Ibadah Ramadan di Banjarbaru Diperbolehkan dengan Prokes, Petasan Jangan! Bawaslu Kalsel Tanggapi Santai Aduan Denny Indrayana ke Pusat Kronologi Lengkap Penemuan Jasad Tak Utuh di Gang Jemaah II Banjarmasin Mudik Dilarang, Terminal Pal 6 Banjarmasin Tutup Rute Antarkabupaten-kota Mudik Ramadan Dilarang, Pertamina Kalimantan Tambah 3 Persen Pasokan Gas

Dorong UMKM di Tengah Pandemi, Instagram Luncurkan Fitur Shopping

- Apahabar.com Rabu, 7 Oktober 2020 - 00:30 WIB

Dorong UMKM di Tengah Pandemi, Instagram Luncurkan Fitur Shopping

Fitur Instagram Shopping. Foto-Instagram via Antara

apahabar.com, JAKARTA – Instagram hari ini resmi meluncurkan fitur Shopping, yang telah tersedia secara global, bertepatan dengan dorongan bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) beradaptasi ke platform digital untuk menyiasati bisnis di tengah pandemi.

“Kami hari ini meluncurkan fitur Shopping untuk semua akun bisnis dan kreator, akan kami gulirkan secara bertahap,” kata pimpinan Facebook Indonesia, Peter Lydian, saat jumpa pers virtual seperti dilansir Antara, Selasa (6/10).

Akun bisnis Instagram harus membuat toko melalui Commerce Manager untuk bisa memakai fitur ini. Demi menjaga keamanan, Instagram mengharuskan akun tersebut memiliki website resmi, yang akan ditautkan lewat fitur Shopping.

Pengguna yang mengklik tautan yang ada di unggahan akun UMKM akan dibawa ke situs resmi dan transaksi jual-beli akan terjadi di situs resmi miliki UMKM tersebut, bukan di dalam pplatform Facebook.

Juli lalu, Instagram menguji coba tab Shop di halaman navigasi utama, dalam waktu dekat, tab tersebut akan diluncurkan untuk pengguna.

Facebook Indonesia mencatat platform Instagram tidak hanya digunakan untuk membagikan konten foto dan video, namun, juga untuk pemasaran bisnis. Menurut, Peter, Indonesia masuk ke jajaran lima besar dunia dengan profil bisnis terbanyak.

Data internal Instagram untuk 2019 menunjukkan sebanyak 90 persen pengguna Instagram mengikuti setidaknya satu akun bisnis.

Fitur Instagram Shopping ini juga diintegrasikan dengan fitur Facebook Shop, yang telah lebih dulu meluncur di Indonesia, agar UMKM bisa menggunakan fitur berjualan secara lintas platform.

Kemunculan fitur Shopping ini bertepatan dengan dorongan bagi para pelaku UMKM untuk memanfaatkan platform digital untuk membantu bisnis mereka, terutama pada masa pandemi seperti saat ini.

Facebook Indonesia menyatakan untuk mendorong transformasi digital di Indonesia, mereka berkolaborasi dengan kementerian terkait, salah satunya Kementerian Perdagangan, mengadakan pelatihan untuk pelaku UMKM hingga kampanye Tumbuh di Facebook untuk mendukung program Bangga Buatan Indonesia.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Paliat Kuliner Khas Tabalong, Bikin Lidah Menggeliat
apahabar.com

Gaya

Cuma Rp10, Telkomsel Hadirkan Paket Kuota Belajar 10GB, Simak Caranya!
apahabar.com

Gaya

Studio XXI Masih Dipadati Penggemar Avengers Endgame
apahabar.com

Gaya

Di Tengah Pandemi, 8 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Imun Para Lansia
apahabar.com

Gaya

Bergerak Menjadi Cahaya
apahabar.com

Gaya

Obat Favipiravir Tunjukkan Hasil Memuaskan untuk Covid-19
apahabar.com

Gaya

Jangan Dipandang Tabu, Berikut Manfaat Pendidikan Seks Sejak Dini untuk Perkembangan Anak
apahabar.com

Gaya

Toyota Luncurkan Layanan Virtual Service Mobil Halobeng
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com