BANJIR KALSEL: 2 Ribu Jiwa Mengungsi, Pasukan Khusus TNI Mendarat di Banjarbaru Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!!

Gelar Gerakan Indonesia Membaca, Disdik Banjarbaru Optimis Tingkatkan Budaya Literasi

- Apahabar.com Kamis, 15 Oktober 2020 - 17:44 WIB

Gelar Gerakan Indonesia Membaca, Disdik Banjarbaru Optimis Tingkatkan Budaya Literasi

Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru saat melaksanakan kegiatan Sosialisasi Gerakan Indonesia Membaca (GIM), di Room Meeting Berlian Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru Rabu (14/10/2020). Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru melaksanakan kegiatan Sosialisasi Gerakan Indonesia Membaca (GIM), di Room Meeting Berlian Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru, Rabu (14/10/2020).

Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan budaya literasi di masyarakat.

Menurut panitia pelaksana kegiatan yang juga Kasi Dikmas pada Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Hj Nurhilaliah SP, dasar dari pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan GIM 2020 adalah menjalankan peraturan Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1224/C6/HK/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Bantuan Pemerintah penyelenggaraan Gerakan Indonesia Membaca tahun 2020.

Dimana tujuan lainnya adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat serta budaya baca masyarakat untuk mendukung gerakan literasi masyarakat yang meliputi 6 literasi dasar.

“Literasi baca tulis, literasi numeric, sains, literasi finansial, literasi digital, dan literasi budaya dan kewargaan,” jelasnya.

Kata Nurhilaliah juga, GIM akan mampu mendorong partisipasi masyarakat untuk berperan serta dalam meningkatkan jumlah masyarakat melek huruf.

Gerakan Literasi Masyarakat (GLM), lanjutnya, memfasilitasi penyusunan rencana induk pengembangan literasi masyarakat tahun 2020-2024.

Adapun peserta kegiatan Sosialisasi Gerakan Indonesia Membaca ini adalah Camat, Lurah, TBM (Taman Bacaan Masyarakat) dan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) se Kota Banjarbaru.

Dengan narasumber dari Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, BP-PAUD & DIKMAS Prov Kalsel, Balai Bahasa Provinsi Kalsel dan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru.
Kegiatan sosialisasi inj dilaksanakan selama 1 hari pada 14 Oktober 2020 di Room Meeting Berlian Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru.

Adapun sasaran pelaksanaan GIM adalah masyarakat (terutama remaja dan orang dewasa), para penggiat literasi, organisasi profesi/lembaga sosial dan kemasyarakatan serta dunia usaha/industri terkait.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Konfirmasi Positif Covid-19 Pertama, Banjarbaru Belum Zona Merah
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Said Abdullah Hadiri Tablig Akbar bersama Syekh Muhammad Jaber
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Lagi, Banjarbaru Raih Penghargaan Nasional
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Sambangi Korban Kebakaran, Wali Kota Banjarbaru Prihatin
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Demi Kelancaran Pembangunan Aerocity, Pemkot Banjarbaru Tak Ingin Terhambat Dana
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Cegah Stunting, TP PKK Banjarbaru Gencarkan Program “Gemarikan”
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Pjs Wali Kota Banjarbaru Tindak Tegas ASN Tak Netral
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Walikota Hadiri Verifikasi Lomba Posyandu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com