Mobil Terbelah dan Terbakar Grand Prix Bahrain, Pebalap Prancis Ini Lolos dari Maut Nikah Massal di Tapin, Jangan Lagi Ada Pasangan Tak Berdokumen Latihan Dasar Pramuka di HST, Petakan Daerah Rawan Bencana Bupati Arifin Arpan Minta Maaf, Tak Ada Arakan Pengantin di HUT Tapin Bukan Kereta Api! Nih 2 Proyek Strategis Nasional Andalan Jokowi di Kalsel 2020-2024

Gandeng BW, Tim H2D Laporkan Dugaan Pelanggaran Petahana Kalsel ke Bawaslu

- Apahabar.com Rabu, 28 Oktober 2020 - 12:01 WIB

Gandeng BW, Tim H2D Laporkan Dugaan Pelanggaran Petahana Kalsel ke Bawaslu

Tim H2D kembali melaporkan dugaan pelanggaran yang dilakukan paslon Sahbirin-Muhidin ke Bawaslu Kalsel, Rabu (28/10) pagi. Foto-apahabar.com/Muhammad Robby

apahabar.com, BANJARMASIN – Jurkani dan timnya kembali berupaya menjegal langkah Sahbirin Noor-Muhidin di Pilgub Kalsel.

Bedanya, kali ini ia menggandeng advokat kondang Bambang Widjojanto atau BW.

Mereka mengadukan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalsel petahana tersebut ke Bawaslu Kalsel, Rabu (28/10) pagi.

Pengaduan terkait penyalahgunaan kewenangan, program, dan kegiatan yang diduga dilakukan paslon petahana tersebut, sesuai Pasal 71 ayat (3), jelang pemungutan suara 9 Desember mendatang.

Adapun sanksi pelanggaran Pasal 71 sesuai UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, adalah pembatalan sebagai calon oleh KPU provinsi.

BW, Eks Pimpinan KPK Buka-bukaan Alasan Turun Gunung Bantu H2D

Menggandeng Muhidin, Sahbirin Noor merupakan petahana yang maju dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Kalsel 2020.

Penantangnya Denny Indrayana-Difriadi Darjat (H2D). Jurkani sendiri bagian daripada Tim Pemenangan H2D. Denny bersama tim pengacaranya tampak mendampingi pelaporan pagi tadi.

Selain Jurkani sejumlah bukti pelanggaran yang diduga dilakukan paslon nomor urut 1 turut mereka bawa.

Ada beberapa hal disampaikan Haji Denny panggilan Denny Indrayana terkait kedatangannya ke Bawaslu.

Ia membenarkan pelaporan atas dugaan pelanggaran Pasal 71 ayat (3) UU Pilkada yang mengatur larangan gubernur menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

“Yang tidak kalah penting dari pelanggaran tersebut adalah sanksi diskualifikasi atau pembatalan petahana dalam kontestasi Pilkada sebagaimana diatur dalam Pasal 71 ayat (5) UU a quo, ” ujarnya, lewat keterangan tertulis.

Menurut Haji Denny, laporan ini penting untuk menjaga prinsip-prinsip pemilihan kepala daerah, khususnya Pilgub Kalsel, yang jujur dan adil sebagaimana diamanatkan oleh UUD.

Menurutnya, pemilihan yang terkontaminasi kecurangan menjadikan Pilkada hanyalah pesta seremonial yang tidak punya makna.

“Pada intinya laporan pelanggaran dilakukan karena adanya tindakan penyalahgunaan kewenangan (abuse of power), penyalahgunaan anggaran (misuse of budget) dan kegiatan serta program yang menggunakan uang rakyat sehingga menyebabkan Pilkada berjalan tidak adil bagi pasangan calon lain,” terangnya.

Calon yang diusung Gerindra, Demokrat, PPP, dan sejumlah parpol non-parlemen ini mendorong agar seluruh stakeholders antara lain Bawaslu, KPU, dan seluruh elemen penyelenggara Pilkada agar bersikap profesional menanggapi laporan ini.

“Kita juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengawasi jalannya laporan ini agar dapat berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Kami menegaskan jangan sampai ada penyalahgunaan kewenangan dan penyalahgunaan anggaran yang merusak nilai-nilai penyelenggaraan Pilkada yang jujur dan adil, ” terangnya.

Terkait detail laporan dugaan pidana Pilkada yang dilaporkan, Haji Denny tak menyampaikan rincian dari laporan pengaduan atas dasar privasi dan keselamatan dari para saksi.

“Bercermin dari laporan pengaduan sebelumnya, seorang saksi yang hendak kami hadirkan menerima ancaman dan intimidasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, ” tegasnya.

Adapun laporan, kata dia, sengaja disampaikan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, sebagai perwujudan semangat untuk menciptakan Pilkada yang jujur, adil, dan transparan untuk kemajuan Banua.

Dikonfirmasi, Rifqinizamy Karsayudha selaku Ketua Tim Pemenangan BirinMu, sebutan paslon Sahbirin Noor-Muhidin buka suara.

“Kami menghormati proses yang berjalan dan akan menaatinya,” ujarnya via seluler.

Sebagai pengingat, paslon petahana juga sempat dilaporkan oleh pelapor yang sama atas dugaan pelanggaran Pemilu ke Bawaslu Kalsel, 5 Oktober silam.

Gegara Sarung, Bawaslu Kalsel Panggil Paman Birin Hari Ini

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ponpes Al-Falah Banjarbaru Berlakukan Sosial Distancing Cegah Corona
apahabar.com

Kalsel

AMAN HSS Harap Pengganti Damang Kalsel dari Loksado Lagi
apahabar.com

Kalsel

Komplek Pendopo Bersinar Tabalong Dijaga Petugas Gabungan, Ada Apa?
apahabar.com

Kalsel

Kemarau, Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang
apahabar.com

Kalsel

Bupati Tala Larang Perayaan Hari Valentine
apahabar.com

Kalsel

Parkir Sembarangan di Bahu Jalan Dekat Duta Mall, Begini Akibatnya
apahabar.com

Kalsel

Kronologis Penemuan Jasad Penghuni Hotel Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Upayakan Kemajuan UMKM, Hipmi Tanah Bumbu Kerja Sama dengan DPMD
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com