OTT KPK di Amuntai HSU: Kadis PU hingga Eks Ajudan Bupati Diamankan, Modusnya Fee Proyek BREAKING! Polisi HSU Bekuk Pembunuh Brutal di Amuntai Tengah Terbongkar! Pembunuh Paman Es Kandangan Pura-Pura Anak di Bawah Umur Usai Penarikan Besar dalam Persediaan AS, Harga Minyak Melonjak OTT di Amuntai HSU, KPK Tangkap Pegawai-Pengusaha hingga Segel Ruang Bidang

Google Memungkinkan Bahasa Isyarat dalam Panggilan Video

- Apahabar.com     Senin, 5 Oktober 2020 - 09:27 WITA

Google Memungkinkan Bahasa Isyarat dalam Panggilan Video

Ilustrasi. Foto-tribunnews.com

apahabar.com, JAKARTA – Penelitian terbaru dari Google kini memungkinkan bahasa isyarat untuk diubah dalam bahasa dalam panggilan video.

Google mengembangkan mesin pendeteksi bahasa isyarat secara waktu nyata yang dapat mengetahui kapan seseorang mulai dengan bahasa isyarat dan kapan mereka selesai (tidak hanya mendeteksi suara).

Dikutip dari Antara, Senin (5/10) Sistem tersebut dimungkinkan dengan latensi yang sangat kecil, menurut laporan TechCrunch, dikutip Senin. Latensi berpengaruh besar untuk deteksi bahasa isyarat agar video tidak tertunda atau kualitasnya terdegradasi, sehingga Google membuat sistem yang ringan dan dapat diandalkan.

Sistem tersebut pertama-tama menjalankan video model yang dinamai PoseNet, yang dapat memperkirakan posisi tubuh dan anggota badan.

Informasi visual yang disederhanakan ini (pada dasarnya dengan garis) dikirim ke sistem yang dilatih data pose dari video orang yang menggunakan Bahasa Isyarat Jerman, dan membandingkan gambar langsung dengan tampilan garis yang dihasilkan dari gerakan.

Proses sederhana ini sudah menghasilkan akurasi 80 persen dalam memprediksi apakah seseorang menggunakan bahasa isyarat atau tidak, dan dengan beberapa pengoptimalan tambahan mendapatkan akurasi hingga 91,5 persen.

Dibandingkan dengan bagaimana deteksi “ucapan aktif” pada sebagian besar panggilan video hanya dapat mengetahui apakah seseorang berbicara, bahkan tidak tidak bisa membedakan batuk, angka-angka tersebut terbilang cukup baik.

Untuk bekerja tanpa menambahkan sinyal “seseorang sedang menggunakan bahasa isyarat” ke dalam panggilan, sistem menggunakan trik cerdas, dengan menggunakan sumber audio virtual untuk menghasilkan nada 20kHz, yang berada di luar jangkauan pendengaran manusia, namun diperhatikan oleh sistem audio komputer.

Sinyal ini dihasilkan setiap kali orang tersebut menggunakan bahasa isyarat, membuat algoritme deteksi ucapan “berpikir” bahwa mereka sedang berbicara dengan suara keras. Saat ini, sistem tersebut masih dalam tahap demo.(ant)

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

3 Cara Jitu Mengajarkan Anak Berpuasa
apahabar.com

Gaya

Simpel, Muat 4 Orang Berkapasitas 266cc Seharga Motor!
apahabar.com

Gaya

Disambut Antusias, Lomba Maunjun Pair di Martapura Diikuti 1200 Peserta

Gaya

Motor Listrik Buatan India Ludes Terjual dalam Dua Jam
apahabar.com

Gaya

Ini yang Terjadi pada Tubuh Setelah Digigit Cobra
apahabar.com

Gaya

9 Bahaya Minuman Beralkohol bagi Kesehatan
apahabar.com

Gaya

Studio XXI Masih Dipadati Penggemar Avengers Endgame
apahabar.com

Gaya

Dynabook Rilis Laptop Tipis Terbaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com