Ibadah Ramadan di Banjarbaru Diperbolehkan dengan Prokes, Petasan Jangan! Bawaslu Kalsel Tanggapi Santai Aduan Denny Indrayana ke Pusat Kronologi Lengkap Penemuan Jasad Tak Utuh di Gang Jemaah II Banjarmasin Mudik Dilarang, Terminal Pal 6 Banjarmasin Tutup Rute Antarkabupaten-kota Mudik Ramadan Dilarang, Pertamina Kalimantan Tambah 3 Persen Pasokan Gas

Benarkah Sariawan Dapat Menular?, Simak Penjelasan Pakar

- Apahabar.com Kamis, 15 Oktober 2020 - 19:34 WIB

Benarkah Sariawan Dapat Menular?, Simak Penjelasan Pakar

Ilustrasi sariawan. Foto-Pixabay via Antara

apahabar.com, JAKARTA – Penyakit sariawan disebut dapat menular jika seseorang menggunakan alat makan yang sama dengan penderita, benarkah hal tersebut?

Pakar dari rumah sakit Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta, dr Herwanto mengatakan bahwa sariawan bukanlah penyakit yang menular. Namun, berbagi alat makan dengan orang lain dapat menimpulkan masalah kesehatan yang lain.

“Stomatitis Aftosa (sariawan) itu tidak akan menular, tapi di dalam rongga mulut kita tidak terbatas hanya masalah sariawan saja,” ujar dr Herwanto dalam “Kenali Sariawan pada Bayi dan Anak”, seperti dilansir dari Antara, Kamis (15/10).

Herwanto mengatakan bahwa mulut adalah tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Menggunakan alat makan yang sama dengan orang lain akan membuat kuman berpindah dari ke mulut ke mulut.

“Makan dengan alat makan yang sama dengan orang lain tidak akan menghadirkan sariawan tapi justru kuman dan penyakit lain yang tidka kelihatan gejalanya,” ujar dr Herwanto.

“Banyak penyakit yang bisa ditularkan lewat mulut, karena mulut banyak sekali kumannya. Menggunakan alat makan sendiri jauh lebih higienis, sariawannya tidak menular tapi bisa diare misalnya,” kata dr Herwanto melanjutkan.

Sariawan biasanya terjadi di bagian mulut depan, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada rongga mulut dalam.

Penyebabnya pun beragam mulai dari trauma seperti tergigit atau terbentur, penggunaan alat gigi (sikat dan kawat gigi), makanan asam, alergi, sistem imunitas yang menurun serta gangguan nutrisi.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Miss Suriname Ngomong Bahasa Jawa, Ini Komentar Netizen Indonesia
apahabar.com

Gaya

Tidur Sehat Selama Puasa

Gaya

Drumstick Pack dan Nasi Goreng ala Solchic Banjarmasin Siap Jadi yang Terfavorit
harga ikan koi

Gaya

Intip Harga Ikan Koi Terbaru, dari Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah
apahabar.com

Gaya

Samsung Hadirkan Warna Baru Galaxy A51 dan A71
apahabar.com

Gaya

3 Mobil Pusaka Awal Kemerdekaan RI, Intip Sejarahnya
apahabar.com

Gaya

Ternyata Selama Ini Kita Salah Menyebut Rendang
apahabar.com

Gaya

5 Film Samurai Terbaik Versi IMDB, Harakiri Diantaranya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com