Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah

Gelar Gerakan Indonesia Membaca, Disdik Banjarbaru Optimis Tingkatkan Budaya Literasi

- Apahabar.com Kamis, 15 Oktober 2020 - 17:44 WIB

Gelar Gerakan Indonesia Membaca, Disdik Banjarbaru Optimis Tingkatkan Budaya Literasi

Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru saat melaksanakan kegiatan Sosialisasi Gerakan Indonesia Membaca (GIM), di Room Meeting Berlian Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru Rabu (14/10/2020). Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru melaksanakan kegiatan Sosialisasi Gerakan Indonesia Membaca (GIM), di Room Meeting Berlian Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru, Rabu (14/10/2020).

Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan budaya literasi di masyarakat.

Menurut panitia pelaksana kegiatan yang juga Kasi Dikmas pada Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Hj Nurhilaliah SP, dasar dari pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan GIM 2020 adalah menjalankan peraturan Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1224/C6/HK/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Bantuan Pemerintah penyelenggaraan Gerakan Indonesia Membaca tahun 2020.

Dimana tujuan lainnya adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat serta budaya baca masyarakat untuk mendukung gerakan literasi masyarakat yang meliputi 6 literasi dasar.

“Literasi baca tulis, literasi numeric, sains, literasi finansial, literasi digital, dan literasi budaya dan kewargaan,” jelasnya.

Kata Nurhilaliah juga, GIM akan mampu mendorong partisipasi masyarakat untuk berperan serta dalam meningkatkan jumlah masyarakat melek huruf.

Gerakan Literasi Masyarakat (GLM), lanjutnya, memfasilitasi penyusunan rencana induk pengembangan literasi masyarakat tahun 2020-2024.

Adapun peserta kegiatan Sosialisasi Gerakan Indonesia Membaca ini adalah Camat, Lurah, TBM (Taman Bacaan Masyarakat) dan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) se Kota Banjarbaru.

Dengan narasumber dari Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, BP-PAUD & DIKMAS Prov Kalsel, Balai Bahasa Provinsi Kalsel dan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru.
Kegiatan sosialisasi inj dilaksanakan selama 1 hari pada 14 Oktober 2020 di Room Meeting Berlian Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru.

Adapun sasaran pelaksanaan GIM adalah masyarakat (terutama remaja dan orang dewasa), para penggiat literasi, organisasi profesi/lembaga sosial dan kemasyarakatan serta dunia usaha/industri terkait.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Nadjmi Buka MTQ ke XVII Kota Banjarbaru
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Hadiri Salat Subuh Berjemaah, Said Abdullah: Semoga Berkah
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

IPDN Gelar Pembekalan, Nadjmi Adhani Jadi Narsum
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Ketua PKK Pusat Tinjau Lokasi PHBS
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Pelatihan Pembuatan Tas Handmade Macrame Digelar di Banjarbaru
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Jamin Keamanan Warganya, Banjarbaru Tambah Jumlah CCTV
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Nadjmi Ingin Destinasi Wisata Banjarbaru Terus Dikembangkan
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Dana Hibah Pengamanan Pilwali Banjarbaru Resmi Ditandatangani
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com