Video Detik-detik Mobil Tabrak Gerbang Masjidil Haram Mekkah dengan Kecepatan Tinggi Video Viral Rombongan Klub Harley Keroyok 2 Anggota TNI, Polisi Melerai Dicuekin, Ini Gara-garanya Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel

Benarkah Sariawan Dapat Menular?, Simak Penjelasan Pakar

- Apahabar.com Kamis, 15 Oktober 2020 - 19:34 WIB

Benarkah Sariawan Dapat Menular?, Simak Penjelasan Pakar

Ilustrasi sariawan. Foto-Pixabay via Antara

apahabar.com, JAKARTA – Penyakit sariawan disebut dapat menular jika seseorang menggunakan alat makan yang sama dengan penderita, benarkah hal tersebut?

Pakar dari rumah sakit Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta, dr Herwanto mengatakan bahwa sariawan bukanlah penyakit yang menular. Namun, berbagi alat makan dengan orang lain dapat menimpulkan masalah kesehatan yang lain.

“Stomatitis Aftosa (sariawan) itu tidak akan menular, tapi di dalam rongga mulut kita tidak terbatas hanya masalah sariawan saja,” ujar dr Herwanto dalam “Kenali Sariawan pada Bayi dan Anak”, seperti dilansir dari Antara, Kamis (15/10).

Herwanto mengatakan bahwa mulut adalah tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Menggunakan alat makan yang sama dengan orang lain akan membuat kuman berpindah dari ke mulut ke mulut.

“Makan dengan alat makan yang sama dengan orang lain tidak akan menghadirkan sariawan tapi justru kuman dan penyakit lain yang tidka kelihatan gejalanya,” ujar dr Herwanto.

“Banyak penyakit yang bisa ditularkan lewat mulut, karena mulut banyak sekali kumannya. Menggunakan alat makan sendiri jauh lebih higienis, sariawannya tidak menular tapi bisa diare misalnya,” kata dr Herwanto melanjutkan.

Sariawan biasanya terjadi di bagian mulut depan, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada rongga mulut dalam.

Penyebabnya pun beragam mulai dari trauma seperti tergigit atau terbentur, penggunaan alat gigi (sikat dan kawat gigi), makanan asam, alergi, sistem imunitas yang menurun serta gangguan nutrisi.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Disiplin Jadi Kunci Atasi Kecanduan Gawai pada Anak
apahabar.com

Gaya

Penerus CB yang Melegenda, Honda CB-F Concept
apahabar.com

Gaya

Instagram Kini Terintegrasi dengan Messenger Rooms
apahabar.com

Gaya

Puasa Sembuhkan Maag? Ini Kata Dokter
apahabar.com

Gaya

Berikut Tren Penelusuran di Google Saat Pandemik Covid-19
apahabar.com

Gaya

Ada Cara Mudah Bikin Motor Awet dan Prima
apahabar.com

Gaya

Ketahui Kunci Merawat Tanaman Hias Si Janda Bolong
apahabar.com

Gaya

Masa Karantina Mandiri, Diana Rikasari Ubah Baju Lama Jadi Baru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com