Mobil Terbelah dan Terbakar di Grand Prix Bahrain, Pebalap Prancis Ini Lolos dari Maut Bukan Kereta Api! Nih 2 Proyek Strategis Nasional Andalan Jokowi di Kalsel 2020-2024 Rusia-Saudi Belum Sepakati Durasi Pengurangan Produksi Minyak Nikah Massal di Tapin, Jangan Lagi Ada Pasangan Tak Berdokumen Latihan Dasar Pramuka di HST, Petakan Daerah Rawan Bencana

Berwisata Sungai di HSS Kalsel, Waspada Air Pasang Saat Hujan!

- Apahabar.com Sabtu, 24 Oktober 2020 - 11:49 WIB

Berwisata Sungai di HSS Kalsel, Waspada Air Pasang Saat Hujan!

Wisata Sungai Pariangan di Hulu Sungai Selatan setelah terjadi air pasang, kini sudah berangsur surut. Foto-apahabar.com/Muhammad Hidayat

apahabar.com, KANDANGAN – Masyarakat yang hendak berwisata sungai ke Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalsel, diimbau waspada terjadi air pasang. Pasalnya curah hujan cukup tinggi diperkirakan akan berlangsung hingga November 2020.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (BPB Kesbangpol) HSS, Roni Rusnadi, menyatakan berdasarkan perkiraan cuaca dari BMKG, di Kabupaten HSS terjadi hujan sampai November 2020.

Dari curah hujan yang tinggi, ujar Roni, secara langsung debit air juga akan bertambah. Hal itu akan membahayakan wisatawan, tetutama jika terjadi air pasang secara mendadak.

Roni mengimbau, masyarakat maupun wisatawan perlu meningkatkan waspada saat berada di objek wisata sungai, yang berada di wilayah pegunungan.

“Kami mengimbau waspada dan berhati-hati, saat terjadi hujan jangan berwisata ke pegunungan, terutama wisata sungai,” kata Roni menegaskan, Jumat (23/10) kemarin.

apahabar.com

Kepala BPB Kesbangpol Kabupaten HSS Roni Rusnadi memeriksa kesiapan peralatan penanggulangan bencana. Foto-apahabar.com/Muhammad Hidayat

Berdasarkan pantauan pihaknya beberapa waktu lalu, saat terjadi hujan deras air sungai sampai meluap ke jalan di daerah pegunungan.

Pihak pengelola pariwisata sungai, juga diminta senantiasa memantau kondisi cuaca, dan utamanya untuk menjaga keamanan wisatawan.

Roni mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan petugas dan peralatan yang siaga 24 jam di posko BPBD, untuk mengantisipasi jika terjadi bencana terutama akibat air pasang.

Ketua Pengelola Wisata Sungai Pariangan, Muhammad, mengatakan untuk menjaga keamanan wisatawan, pihaknya selalu berkomunikasi dengan rekan mereka di bagian hulu sungai.

Jika terjadi hujan di bagian hulu, pihaknya juga akan waspada dan terus memantau ketinggian air.

Beberapa waktu lalu terangnya, pihaknya sempat mengevakuasi fasilitas pariwisata di tengah sungai, karena terjadi peningkatan debit air.

Akan tetapi ujarnya, air tidak naik cepat, sehingga masih sempat mengamankan situasi.

Selain itu ujarnya, biasanya air pasang hanya lewat dan tidak berlangsung lama. “Paling lama air pasang sekitar satu hingga dua jam, kemudian surut kembali,” ujarnya.

Untuk antisipasi kejadian yang tak diinginkan, pihaknya sebut Muhammad, juga menyiapkan beberapa orang petugas, untuk melakukan pengawasan di lapangan.

Saat ini, di wilayah HSS terus diguyur hujan ringan tiap hari. Namun, kondisi ketinggian air masih dalam keadaan relatif normal.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pengunjung Festival Durian Merasa Kena Prank, Begini Ceritanya
apahabar.com

Kalsel

Rentan Tumbang, DLH Banjarmasin Tebang Pohon Kota
apahabar.com

Kalsel

Tempati Rumdin Ketua DPRD Kalsel, Ini Pesan Paman Birin Buat Supian HK
apahabar.com

Kalsel

Bareng Sandiaga Uno, Nadjmi Adhani Resmikan Aplikasi Idaman Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Jumlah Pemudik di Pelabuhan Trisakti Meningkat, Tahun Ini Capai 14.769 Orang
apahabar.com

Kalsel

Layani Rute Keliling Banjarmasin, Bus Wisata Terbuka Jadi Harapan Sektor Wisata di Tengah Pandemi
apahabar.com

Kalsel

Keanehan Sapi di Desa Ranggang Tala, Sudah Disembelih Masih Hidup
apahabar.com

Kalsel

Rapat Virtual bareng Sekjen PDIP, Bang Dhin: TMP Wujud Ideologi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com