Kobaran Api Kembali Gegerkan Warga Patmaraga Kotabaru Cara Cek Pengumuman CPNS 2019 Hari Ini, Login sscn.bkn.go.id, Berikut Website & Panduan Lengkapnya 150 Rumah Hangus Terbakar, Simak Kronologi Lengkap Kebakaran di Kotabaru Alasan Mengapa Api di Patmaraga Kotabaru 5 Jam Baru Padam Si Jago Merah Mengamuk di Kotabaru: Berkobar Berjam-jam, Ratusan Rumah Ludes Terbakar!

Bantu Tugas Nakes, Pertamina Serahkan 2 Robot Medis ke RSI Surabaya

- Apahabar.com Kamis, 8 Oktober 2020 - 20:55 WIB

Bantu Tugas Nakes, Pertamina Serahkan 2 Robot Medis ke RSI Surabaya

Pemberian bantuan 3 robot Robot medical Assistant ITS Airlangga (RAISA) kepada sejumlah RS di Jawa Timur. Foto-Antara/Indriani

apahabar.com, SURABAYA – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus menyerahkan 2 unit robot medical assistant buatan ITS-Unair ke Rumah Sakit Islam Surabaya Ahmad Yani.

Robot medis atau dikenal dengan sebutan RAISA itu sebagai upaya Pertamina membantu para tenaga kesehatan setempat menekan angka penyebaran Covid-19 di masyarakat.

Executive General Manager Pertamina Regional Jawa Timur Bali Nusa Tenggara (Jatimbalinus), CD Sasongko, mengatakan perlunya peran semua pihak, baik pemerintah, tenaga kesehatan, masyarakat, dan berbagai instansi, untuk bersama-sama menekan penyebaran Covid-19.

“Hal ini membuat kami bergerak untuk kembali membantu para tenaga kesehatan yang berjuang untuk meminimalisir dan menekan angka penyebaran COVID-19 pada masyarakat,” kata Sasongko di Surabaya seperti dilansir Antara, Kamis (8/10).

Sasongko mengatakan bantuan ini merupakan sinergi antara Pertamina Group dengan instansi pendidikan, yaitu ITS dan Unair, sebagai perguruan tinggi di Jawa Timur yang mengembangkan robot tersebut.

“Bantuan ini merupakan salah satu upaya kami bersama-sama menanggulangi Covid-19 melalui Program Pertamina Peduli,” ujarnya.

Direktur Utama RSI Surabaya, Samsul Arifin, usai menerima bantuan itu mengaku bersyukur karena dapat membantu tenaga kesehatan dan mengurangi interaksi dengan pasien Covid-19.

“Semenjak menjadi RS rujukan Covid-19 pada April 2020, kami telah merawat lebih dari 750 pasien Covid-19, di sini juga sudah ada tenaga kesehatan yang terpapar. Untuk itu kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Pertamina dan ITS atas bantuan robot RAISA ini,” kata Samsul.

Sementara itu sampai awal Oktober 2020, program Pertamina Peduli Penanggulangan Covid-19 telah menyalurkan bantuan senilai lebih dari Rp13 miliar di Jawa Timur, dalam bentuk alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis, wastafel portabel di fasilitas umum, masker untuk masyarakat.

Selain itu, juga diberikan paket kesehatan dan paket sembako, penyemprotan disinfektan, voucher bahan bakar dan ganti oli untuk tenaga medis, beasiswa pendidikan, dan bantuan-bantuan lainnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Pemerintah Tambah Jumlah Reagen untuk Pemeriksaan Covid-19

Nasional

Pemerintah Tambah Jumlah Reagen untuk Pemeriksaan Covid-19

Nasional

Luhut Ingin Indonesia Jadi Destinasi Investasi Kendaraan Listrik
apahabar.com

Nasional

Tunda RUU HIP, DPR Ikut Kata Pemerintah
apahabar.com

Nasional

Bandingkan dengan Orde Baru, Mahfud MD Nilai Pemilu Sekarang Lebih Baik    
apahabar.com

Nasional

Menhub: Seluruh Moda Transportasi Akan Dibuka Kembali Esok
apahabar.com

Nasional

Gerhana Matahari Hari Ini, Berikut Perkiraan Waktunya di Indonesia
apahabar.com

Nasional

Kasad Jadi Wakil Ketua Komite Covid-19, Simak Apa Kata Mahfud
apahabar.com

Nasional

Hari Pertama 2019, Talaud Sudah 2 Kali Diguncang Gempa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com