7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu Detik-Detik Akhir Kampanye, Bawaslu RI Turun ke Banjarmasin

Bebas Covid-19, Mandikapau Banjar Raih Penghargaan Kampung Tangguh Banua

- Apahabar.com Selasa, 27 Oktober 2020 - 13:29 WIB

Bebas Covid-19, Mandikapau Banjar Raih Penghargaan Kampung Tangguh Banua

Kepala Desa Mandikapau Barat saat menunjukkan penghargaan Kampung Tangguh Banua yang diberikan oleh Gubernur Kalimantan Selatan. Foto-Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Tak satu pun warga Desa Mandikapau, Kabupaten Banjar kini tertular dari Covid-19. Tak salah jika desa ini meraih penghargaan Kampung Tangguh Banua dari Provinsi Kalsel.

Kades Mandikapau, Abdul Basit menyebut dalam menanggulangi bencana non alam tersebut pihaknya sudah membuat berbagai kebijakan, salah satunya dengan membentuk tim relawan Covid-19.

“Kita juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat Desa Mandikapau Barat agar setiap beraktivitas di luar rumah agar selalu mengenakan masker, dan membiasakan mencuci tangan dengan air mengalir serta menjaga jarak,” ujarnya kepada apahabar.com.

Tidak sampai di sana, Abdul Basit juga mengungkapkan, saat pandemi pihaknya meniadakan pertemuan dan acara-acara yang mengumpulkan banyak masa.

Dalam penanganan tersebut, Pembakal Mandikapau Barat tersebut menerangkan bahwa pihaknya didukung dengan anggaran desa dengan membuat anggaran dalam penanganan Covid-19 di desanya.

“Alhamdulillah sampai saat ini, masyarakat di desa kami tidak ada yang terkena Covid-19,” ungkapnya.

Dilanjutkan Abdul Basit, pada kisaran 2 bulan yang lalu, desa mereka mendapatkan penghargaan dari Polres Banjar dengan menetapkan Desa Mandikapau Barat sebagai Desa Tangguh Banua. Serta pada bulan Agustus dalam lomba tangguh banua se Kalsel pihaknya berhasil mendapatkan menjadi Desa Tangguh Banua.

“Dan pada tanggal 26 Oktober kemarin pada saat deklarasi anti aksi damai, kita mendapatkan penghargaan dari pemerintah Kalsel sebagai desa yang aman dalam penanganan Covid-19,” terangnya.

Pada lomba tersebut, dijelaskan Abdul Basit, ada 20 Kecamatan yang ikut lombakan dalam tingkat Kabupaten Banjar, dalam lomba tersebut. Pihak relawan dari desanya bekerja keras untuk mensosialisasikan kepada warga terkait pencegahan covid-19.

“Juga masyarakat kita diwajibkan untuk mematuhi kebijakan yang dibuat oleh kepala desa,” tuturnya

Tidak itu saja, pihaknya pun tak berhenti memberikan imbauan kepada warga secara lisan. Imbauan makin kencang menggunakan spanduk terpasang di sejumlah titik di Desa Mandikapau Barat.

“Saya bersyukur masyarakat di desa kami mematuhi semua kebijakan yang kita buat. Bulan ini tak ada masyarakat yang terpapar Covid-19,” ujarnya bangga.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Debit Air Sungai Hantakan Meningkat, Peserta JMTs Terpaksa Diungsikan

Kalsel

Jual Madu Asli Hutan Meratus, Intip Omzet Si Cantik Anita Tiap Bulannya
Sutarti

Kalsel

Belum Tentu Dibekap Sang Ibu, Biang Kematian 2 Bocah Benawa HST Jadi Misteri
apahabar.com

Kalsel

Pemkab HSS Peringati Nuzulul Quran dengan Khataman Alquran
apahabar.com

Kalsel

Jembatan Penghubung 3 Desa Kecamatan Aranio Segera Dibangun
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Diliputi Kabut Asap, Kebakaran Masih Diwaspadai
Positif Covid-19 di Tanbu Jadi 2 Orang

Kalsel

Positif Covid-19 di Tanbu Jadi 2 Orang  
apahabar.com

Kalsel

Minggu Kedua 2020, Ada Mutasi Jabatan di Pemkab HST
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com