Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri

Belanda Kembalikan Berlian 70 Karat Sultan Banjar, Sejarawan Pun Semringah

- Apahabar.com Senin, 12 Oktober 2020 - 20:24 WIB

Belanda Kembalikan Berlian 70 Karat Sultan Banjar, Sejarawan Pun Semringah

Niat baik Pemerintah Belanda mengembalikan berlian 70 karat milik Sultan Banjar penting untuk khazanah budaya Banjar. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Lembaga Kajian Sejarah, Sosial dan Budaya Kalimantan menyambut niat baik Pemerintah Belanda mengembalikan berlian 70 karat milik Sultan Banjar

“Kami tentunya menyambut baik upaya pengembalian intan asal Banjarmasin peninggalan Sultan Adam ini,” ucap Ketua Lembaga Kajian Sejarah, Sosial dan Budaya Kalimantan, Mansyur kepada apahabar.com, Senin (12/10) malam.

Menurut Mansyur, intan ini adalah peninggalan bersejarah berupa benda fisik dari urang atau orang Banjar.

Pengembalian intan ini juga dinilai akan mendukung upaya pelestarian peninggalan bersejarah yang diwarisi dari generasi masa lalu.

“Dipelihara saat ini dan diteruskan untuk kepentingan generasi mendatang,” tegas Dosen Program Studi Sejarah FKIP ULM tersebut.

Perlu dipahami, kata dia, pelestarian peninggalan bersejarah berupa intan ini merupakan cara penting untuk menyampaikan pemahaman tentang masa lalu kepada generasi mendatang.

Selain itu, peninggalan bersejarah sangat bermanfaat dalam menambah kekayaan dan khazanah budaya bangsa. Kemudian, bisa menambah pendapatan negara melalui kegiatan wisata.

“Sekaligus sebagai bukti nyata peristiwa sejarah yang dapat diamati zaman sekarang. Nilai historis atau kesejarahan dari intan ini sangat tidak ternilai,” pungkasnya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Hujan Lagi, Simak Ramalan BMKG

Kalsel

Hujan Lagi, Simak Ramalan BMKG
apahabar.com

Kalsel

Duh, Sebaran Covid-19 di Tanbu Capai 287 Kasus
apahabar.com

Kalsel

Ngobrol Virtual Milenial, Ketum Hipmi Akan Berbagi Tips Sukses di Usia Muda
apahabar.com

Kalsel

Iuran BPJS Naik, Senator Kalsel: Pemerintah Bermain dengan Putusan MA
apahabar.com

Kalsel

Malam Idul Fitri, Ingat Imbauan BPBD Banjarmasin  
apahabar.com

Kalsel

Marak Jadi Oplosan, Ratusan Botol Alkohol ‘Dibuang’ Satpol PP Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Maju Pilbup Banjar, Andin Siap Serap Aspirasi Jurnalis
apahabar.com

Kalsel

Siap-Siap, Besok Warga Kotabaru Di-Rapid Test Massal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com