Fix, Pengeboran Migas di Mahakam Ulu Kaltim Lanjut 2021 Seruan Jokowi: Buru Pelaku Pembantaian Satu Keluarga di Sigi! Malu-maluin! Pemuda di Kotabaru Jambret Wanita demi Komix Terungkap, Korban Tewas Kecelakaan di Tapin Warga Wildan Banjarmasin INALILAHI Hujan Lebat, Pengendara Vario di Tapin Tewas

Bupati Banjar Pimpin Deklarasi Damai Anti Anarkisme

- Apahabar.com Senin, 26 Oktober 2020 - 17:13 WIB

Bupati Banjar Pimpin Deklarasi Damai Anti Anarkisme

Bupati Banjar, KH Khalilurrahman memimpin pembacaan deklarasi damai anti anarkisme, di RTH Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Senin (26/10). Foto-istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar bersama Forkopimda, stakeholder, dan mahasiswa menyatakan deklarasi damai anti anarkisme, di RTH Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Senin (26/10).

Bupati Banjar, KH Khalilurrahman memimpin langsung deklarasi damai tersebut. Dalam sambutannya, Guru Khalil mengatakan, deklarasi bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat agar mewujudkan kondisi aman, damai dan tentram.

Hal ini kata Guru Khalil, menyikapi aksi demonstrasi yang terjadi di beberapa daerah, yang seharusnya bertujuan baik menyampaikan aspirasi, namun kerap kali berakhir ricuh, anarkis, dan menimbulkan korban jiwa.

“Bahkan ada remaja yang ikut dalam demonstrasi. Ini harus menjadi perhatian kita bersama, jangan sampai saat menyampaikan aspirasi yang tujuannya baik, tapi saat pelaksanaannya ada warga yang bertindak anarkis dan merugikan semua pihak,” terangnya.

Guru Khalil bersyukur, selama pemerintahannya aspirasi masyarakat selalu diterima baik oleh pemerintah daerah maupun DPRD Banjar.

“Tak perlu lah unjuk rasa, karena mudah disusupi. Apalagi saat ini mendekati Pilkada, sehingga kerawanan sosial perlu jadi perhatian dan peran aktif semua pihak untuk mengantisipasi dan menjaga kedamaian sesuai peran masing-masing,” pesan Guru Khalil.
Ia menambahkan, kondisi aman dan damai menjadi salah satu penunjang dalam menjalankan roda pembangunan.

Sementara itu, ada beberapa poin yang dinyatakan peserta deklarasi, yaitu setia pada Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, menolak aksi anarkisme dan segala bentuk aksi kekerasan lainnya, mendukung negara dalam menegakkan hukum untuk terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat.

Selain itu, bijak dalam memanfaatkan media sosial dan tidak terprovokasi berita bohong atau hoaks, bersama-sama menciptakan dan menjaga situasi keamanan ketertiban masyarakat yang kondusif di Kabupaten Banjar serta mengutamakan musyawarah dalam penyelesaian masalah serta menggunakan jalur hukum yang berlaku.

Usai pembacaan deklarasi, semuanya menandatangani komitmen bersama deklarasi damai anti anarkisme.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kabupaten Banjar

Harjad ke-70 Kabupaten Banjar Digelar Besok, Berikut Susunan Acaranya
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Bupati Banjar Ikuti Rakor Evaluasi Pilkada, Simak Penjelasan Mahfud MD

Kabupaten Banjar

Baznas dan TP PKK Banjar Bagikan Sembako dan Masker untuk Kaum Duafa
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Spanduk Imbauan untuk Tidak Menggelar Salat Jumat Dipasang di Masjid-masjid
apahabar.com

Kabupaten Banjar

TMMD Selesai, Bupati Banjar Apresiasi Satgas Buka Jalan di Bi`ih
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Akses Terhubung, Warga Biih Gembira Angkut Hasil Perkebunan Lancar
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Kedisiplinan dan Kejujuran Masyarakat Dinilai Jadi Kunci Atasi Penyebaran Covid-19
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Pilkada di Masa Pandemi, Bupati Tak Ingin Kabupaten Banjar Kembali ke Zona Merah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com