Sidang Pembuktian AnandaMu, Koordinator Banjarmasin-Baiman 2 Beri Kesaksian Kecelakaan Tunggal di Tol Mantewe Tanbu, Dua Orang Tewas Buntut Pembongkaran, Satgas Normalisasi Sungai Banjarmasin Kena Gugat Beredar Transkrip PPK Banjar Terima Rp10 Juta, Kordiv Bawaslu Terkejut Tak Cuma Wali Rakyat, Wali Kota Banjarmasin Juga Minta Mobdin Baru!

Bupati HST Saksikan Penampilan Sanggar Ading Bastari Barikin di Surakarta

- Apahabar.com Senin, 12 Oktober 2020 - 17:22 WIB

Bupati HST Saksikan Penampilan Sanggar Ading Bastari Barikin di Surakarta

Penampilan Sanggar Ading Bastari di Rumah Banjarsari, Surakarta. Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Sanggar Ading Bastari dari Hulu Sungai Tengah tampil pada program “Selasar Nusantara Habar Matan Banjar” yang digelar di Rumah Banjarsari Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (10/10).

Penampilan sanggar tersebut pun diapresiasi langsung oleh Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H A Chairansyah. Bahkan, bupati ikut menonton langsung pertunjukan itu di Surakarta.

“Kita semua menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari ini sebagai upaya untuk melestarikan kesenian daerah yang ada dinegara kita,” katanya seperti dikutip dari Antara Kalsel, Senin (12/10).

Bupati mengatakan seni budaya daerah merupakan aset yang sangat berharga untuk menunjukkan identitas dan jati diri, yang dapat digunakan sebagai perekat hubungan di antara masyarakat pendukungnya dan dengan masyarakat suku bangsa lainnya.

Dia berharap kegiatan seni budaya HST akan tersebar lebih luas di lingkungan masyarakat sebagai warisan yang tidak ternilai.

Sebelumnya, Pimpinan Dewan Kesenian HST menyampaikan, Habar Matan Banjar dibuka dengan ritual Tampuk Mayang.

Acara juga menampilkan upacara Baayun Maulid, sebuah ritual mengayun anak berasal dari tradisi Hindu atau pra-Islam, kemudian mengalami alkuturasi dengan Islam menjadi Baayun Maulid. Upacara ini untuk memohon keselamatan dan kebaikan bagi anak.

Di Rumah Banjarsari ada bazar dan pameran kebudayaan Banjar. Dari benda-benda pusaka, kain dan pakaian adat, barang seni dan segala pernak pernik khas hingga sajian kuliner Banjar. Ada pula lokakarya musik hingga rias pengantin tradisi Banjar.

Direktur program selasar nusantara ” Habar Matan Banjar” Zien Zulkarnaen mengatakan program Selasar Nusantara bertujuan mengenalkan ragam kekayaan budaya nusantara sekaligus menjadi media dialog yang dinamis antar kebudayaan.

“Bekerja sama dengan Sanggar Ading Bastari Barikin, Habar Matan Banjar menyuguhkan berbagai kebudayaan Banjar di Rumah Banjarsari Surakarta,” kata Zen Zulkarnain.

Semua bentuk sajian yang ditampilkan hanya menghadirkan penonton terbatas melalui undangan dengan penerapan standar protokol kesehatan Covid-19.

Acara dirangkai dengan penyerahan cindera mata dari bupati HST kepada sesepuh Banjarsari Djati Sugiatno.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

Tenggelam karena Ayam di Sungai Barito, Simak Curahan Hati Sang Ayah
jokowi ke kalsel

Kalsel

Warga Pipitak Tapin Terharu, Jokowi Beri Buku dan Sembako
apahabar.com

Kalsel

Cabai Rawit Hiyung Tapin Bakal Dipamerkan di Rakernas PDIP
apahabar.com

Kalsel

Anak Yatim di Banjarmasin Doakan Kesembuhan Ani Yudhoyo­no
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 di Tanbu Capai 452 Kasus, 11 Meninggal Dunia
apahabar.com

Kalsel

Tongkang Tua Terbakar, Manajemen Masih Belum Tau Asal Api

Kalsel

Dikepung Api, Jam Terbang Heli Water Boombing Padat!
apahabar.com

Kalsel

Sidak di Puskesmas, Abdi Rahman Soroti Kekosongan Obat dan Antrean Pasien
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com