Keren, RSD Idaman Banjarbaru Ditetapkan Sebagai RS Unggulan Pelayanan KB Simakalama Pembelajaran Tatap Muka OTT Amuntai, Giliran Orang Dekat Bupati HSU Diperiksa KPK KPK Tangkap Tangan Maliki, Bupati HSU Tunjuk Plt Kadis PUPRP Baru PLN Suplai Listrik untuk Kawasan Food Estate Kalteng

Festival Pekan Muharam ke-IV di HST, Ratusan Siswa Ikut Berpartisipasi Lomba PAI

- Apahabar.com     Selasa, 6 Oktober 2020 - 17:22 WITA

Festival Pekan Muharam ke-IV di HST, Ratusan Siswa Ikut Berpartisipasi Lomba PAI

Plt Kadisdik HST, Chairiah menyerahkan piala penghargaan kepada siswa SD yang meraih juara dalam ajang Festival Pekan Muharam ke-IV, Selasa (6/10). Foto-apahabar.com/Lazuardi.

apahabar.com, BARABAI – Festival Pekan Muharam ke-IV di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) diikuti ratusan siswa yang berpartisipasi dalam 6 cabang lomba Pendidikan Agama Islam (PAI).

Ajang lomba Pekan Muharam ke-IV 2020 ini diikuti para siswa tingkat dasar di HST. Mulai dari lomba Azan, Pidato PAI, Puisi Islami, Musabaqah Tilawatil Quran, Hifzul Quran, dan Khattil Quran.

Ketua Panitia Pelaksana, Miseransyah mengatakan, kegiatan tersebut hasil inisiatif dari guru agama se-HST.

Namun, karena masa pandemi Covid-19, agenda ini dilaksanakan secara virtual dengan mekanisme pengiriman video atau foto ke Panitia Pelaksana Festival Pekan Muharam PAI.

“Pendaftaran sekaligus pengiriman foto atau video dibuka dari 18-23 September. Kemudian dari 24-26 September kami melakukan penilian. Juri yang melakukan penilaian merupakan orang yang memang ahli di bidangnya,” kata Miseransyah yang juga Guru di SDN 1 Mahang Sungai Hanyar usai pengumuman juara sekaligus penyerahan hadiah di Aula Disdik HST, Selasa (6/10).

Dari sekian lomba tadi, ada 224 siswa dari 50 sekolah dasar di HST yang berpartisipasi dalam festival. Sementara yang mengikuti lomba sebanyak 124 siswa.

Rinciannya, lomba azan 27 siswa, berpidato 21 siswa, berpuisi 21 org, MTQ 12 siswa, Hifzhul Quran 24 orang dan Kaligrafi sebanyak 19 orang.

Dari 124 pelajar tingkat dasar yang mengikuti lomba itu, 36 siswa terpilih sebagai juara dari 6 cabang lomba yabg diikuti. Juara favorit dan juara harapan.

“Terimakasih, kepada guru agama se-HST, Kadis Pendidikan dan Kemenag. Sedari awal mensupport kami, baik segi moril ataupun materil dalam rangka memaksimalkan potensi anak-anak didik di HST, terlebih di masa pandemi ini,” terang Miseransyah.

Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kemenag HST, Humaidi menilai positif kegiatan itu. Ditekan dia, kegiatan festival PAI diharapkan bisa menjadi motivasi bagi anak-anak didik.

Sebab dengan adanya agenda tersebut, apalagi dilaksanakan secara konsisten, lanjut Humaidi, selain memotivasi, juga meningkatkan pembelajaran. Terutama dalam agama Islam.

“Lomba semacam ini memberikan pengalaman, sekaligus penghargaan kepada para peserta didik yang ada di sekolah dasar,” terang Humaidi.

Senada dengan Plt Kadisdik HST, Hj Chairiah. Dia juga berharap dan mendoakan para peserta didik selalu taat menjalankan ibadah sehari-hari. Serta menerapkan apa yang dipelajari khususnya di bidang agama Islam.

“Semoga anak-anak ku menjadi anak saleh dan salehah,” harap Chairiah.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemkab HST Maksimalkan Anggaran untuk Perekonomian Masyarakat
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Cegah Covid 19, Pemkab HST Bentuk Gugus Tugas
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

IKPM Gontor Kalsel Beri Penghargaan untuk Bupati Chairansyah
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Apel Pertama di Masa Pandemi, Faried: Kebiasaan Baru Menuju Normal
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Momen Isra Mikraj, Berry Ajak Masyarakat HST Tingkatkan Keimanan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Gerbong Pejabat Bergeser, Chairansyah Harapkan Kontribusi Bagi HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tingkatkan Tata Kelola Pemerintahan, OPD HST Teken Perjanjian
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bupati Chairansyah Minta BLT-DD Harus Tepat Sasaran
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com