Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel Kapolres Kapuas Terjang Banjir Bantu Korban Terdampak di Alalak

Fix, Jumlah DPT di Pilwali Samarinda 576.981 Pemilih

- Apahabar.com Kamis, 15 Oktober 2020 - 13:03 WIB

Fix, Jumlah DPT di Pilwali Samarinda 576.981 Pemilih

Ilustrasi pencoblosan pemilu. Foto-NUSANTARANEWS.CO

apahabar.com, SAMARINDA – Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Pilwali Samarinda 2020 telah ditetapkan KPU sebanyak 576.981 orang.

Penetapan diputuskan melalui rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan penetapan (DPT) di Hotel Aston Samarinda, baru tadi.

“Kami sudah tetapkan sebanyak 576.981 pemilih yang tersebar di 10 kecamatan, jumlah ini menurun sekitar 97 dari DPS sebelumnya 577.078, dan dengan adanya penetapan ini bukan berarti bagi pemilih yang belum terdaftar tidak dapat memilih,” kata Ketua KPU Samarinda Firman Hidayat, dilansir Antara, Kamis (15/10).

Masyarakat yang belum terdaftar dalam DPT masih punya kesempatan untuk memiliki hak pilihnya melalui tahapan pendataan lainnya yakni daftar pemilih tambahan (DPTB).

Sementara masyarakat yang tidak terjaring dari pendataan DPTB masih dimungkinkan untuk menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 pada jam 12.00 sampai dengan jam 13.00 siang.

Berdasarkan data DPT tersebut diketahui sebanyak 293.573 pemilih berjenis kelamin laki-laki dan 283.408 pemilih berjenis kelamin perempuan.

Sementara keberadaan tempat pemungutan suara (TPS) berjumlah 1.962 yang tersebar di 59 kelurahan dari 10 kecamatan di Samarinda.

“Kami berharap DPT ini bisa mengakomodir semua pemilih di Samarinda termasuk pemilih di tahanan/lapas dan rutan di Polres,” jelasnya.

DPT yang telah disahkan ini akan dijadikan dasar pengadaan logistik seperti surat suara dan logistik lainnya

“DPT tidak akan berubah lagi. Jika ada warga yang belum terdaftar, kita masukkan menjadi daftar pemilih tambahan. Itu diakomodir di 2,5 persen surat suara cadangan di TPS,” pungkasnya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Diversifikasi Pangan, Kaltim Pilih Sukun
apahabar.com

Kaltim

Optimalkan Hutan Rakyat, Pemerintah Bidik Tepi Jalan Samarinda-Balikpapan
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Batasi Hibah Bansos Rp200 Juta
apahabar.com

Kaltim

Dapat Asap Kiriman, Kualitas Udara Kaltim Masih Aman?
apahabar.com

Kaltim

Jokowi Pimpin Rakornas Karhutla, Isran: Kaltim Tak Masuk Daerah Rawan
apahabar.com

Kaltim

Peduli Gunung Layung, Warga Tolak Isi Bumi Kubar Dikeruk
apahabar.com

Kaltim

Sumpah Pemuda, Simak Pesan Bupati AGM ke Warga Penajam
apahabar.com

Kaltim

Klaster Lingkungan Covid-19 Mulai Menyebar di Balikpapan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com