagai tokoh yang sangat menghormati para ulama dan habaib.

MHM, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau Hipmi ini memiliki cukup kedekatan emosional dengan banyak habaib, baik di Kabupaten Tanah Bumbu dan di luar Pulau Kalimantan. Satu di antaranya adalah Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf asal Solo.

“MHM sangat hormat dan taat kepada ulama dan habaib. Bahkan, di era kepemimpinannya, para habaib sangat diperhatikan,” kata tokoh pemuda Alawiyyin, Sayyid Ismail Kholil Alydrus, kepada apahabar.com, Minggu (4/10).

Contoh kecintaan MHM kepada para habaib adalah saat mantan bupati Tanah Bumbu itu mengalokasikan anggaran untuk kegiatan haul akbar di Bumi Bersujud.

apahabar.com

Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf bersama Sayyid Ismail Kholil Alydrus. Foto-Istimewa

Misalnya, haul Habib Muhammad bin Habib Ali Al Idrus atau Habib Mancung yang dipusatkan di Kecamatan Kusan Hulu. Selain itu, ada banyak kegiatan haul akbar di Tanah Bumbu yang dilaksanakan atas inisiasi MHM.

“Saat beliau jadi Bupati, peringatan haul itu dianggarkan Rp 100 juta. Akhirnya setiap acara haul selalu ramai. Roda perekonomian masyarakat bergerak,” katanya.

Bukti lain kecintaan MHM kepada para habaib ketika adik dari Syafruddin H Maming itu mengangkat seorang anak dari kalangan sayyid. Anak itu kemudian disekolahkan ke Tarim, Hadramaut, dengan biaya pribadi.

“Jadi, kecintaan beliau kepada para habaib itu tidak perlu diragukan. Sudah banyak contohnya,” kata anak dari Habib Umar bin Hamzah Alydrus ini.

Sebelumnya, dia juga menyampaikan bahwa majelis taklim dan pengajian justru maju pesat di era MHM. Saat itu, majelis taklim berkembang secara merata di wilayah perdesaan.

“Sangat berbeda dengan di era Zairullah Azhar yang terpusat hanya di satu tempat. Tapi majelis taklim di tempat lain justru mati suri,” jelasnya.

Selain MHM, Said Ismail memandang Syafruddin H Maming dan M Alpiya Rakhman sebagai figur pemuda yang sama-sama mencintai ulama dan habaib.

“Syafruddin H Maming dan M Alpiya Rakhman itu punya kesamaan dengan MHM. Mereka sangat menghormati para ulama,” tandasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Penangkap Habibi, Gembong Narkotika Kalsel Diganjar Reward
apahabar.com

Kalsel

Ketika Polisi di Kandangan Tanam Ribuan Pohon
apahabar.com

Kalsel

Serunya Gebyar Ramadan di Pendopo Balahindang Rantau 
apahabar.com

Kalsel

Update Kalsel 30 Mei: Nihil Kasus Positif, 15 Pasien Sembuh
apahabar.com

Kalsel

Sindir DPRD Kalsel, Ratusan Driver Online Nyanyikan Lagu Iwan Fals
apahabar.com

Kalsel

Ajarkan Masyarakat Sungai Gampa Trik Hidup Sejahtera
ADARO

Kalsel

Kontrak ADARO Mau Habis, Walhi Ingatkan Bom Waktu Lingkungan Hidup
apahabar.com

Kalsel

Api Mengamuk di Kelayan B, 3 Rumah Terbakar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com