OTT KPK di Amuntai HSU: Kadis PU hingga Eks Ajudan Bupati Diamankan, Modusnya Fee Proyek BREAKING! Polisi HSU Bekuk Pembunuh Brutal di Amuntai Tengah Terbongkar! Pembunuh Paman Es Kandangan Pura-Pura Anak di Bawah Umur Usai Penarikan Besar dalam Persediaan AS, Harga Minyak Melonjak OTT di Amuntai HSU, KPK Tangkap Pegawai-Pengusaha hingga Segel Ruang Bidang

Berikut 5 Tips Ini agar Long Weekend Aman dari Covid-19

- Apahabar.com     Rabu, 28 Oktober 2020 - 11:49 WITA

Berikut 5 Tips Ini agar Long Weekend Aman dari Covid-19

Ilustrasi menikmati libur panjang. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Libur panjang (long weekend) di tengah pandemi Covid-19 yang terpenting adalah memilih destinasi wisata yang aman. Tujuannya, untuk mencegah penularan Covid-19.

Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia (UI), Dr. dr. Tri Yunis Miko Wahyono, MSc mengimbau masyarakat yang hendak mengisi libur panjang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Tidak sekadar bersenang-senang, Dr. Tri menegaskan agar masyarakat memilih tempat wisata di zona aman. Adapun zona aman yang dimaksud adalah zona hijau dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Tentukan tempat mana yang akan dituju dan pastikan lokasi wisata itu berada di zona hijau sehingga tidak terpapar Covid-19,” tegas Dr. Tri, dikutip dari Sindonews..

Pemilihan zona aman menjadi prioritas dalam menentukan lokasi berlibur dan hindari zona merah karena berisiko tinggi tertular Covid-19. Namun, jika terpaksa harus datang ke zona merah, perlu menerapkan protokol kesehatan ekstra ketat seperti menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan.

“Mau jalan ke mall atau ke manapun di zona merah itu berisiko. Makanya jangan lupa pakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan, cuci tangan pakai sabun,” ujarnya.

Agar liburan Anda tetap aman dari penularan Covid-19, dr. Tri pun membagikan sejumlah tips berikut ini.

1. Hindari percikan air liur saat berbicara

Sebagaimana diketahui, penyebaran virus corona baru terjadi melalui penularan droplet, dari percikan air liur saat berbicara. Hal itu yang membuat masyarakat diminta patuh menggunakan masker dan jaga jarak serta menghindari kerumunan agar tidak tertular Covid-19.

2. Hindari kerumunan

Penting buat Anda untuk menghindari kerumunan yang menyebabkan tak ada jarak. Pilih daerah wisata yang tak terlalu padat karena menghindari potensi penyebaran virus corona baru.

3. Ketahui status destinasi wisata

Status zonasi lokasi wisata yang bakal dituju sebaiknya diketahui lebih awal, apakah statusnya zona hijau, kuning, orange, atau merah.

4. Pilih lokasi liburan outdoor

Setelah mengetahui status zonasi lokasi wisata, pastikan lokasi liburan di tempat terbuka atau outdoor seperti pantai atau wisata pegunungan. Dokter Tri menyarankan untuk hindari ruangan tertutup yang tidak masuk cahaya matahari dan udara.

5. Kondisi tubuh dalam keadaan sehat

Pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat sebelum memutuskan berangkat liburan. Jika kondisi fisik bermasalah, dr. Tri menekankan untuk menunda perjalanan dan lebih baik berlibur di dekat rumah dengan jarak terjangkau.

“Kuncinya adalah menghindari penularan melalui droplet. Makanya harus memakai masker yang melindungi hidung dan mulut. Menjaga jarak agar saat berbicara sedikit droplet keluar. Tetap saling menjaga jarak sehingga tidak terkena dan yang juga penting untuk mencuci tangan pakai sabun,” ungkap dr. Tri.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kondisi Terkini Ani Yudhoyono Stabil, AHY: Mohon Doa Kesembuhan
apahabar.com

Nasional

Tempat Wisata Mulai Dibuka, TNI-Polri Pastikan Keamanan Pengunjung

Nasional

Lokasi Pengeroyokan Brutal ke Anggota Brimob dan Kopassus Digaris Polisi
apahabar.com

Nasional

Usulkan Garam Masuk Kebutuhan Pokok
kecelakaan bus sumedang

Nasional

Kecelakaan Bus di Sumedang, Kapolda: 27 Meninggal, 39 Luka-Luka
apahabar.com

Nasional

Hari Masyarakat se-Dunia, Kenang 20 Tahun Penindasan
Covid-19

Nasional

Terpapar Covid-19, Syekh Ali Jaber Mohon Doa
apahabar.com

Nasional

6 Fakta di Balik Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com