Keren, RSD Idaman Banjarbaru Ditetapkan Sebagai RS Unggulan Pelayanan KB Simakalama Pembelajaran Tatap Muka OTT Amuntai, Giliran Orang Dekat Bupati HSU Diperiksa KPK KPK Tangkap Tangan Maliki, Bupati HSU Tunjuk Plt Kadis PUPRP Baru PLN Suplai Listrik untuk Kawasan Food Estate Kalteng

Bupati Banjar Pimpin Deklarasi Damai Anti Anarkisme

- Apahabar.com     Senin, 26 Oktober 2020 - 17:13 WITA

Bupati Banjar Pimpin Deklarasi Damai Anti Anarkisme

Bupati Banjar, KH Khalilurrahman memimpin pembacaan deklarasi damai anti anarkisme, di RTH Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Senin (26/10). Foto-istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar bersama Forkopimda, stakeholder, dan mahasiswa menyatakan deklarasi damai anti anarkisme, di RTH Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Senin (26/10).

Bupati Banjar, KH Khalilurrahman memimpin langsung deklarasi damai tersebut. Dalam sambutannya, Guru Khalil mengatakan, deklarasi bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat agar mewujudkan kondisi aman, damai dan tentram.

Hal ini kata Guru Khalil, menyikapi aksi demonstrasi yang terjadi di beberapa daerah, yang seharusnya bertujuan baik menyampaikan aspirasi, namun kerap kali berakhir ricuh, anarkis, dan menimbulkan korban jiwa.

“Bahkan ada remaja yang ikut dalam demonstrasi. Ini harus menjadi perhatian kita bersama, jangan sampai saat menyampaikan aspirasi yang tujuannya baik, tapi saat pelaksanaannya ada warga yang bertindak anarkis dan merugikan semua pihak,” terangnya.

Guru Khalil bersyukur, selama pemerintahannya aspirasi masyarakat selalu diterima baik oleh pemerintah daerah maupun DPRD Banjar.

“Tak perlu lah unjuk rasa, karena mudah disusupi. Apalagi saat ini mendekati Pilkada, sehingga kerawanan sosial perlu jadi perhatian dan peran aktif semua pihak untuk mengantisipasi dan menjaga kedamaian sesuai peran masing-masing,” pesan Guru Khalil.
Ia menambahkan, kondisi aman dan damai menjadi salah satu penunjang dalam menjalankan roda pembangunan.

Sementara itu, ada beberapa poin yang dinyatakan peserta deklarasi, yaitu setia pada Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, menolak aksi anarkisme dan segala bentuk aksi kekerasan lainnya, mendukung negara dalam menegakkan hukum untuk terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat.

Selain itu, bijak dalam memanfaatkan media sosial dan tidak terprovokasi berita bohong atau hoaks, bersama-sama menciptakan dan menjaga situasi keamanan ketertiban masyarakat yang kondusif di Kabupaten Banjar serta mengutamakan musyawarah dalam penyelesaian masalah serta menggunakan jalur hukum yang berlaku.

Usai pembacaan deklarasi, semuanya menandatangani komitmen bersama deklarasi damai anti anarkisme.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

masa jabatan

Kabupaten Banjar

Masa Jabatan Tinggal Hitungan Hari, Bawaslu Silaturahmi ke Rumah Bupati Banjar
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Pemkab Banjar Launching Mal Pelayanan Publik
DPTH

Kabupaten Banjar

Dampak Banjir Banjar, DPTH Taksir Kerugian Rp23 Miliar
Mataraman

Kabupaten Banjar

Kondisi Terkini Jembatan Astambul-Mataraman: Masih Buka Tutup

Kabupaten Banjar

Karangan Bunga untuk Almarhum Guru Khalil: dari Gubernur Anies hingga Menhan Prabowo
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Dongeng Legenda Batu Hapu Bawa Meisya Raih Juara Ketiga

Kabupaten Banjar

Ribuan Napi di Kabupaten Banjar Dapat Remisi, Satu Anak Langsung Bebas
Jembatan Perbatasan Km 55

Kabupaten Banjar

Jembatan Perbatasan Km 55 di Kabupaten Banjar Hanya Bisa Dilalui Roda Dua
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com