Update Covid RI 15 Oktober, Kalsel Sembilan Terbawah, Jakarta Teratas PDIP Pamer Jago Capres 2024: Puan, Ganjar hingga Mardani H Maming KPK Tinggalkan Markas Brimob Tabalong, Penyidikan Berlanjut Acil Pasar Terapung Siap-Siap, Siring Piere Tendean Bakal Dibuka Lagi! OTT Amuntai, Enam Mobil Tiba di Brimob Tabalong

Cuaca Ekstrem Siap Terjang Indonesia, Begini Strategi BNPB

- Apahabar.com     Sabtu, 17 Oktober 2020 - 09:44 WITA

Cuaca Ekstrem Siap Terjang Indonesia, Begini Strategi BNPB

Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto-Okezone

apahabar.com, JAKARTA – Cuaca ekstrem bakal melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun telah menyiapkan strategi.

BNPB telah menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menjalankan langkah-langkah strategi tersebut.

“BNPB telah meminta pihak BPBD kabupaten dan kota untuk melakukan beberapa langkah strategi,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Raditya Jati melalui pesan singkatnya dikutip apahabar.com dari Okezone, Sabtu (17/10).

Langkah-langkah strategi tersebut diantaranya yakni, membahas mengenai sosialisasi daerah rawan bencana, memastikan camat, lurah dan kepala desa untuk melakukan kesiapsiagaan di daerah masing-masing.

“Serta, memastikan organisasi perangkat daerah mempersiapkan sumber daya dalam kesiapsiagaan serta operasional pusat pengendali operasi (pusdalops) di BPBD,” imbuhnya

Kedua, kata Raditya, pihak BPBD dan instansi terkait diminta untuk melakukan simulasi field training exercise sesuai dengan rencana kontinjensi yang ada. Radit juga memastikan rencana tersebut harus disesuaikan dengan ancaman bahaya lain yaitu, Covid-19.

“Ketiga, menghimpun dukungan sumber daya, khususnya sukarelawan dan dukungan lain,” sambungnya.

Langkah lainnya yang harus dilakukan BPBD yakni, susur sungai yang bertujuan untuk memastikan tidak ada potensi bahaya. Terakhir, menetapkan tempat evakuasi berbasis protokol Kesehatan.

Ia juga meminta BPBD di tingkat provinsi untuk melakukan rapat koordinasi, khususnya menghadapi La Nina. Ia meminta seluruh pemerintah provinsi untuk memastikan seluruh bupati dan walikota untuk melakukan kesiapsiagaan di setiap daerah.

“Memastikan seluruh organisasi perangkat daerah provinsi sudah mempersiapkan sumber daya dalam mendukung kesiapsiagaan,” ujarnya.

Kemudian, BPBD dan mitra terkait juga telah diminta untuk melakukan simulasi table top exercise sesuai dengan rencana kontinjensi yang sudah disiapkan serta menghimpun sukarelawan dan dukungan lain di tingkat provinsi.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Hancurnya Benteng Terakhir Garis Pantai Cilegon akan Diseminarkan
apahabar.com

Nasional

Selama Pandemi, Pengusaha Batik Optimalkan Penjualan Daring

Nasional

Jangan Bingung, Begini Cara Mudah Investasi Bagi Kalian Generasi Milenial
Dinkes DKI

Nasional

Dinkes DKI Sebut 90 Persen Tempat Tidur Isolasi RS Rujukan Terpakai
Luhut

Nasional

Jubir Tegaskan Luhut Tak Punya Bisnis Tambang di Papua
apahabar.com

Nasional

Berikut Alasan Presiden Kembali Naikkan Iuran BPJS
apahabar.com

Nasional

UAS Bersama 10 Ribu Jemaah Bakal Peringati 14 Tahun Tsunami Aceh
apahabar.com

Nasional

Main Proyek, Jaksa Agung Siap ‘Binasakan’ Jaksa Nakal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com