Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Bank Kalsel Siap Jadi Mitra Penyalur Program Pemulihan Ekonomi

- Apahabar.com Kamis, 8 Oktober 2020 - 17:22 WIB

Bank Kalsel Siap Jadi Mitra Penyalur Program Pemulihan Ekonomi

Bank Kalsel siap jadi mitra penyalur program pemulihan ekonomi. Foto-Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Bank Kalsel siap menjadi mitra penyalur program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp 500 miliar.

Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarrudin di Banjarmasin Rabu mengatakan, Bank Kalimantan Selatan telah mengajukan permohonan penempatan dana pemerintah di perbankan dalam program PEN tersebut.

Menurut Agus, upaya tersebut, sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menjadi salah satu penggerak utama dalam pemulihan ekonomi di Provinsi Kalimantan Selatan, khususnya terkait dengan bantuan stimulus permodalan kepada masyarakat yang terdampak oleh pandemi Covid-19.

Menurut Agus, upaya Bank Kalsel tersebut mendapatkan dukungan penuh dari Pemprov Kalsel, dengan harapan melalui dana tersebut akan mempercepat laju pertumbuhan ekonomi daerah.

“Sejak awal Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 64/2020 muncul kami langsung mengajukan. Kami juga sudah mengajukan rekomendasi dari Gubernur Kalimantan Selatan untuk menjadikan Bank Kalsel sebagai mitra pemulihan ekonomi nasional,” katanya.

Menurut dia, pengajuan Bank Kalsel sebesar Rp500 miliar dinilai cukup, karena nanti harus di leverage dua kali lipat dari itu, jadi totalnya menjadi Rp1 triliun.

“Kalau kita lihat dari apa yang sudah berjalan, Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) kan sudah Rp30 triliun, sementara penyerapan dana PEN per 1 Oktober 2020 baru sebesar 45,5%,” katanya.

Harapannya, tambah Agus, pada kuartal 4 ini Bank Pembangunan Daerah di seluruh Indonesia bisa membantu Pemerintah Pusat menyalurkan dana pemulihan ekonomi nasional tersebut.

Sebagai bank daerah, Bank Kalsel selain memiliki jaringan hingga ke pelosok desa, juga mengetahui secara pasti, kondisi lokal masyarakat “local wisdom”, dan lebih memahami cara berkomunikasi dengan masyarakat setempat lebih efektif.

“Sehingga upaya-upaya kami membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional dengan membangkitkan sektor ekonomi prioritas tiap daerah menjadi tepat sasaran,” kata Agus.

Agus juga menambahkan, dana PEN yang ditempatkan oleh Pemerintah akan disalurkan untuk program-program prioritas pemulihan ekonomi yang ditetapkan oleh Pemda.

“Gubernur Kalsel saat ini memprioritaskan ketahanan pangan. Maka kami Bank Kalsel membuat mekanisme kerja sama antara pemerintah daerah, petani dan Bank Kalsel,” katanya.

Bahkan, Bank Kalsel telah mengusulkan kepada Pemda untuk membangun ekosistem keuangan daerah, dimana BPD berperan mendukung upaya pemulihan ekonomi bisa lebih efektif dan diakselerasi dengan lebih cepat.

Sebelumnya, Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Adi Budiarso mengatakan, pada akhir September ini menyampaikan tentang besaran bunga penempatan dana pemerintah Himbara sebesar 2,8%.

Angka tersebut lebih rendah dari gelombang pertama yang mencapai 3,42%.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Bank Kalsel

Jadi BPS-BPIH, Bank Kalsel Beri Solusi Kemudahan Berhaji
apahabar.com

Bank Kalsel

Achmad Fikry Apresiasi Kepedulian Bank Kalsel Kandangan
Buka Kantor Kas, Cara Bank Kalsel Dukung Kebijakan Pemkab Banjar

Bank Kalsel

Buka Kantor Kas, Cara Bank Kalsel Dukung Kebijakan Pemkab Banjar
apahabar.com

Bank Kalsel

Kinerja Terus Membaik, Bank Kalsel Targetkan Jadi Bank Devisa
apahabar.com

Bank Kalsel

Perwakilan Bank Kalsel Sabet Juara di Pekan QRIS Nasional 2020
apahabar.com

Bank Kalsel

Makin Mudah, Berikut 7 Langkah Sedekah di Aplikasi Banking Bank Kalsel
apahabar.com

Bank Kalsel

Bayar Sekolah Bisa “di Rumah Aja” Pakai Aplikasi Bank Kalsel
Sebar Manfaat, UPZ Bank Kalsel Bantu Pembangunan Langgar di HSS

Bank Kalsel

Sebar Manfaat, UPZ Bank Kalsel Bantu Pembangunan Langgar di HSS
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com