Mulai Esok, RS Idaman Banjarbaru Kembali Terima Pasien Baru PPKM Level IV: Banjarmasin Jauh Lebih Boros Ketimbang Banjarbaru Ssttt.. Satu Pembunuh Perawat RSDI Banjarbaru Lolos Penyergapan di Jawa Laut Cerita Relawan Banjar: Pahitnya Daun Sungkai Bisa Menyembuhkan Bantu Pasien Isoman, Menteri Muhadjir Pantau Asman Toga di Banjarmasin Utara

Berwisata Sungai di HSS Kalsel, Waspada Air Pasang Saat Hujan!

- Apahabar.com     Sabtu, 24 Oktober 2020 - 11:49 WITA

Berwisata Sungai di HSS Kalsel, Waspada Air Pasang Saat Hujan!

Wisata Sungai Pariangan di Hulu Sungai Selatan setelah terjadi air pasang, kini sudah berangsur surut. Foto-apahabar.com/Muhammad Hidayat

apahabar.com, KANDANGAN – Masyarakat yang hendak berwisata sungai ke Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalsel, diimbau waspada terjadi air pasang. Pasalnya curah hujan cukup tinggi diperkirakan akan berlangsung hingga November 2020.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (BPB Kesbangpol) HSS, Roni Rusnadi, menyatakan berdasarkan perkiraan cuaca dari BMKG, di Kabupaten HSS terjadi hujan sampai November 2020.

Dari curah hujan yang tinggi, ujar Roni, secara langsung debit air juga akan bertambah. Hal itu akan membahayakan wisatawan, tetutama jika terjadi air pasang secara mendadak.

Roni mengimbau, masyarakat maupun wisatawan perlu meningkatkan waspada saat berada di objek wisata sungai, yang berada di wilayah pegunungan.

“Kami mengimbau waspada dan berhati-hati, saat terjadi hujan jangan berwisata ke pegunungan, terutama wisata sungai,” kata Roni menegaskan, Jumat (23/10) kemarin.

apahabar.com

Kepala BPB Kesbangpol Kabupaten HSS Roni Rusnadi memeriksa kesiapan peralatan penanggulangan bencana. Foto-apahabar.com/Muhammad Hidayat

Berdasarkan pantauan pihaknya beberapa waktu lalu, saat terjadi hujan deras air sungai sampai meluap ke jalan di daerah pegunungan.

Pihak pengelola pariwisata sungai, juga diminta senantiasa memantau kondisi cuaca, dan utamanya untuk menjaga keamanan wisatawan.

Roni mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan petugas dan peralatan yang siaga 24 jam di posko BPBD, untuk mengantisipasi jika terjadi bencana terutama akibat air pasang.

Ketua Pengelola Wisata Sungai Pariangan, Muhammad, mengatakan untuk menjaga keamanan wisatawan, pihaknya selalu berkomunikasi dengan rekan mereka di bagian hulu sungai.

Jika terjadi hujan di bagian hulu, pihaknya juga akan waspada dan terus memantau ketinggian air.

Beberapa waktu lalu terangnya, pihaknya sempat mengevakuasi fasilitas pariwisata di tengah sungai, karena terjadi peningkatan debit air.

Akan tetapi ujarnya, air tidak naik cepat, sehingga masih sempat mengamankan situasi.

Selain itu ujarnya, biasanya air pasang hanya lewat dan tidak berlangsung lama. “Paling lama air pasang sekitar satu hingga dua jam, kemudian surut kembali,” ujarnya.

Untuk antisipasi kejadian yang tak diinginkan, pihaknya sebut Muhammad, juga menyiapkan beberapa orang petugas, untuk melakukan pengawasan di lapangan.

Saat ini, di wilayah HSS terus diguyur hujan ringan tiap hari. Namun, kondisi ketinggian air masih dalam keadaan relatif normal.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Niat Melerai, Pemuda Tewas Ditusuk di Pemurus Dalam

Kalsel

DLH Kalsel Sosialisasikan MHA dan Kearifan Lokal Menuju Raperda Kabupaten/Kota
apahabar.com

Kalsel

Banua Bersholawat Sukses Digelar, H Cuncung : Semata Mengharap Ridho Allah SWT
apahabar.com

Kalsel

Polemik Bursa Cawabup HST: Mahmud Mundur, Bupati Temui Petinggi Partai Hari ini
apahabar.com

Kalsel

Arus Balik, Polisi Paringin Pantau Distribusi BBM
apahabar.com

Kalsel

Demo Tolak Omnibus Law Jilid II di Banjarmasin, Ribuan Personel Diterjunkan
apahabar.com

Kalsel

Ambil Berkas Pendaftaran, PDIP Tetap Usung Rosehan Dampingi Paman Birin
Covid-19 Kalsel

Kalsel

Update Kasus Baru Covid-19 Kalsel, 11 Orang Positif, 9 dari Kotabaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com