Buntut Demo, Koordinator BEM Kalsel Ahdiat Zairullah Resmi Tersangka Mubadala Petrolium Sosialisasi Pemboran Sumur Eksplorasi Yaqut-1 Upah Minimum Naik Rp 10 Ribu, Buruh Kalsel Meradang Koordinator BEM Kalsel Tersangka, Kuasa Hukum Siap Melawan BREAKING NEWS: Wakil Rektor ULM Penuhi Panggilan Polda Kalsel

Distirbusikan Kartu JKN-KIS, Simak Curhat Petugas TKSK di HST

- Apahabar.com Rabu, 14 Oktober 2020 - 11:29 WIB

Distirbusikan Kartu JKN-KIS, Simak Curhat Petugas TKSK di HST

Ilustrasi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – M Akhyar (36), seorang petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di Hulu Sungai Tengah (HST) pernah merasakan pengalaman menjadi mitra BPJS Kesehatan.

Berbagai hal dijumpainya saat pendistribusian kartu kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) ke masyarakat.

Mulai dari menyusuri alamat per alamat yang dirasannya cukup membuat lelah, hingga merasa bangga dapat berkontribusi dan berperan dalam menyampaikan amanah.

Pengalaman itu dirasanya sejak 25 September 2020 lalu di Kecamatan Limpasu, HST.

“Sangat senang ketika menerima respon dari masyarakat, mereka senang ketika tahu terdaftar (sebagai peserta BPJS Kesehatan),” ucap Akhyar yang telah 3 tahun menjadi TKSK kepada apahabar.com, Selasa (13/10).

Beberapa kali Akhyar turut mendistribusikan kartu JKN-KIS kepada para peserta yang terdaftar dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Baik yang didaftarkan oleh pemerintah pusat langsung maupun yang didaftarkan oleh pemerintah daerah.

Ada momen unik selama mendistribusikan kartu hijau itu. Banyak penolakan dari masyarakat.

“Awalnya dulu banyak yang menolak, masyarakat pinginnya uang aja,” ungkap Akhyar.

Akhyar juga menyebutkan, menjadi mitra BPJS Kesehatan untuk mendistribusikan kartu JKN-KIS membuatnya harus paham tentang program itu. Sebab hal itu harus dijelaskan kepada masyarakat.

“Kita jelaskan, manfaat yang didapat dengan terdaftar dari program JKN ini lebih dari sekedar nilai uang saja, nilainya nggak terbatas,” kata Akhyar.

“Tapi tetap kita harapkan mereka agar menerapkan pola hidup sehat, cuma aja kalau sudah punya jaminan mereka akan tetap tenang ketika tiba-tiba sakit,” terang Akhyar.

Menurut Akhyar, mekanisme pendistribusian dari awal hingga akhir tidak menyulitkannya. Sehingga target-target yang diberikan bisa diselesaikannya dengan baik sesuai tenggat waktu yang disepakati.

“Mekanismenya mudah. Di awal kita memperoleh data dari BPJS Kesehatan, lalu kita cek datanya dan kita cocokkan dengan pihak desa terutama alamatnya, terus kita distribusikan dan hasil distribusi yang sudah diketahui dan distempel pihak desa lalu kita laporkan ke BPJS Kesehatan lagi,” papar Akhyar.

Diakui Akhyar, saat ini program JKN-KIS sudah tepat sasaran dan sangat membantu masyarakat.

“Sudah tepat sasaran menurut saya. Tetangga saya juga ada yang pernah sampai operasi dan semuanya ditanggung, jadi harapannya program ini akan terus dilanjutkan,” tutup dia.

Perlu diketahui, sesuai Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 03 Tahun 2013, TKSK adalah seseorang yang diberi tugas, fungsi dan kewenangan oleh Kementerian Sosial dan dinas atau instansi sosial provinsi, dinas, instansi sosial kabupaten/kota selama jangka waktu tertentu.

Tujuannya untuk melaksanakan dan membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial sesuai dengan wilayah penugasan di kecamatan.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

JKN-KIS dan Prinsip Gotong Royong, Agus Punya Pengalaman
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

MCS BPJS Kesehatan Sasar Bhayangkari Tapin
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Rasakan Manfaat JKN-KIS, Yulianti: Mudah dan Simpel
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Terbaik se-Banua Enam, Perseroan Ini Dapat Penghargaan dari BPJS Kesehatan Barabai
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Warga HST Ini Rasakan Manfaat JKN-KIS BPJS Kesehatan
Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah KTTI, BPJS Kesehatan RI Siap Jalankan Amanah

BPJS Kesehatan Barabai

Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah KTTI, BPJS Kesehatan RI Siap Jalankan Amanah
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Percayakan Pada Selembar Kartu, Arsyad Punya Cerita Persalinan Istrinya
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Cerita Sutinah Tentang Aplikasi Mobile JKN dari BPJS Kesehatan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com