Debat Ke-2 Pilbup Tanbu: “Wakil Komitmen” HM Rusli Bikin Bingung Alpiya, Mila Karmila Speechless PN Martapura Putuskan Camat Aluh-Aluh Melanggar Netralitas ASN Kembali, Duta Zona Selatan Batola Memenangi Atak Diang Kawal Pilkada Serentak, Polda Kalsel Komitmen Tegakkan Netralitas Tapin Berpotensi Tinggi di Sektor Energi Terbarukan, Pertanian, dan Parawisata

BMKG Pantau 27,5% Wilayah Indonesia Alami Curah Hujan di Luar Kewajaran

- Apahabar.com Selasa, 13 Oktober 2020 - 15:57 WIB

BMKG Pantau 27,5% Wilayah Indonesia Alami Curah Hujan di Luar Kewajaran

Ilustrasi cuaca. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengatakan, Indonesia sejatinya memiliki curah hujan yang tinggi. Adanya La Nina akan semakin menambah tingginya curah hujan tersebut.

“Kami sampaikan dalam prediksi ada kurang lebih 27,5% wilayah di Indonesia yang akan mengalami hujan di atas normal. Artinya di luar kewajaran,” katanya sesuai rapat terbatas, Selasa (13/11/2020).

Pihaknya mengingatkan seluruh daerah di Indonesia untuk mewaspadai potensi bencana pada bulan Oktober ini. Bahkan, curah hujan tinggi juga terjadi di daerah yang tidak terdampak La Nina.

“Namun meskipun tidak terkena La Nina, Sumatera tanpa La Nina pun curah hujannya termasuk kategori curah hujan. Bulanan tinggi, bisa lebih dari 400 mm per bulan, yakni di bagian barat Sumatera mulai dari ujung Aceh sampai ujung selatan Lampung. Sehingga kesimpulannya mulai Oktober sampai November seluruh wilayah Indonesia perlu diwaspadai,” ujarnya.

Sementara itu masuk pada bulan Desember, La Nina akan semakin menguat. Kondisi itu semakin mempengaruhi curah hujan di beberapa wilayah. Misalnya saja di wilayah Jawa yang curah hujan semakin tinggi akibat La Nina.

“Jadi yang perlu diwaspadai di Bulan Desember, mulai dari ujung utara Sumatera, Aceh, terus ke bawah. Khususnya pantai barat ke Lampung, masuk ke Jawa, Nusa Tenggara, bagian tengah Papua, sampai Papua utara, sampai Sulawesi hampir merata,” kata Dwikorita dikutip apahabar.com dari Okezone.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

87 Mortir Ditemukan di Bandung, Diduga Peninggalan PD II Berdaya Ledak 30 Meter
apahabar.com

Nasional

Bertemu Dubes Rusia, Gubernur Klaim Proyek Kereta Api Berlanjut
apahabar.com

Nasional

Cegah Penyebaran Covid-19, Meja Tamu Jokowi Dipasang Pembatas Kaca
apahabar.com

Nasional

Anggota DPR Minta Pemerintah Turunkan Harga BBM dan Tarif Listrik
apahabar.com

Nasional

Siap Gerakan Ekonomi Daerah, Mardani H Maming Dapat Rekomendasi 22 BPD Hipmi
apahabar.com

Nasional

12.000 Personel TNI-Polri Siap Amankan Aksi Unjuk Rasa di Patung Kuda Jakarta
apahabar.com

Nasional

Pilkada Kalsel 2020, M Nuh Ingatkan Pers Tetap Jaga Fungsinya
apahabar.com

Nasional

MUI Ingatkan Hasil Ijtima Ulama dalam Memilih Pemimpin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com