Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup!

Bupati HST Saksikan Penampilan Sanggar Ading Bastari Barikin di Surakarta

- Apahabar.com Senin, 12 Oktober 2020 - 17:22 WIB

Bupati HST Saksikan Penampilan Sanggar Ading Bastari Barikin di Surakarta

Penampilan Sanggar Ading Bastari di Rumah Banjarsari, Surakarta. Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Sanggar Ading Bastari dari Hulu Sungai Tengah tampil pada program “Selasar Nusantara Habar Matan Banjar” yang digelar di Rumah Banjarsari Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (10/10).

Penampilan sanggar tersebut pun diapresiasi langsung oleh Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H A Chairansyah. Bahkan, bupati ikut menonton langsung pertunjukan itu di Surakarta.

“Kita semua menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari ini sebagai upaya untuk melestarikan kesenian daerah yang ada dinegara kita,” katanya seperti dikutip dari Antara Kalsel, Senin (12/10).

Bupati mengatakan seni budaya daerah merupakan aset yang sangat berharga untuk menunjukkan identitas dan jati diri, yang dapat digunakan sebagai perekat hubungan di antara masyarakat pendukungnya dan dengan masyarakat suku bangsa lainnya.

Dia berharap kegiatan seni budaya HST akan tersebar lebih luas di lingkungan masyarakat sebagai warisan yang tidak ternilai.

Sebelumnya, Pimpinan Dewan Kesenian HST menyampaikan, Habar Matan Banjar dibuka dengan ritual Tampuk Mayang.

Acara juga menampilkan upacara Baayun Maulid, sebuah ritual mengayun anak berasal dari tradisi Hindu atau pra-Islam, kemudian mengalami alkuturasi dengan Islam menjadi Baayun Maulid. Upacara ini untuk memohon keselamatan dan kebaikan bagi anak.

Di Rumah Banjarsari ada bazar dan pameran kebudayaan Banjar. Dari benda-benda pusaka, kain dan pakaian adat, barang seni dan segala pernak pernik khas hingga sajian kuliner Banjar. Ada pula lokakarya musik hingga rias pengantin tradisi Banjar.

Direktur program selasar nusantara ” Habar Matan Banjar” Zien Zulkarnaen mengatakan program Selasar Nusantara bertujuan mengenalkan ragam kekayaan budaya nusantara sekaligus menjadi media dialog yang dinamis antar kebudayaan.

“Bekerja sama dengan Sanggar Ading Bastari Barikin, Habar Matan Banjar menyuguhkan berbagai kebudayaan Banjar di Rumah Banjarsari Surakarta,” kata Zen Zulkarnain.

Semua bentuk sajian yang ditampilkan hanya menghadirkan penonton terbatas melalui undangan dengan penerapan standar protokol kesehatan Covid-19.

Acara dirangkai dengan penyerahan cindera mata dari bupati HST kepada sesepuh Banjarsari Djati Sugiatno.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Dua Anak Asal Pegunungan Meratus HST Ikuti Festival di TMII Jakarta
apahabar.com

Kalsel

Soal Temuan ‘Indonesia Barokah’ di Kalsel; dari Demokrasi hingga 23 Dubes Uni Eropa
apahabar.com

Kalsel

Kapolres Banjar Turun Langsung Atur Kedatangan Ribuan Jemaah Haul Guru Sekumpul
apahabar.com

Kalsel

Lagi, Kluster Gowa Tambah Pasien Covid-19 Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Siang Bolong, Peluru Tembus Rumah Warga di Karang Bintang Tanbu
apahabar.com

Kalsel

Hari Pertama Penegakkan Perbup HST, 25 Warga Disanksi
apahabar.com

Kalsel

Pria Bertato Ngamuk Bacok Dua Warga di Simpang Belitung Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Ini Sanksi Jika Kampanye pada Masa Tenang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com