Kepergok Mesum, Dua Sejoli di Tapin Langsung Dinikahkan di Depan Warga Habib Banua Sedih Jokowi Legalkan Produksi Miras, Sentil Para Pembisik Presiden Kronologis Penangkapan Penusuk Wildan, Mahasiswa Tanbu yang Tewas Dikeroyok BRAVO! Para Penusuk Wildan Mahasiswa ULM asal Tanbu Diringkus Polisi Transkrip PPK Banjar Terima Rp10 Juta Beredar, Bawaslu Turun Tangan

Gegara Tunggakan Air, PDAM Palangka Raya Bisa Tekor Belasan Miliar

- Apahabar.com Rabu, 14 Oktober 2020 - 09:11 WIB

Gegara Tunggakan Air, PDAM Palangka Raya Bisa Tekor Belasan Miliar

PDAM Palangka Raya terancam tekor belasan miliar rupiah gara-gara tunggakan pelanggan. Foto ilustrasi-stimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Total tunggakan pembayaran tagihan penyediaan air bersih pelanggan di Palangka Raya dilaporkan mencapai Rp11 miliar.

“Sampai saat ini nilai tunggakan pembayaran pelanggan PDAM berjalan antara Rp10-11 miliar,” kata Direktur Perusahaan Daerah Air Minum Kota Palangka Raya, Budi Harjono, Rabu (14/10) dilansir Antara.

Akumulasi kelalaian pembayaran oleh pelanggan jadi alasan besarnya nilai tunggakan PDAM Palangka Raya itu.

“Nilai tunggakan pelanggan kita besar karena akumulasi. Ada yang menunggak sebulan, dua bulan, bahkan yang mencapai setahun lebih,” katanya.

Gandeng Kejaksaan

Untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pelanggan dalam pembayaran iuran, PDAM Kota Palangka Raya juga telah menggandeng pihak kejaksaan negeri di kota setempat.

Selain itu pihak PDAM Kota Palangka Raya juga menggandeng sejumlah perbankan dan agen pembayaran untuk mempermudah dan memberikan pilihan bagi pelanggan saat melakukan transaksi pembayaran iuran.

“Sebagai bentuk pelayanan kepada pelanggan dan untuk mempermudah transaksi pembayaran iuran, kami juga menggandeng sejumlah bank dan agen pembayaran. Yang terbaru kami juga tengah menjajaki kerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah,” katanya.

Dirinya berharap para pelanggan yang telah menunggak membayar iuran PDAM dapat segera membayar kewajiban atau minimal berkoordinasi dengan petugas di unit layanan PDAM Kota Palangka Raya.

Di sisi lain, dalam upaya peningkatan pelanggan, pada 2021 mendatang PDAM Kota Palangka Raya menyiapkan pemasangan 550 sambungan air gratis bagi warga berpenghasilan rendah secara gratis.

Dia menerangkan, program SR MBR tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat yakni Kementerian Keuangan dengan nilai anggaran pemasangan senilai Rp1,5 miliar.

Selain program 550 sambungan gratis program SR MBR, pada 2021 melalui Dinas Pekerjaan Umum Kota Palangka Raya juga akan dilakukan pemasangan 200 sambungan gratis bagi masyarakat.

“Saat ini proses pendataan kami lakukan sampai akhir bulan karena awal bulan depan data akan kita sampaikan ke kementerian. Informasi lebih lanjut bisa datang ke kantor PDAM Kota Palangka Raya atau telpon di nomor (0356) 3221384,” kata Budi.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

kalteng

Kalteng

Sejumlah Desa di Barut Kelola Mata Air Pegunungan dari Dana Desa
apahabar.com

Kalteng

Dua Pekan Operasi Patuh, Satlantas Polres Kapuas Tindak 479 Pelanggar
Kapuas

Kalteng

Awal Pekan Januari 2021, 6 Orang di Kapuas Terpapar Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Siswa Belajar via Daring, Polsek Kapuas Timur Siapkan Wifi Gratis
apahabar.com

Kalteng

Satpolairud Polres Kapuas Datangi ABK Kapal, Ada Apa?
apahabar.com

Kalteng

Kendaraan Tambang Melintas di Jalan Umum, Bupati Barut Dibuat Gerah
apahabar.com

Kalteng

Menuju Pilgub Kalteng 2020, Sugianto-Edy dan Ben-Ujang Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSDS Palangka Raya
Overload

Kalteng

Dear Para Sopir, Truk Overload di Kalteng Langsung Ditindak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com