Respons BirinMu, Eks KPK dan HW Cs Jadi Panglima Gugatan II H2D di MK Duduk Perkara Heboh Piton Patuk Majikan di Q-Mall Banjarbaru Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Kalah Jumlah, Polisi Pastikan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Kondusif Skenario Kelolosan di Grup B dan C: Harapan Terakhir Denmark, Ukraina Cari Imbang

Dewan Kalsel Tak Ingin Raperda Desa Wisata Sekadar Formalitas

- Apahabar.com Rabu, 28 Oktober 2020 - 18:07 WIB

Dewan Kalsel Tak Ingin Raperda Desa Wisata Sekadar Formalitas

Fahrani, Ketua Pansus Raperda tentang Desa Wisata DPRD Kalimantan Selatan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Keberadaan Raperda tentang Desa Wisata di Kalimantan Selatan yang dalam waktu dekat akan disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kalsel. Payung hukum ini diharapkan tak sekadar formalitas.

Selama ini banyak raperda yang disahkan menjadi perda terkait perlindungan dan pelestarian budaya daerah terkesan sebagai formalitas belaka tanpa ada upaya atau langkah nyata dalam mengimplementasikan.

Diungkapkan Fahrani, Ketua Pansus Raperda tentang Desa Wisata DPRD Kalimantan Selatan bahwa beberapa perda terdahulu banyak yang terkesan mandul atau kurang maksimal pelaksanaan di lapangan.

Salah satunya Perda tentang Perlindungan dan Pelestarian Seni Budaya Daerah Banjar yang merupakan inisiatif dari DPRD Kalimantan Selatan periode terdahulu.

Ia menilai mandulnya perda tersebut dalam penerapannya karena tidak mengantongi Peraturan Gubernur (Pergub) yang menjadi ‘motor’ untuk tindak lanjut dari penerapan aturan.

“Tampaknya perda-perda inisiatif dewan tempo dulu kurang mendapat perhatian dari eksekutif, sehingga Pergub yang merupakan peraturan pelaksanaan daripada perda tak kunjung keluar,” ungkap politikus PDI Perjuangan itu.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Banjar ini juga mengungkapkan bahwa ada perbedaan perlakuan dengan perda yang diajukan oleh pihak eksekutif yang justru lebih cepat ditindaklanjuti dengan terbitnya Pergub.

Padahal menurutnya, baik perda yang diinisiasi oleh pihak legislatif maupun eksekutif tak kalah berbeda dan harus mendapat perlakuan yang sama.

Ia berharap pasca-pengesahan nantinya, Perda tentang Desa Wisata dapat segera mendapatkan Pergub untuk pelaksanaan di lapangan agar untuk memberdayakan potensi wisata di desa-desa di Kalimantan Selatan dapat lebih optimal.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kalsel

Tips Jitu Sekretariat DPRD Kalsel Tingkatkan Kinerja
apahabar.com

DPRD Kalsel

Dewan Kalsel Ingin Tiru Pengelolaan Hutan di Yogyakarta
apahabar.com

DPRD Kalsel

Massa Anti-Omnibus Law Duduki Kantor DPRD Kalsel, Paripurna Tetap Digelar?
apahabar.com

DPRD Kalsel

Reses Dewan Kalsel, Bagi-Bagi Sembako hingga APD
apahabar.com

DPRD Kalsel

Antrean Mengular, GTTP Kalsel Didesak Percepat Uji PCR
apahabar.com

DPRD Kalsel

Ada Mamanda Pada Syukuran Rumah Jabatan Ketua DPRD Kalsel  
Vaksinasi

DPRD Kalsel

Ketua DPRD Kalsel: Anggota Dewan Wajib Divaksin

DPRD Kalsel

Siap Perjuangkan Anggaran, Komisi IV DPRD Kalsel Pantau Venue Porprov di HSS
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com