Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru Kena PHP, Buruh Tebar Ancaman ke Wakil Rakyat Kalsel di Senayan Daftar Lengkap 64 Link Pengumuman CPNS 2019, sscn.bkn.go.id & Berkas Online yang Harus Disiapkan! Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru

Gugas Covid-19 Kapuas Godok Regulasi New Normal

- Apahabar.com Rabu, 7 Oktober 2020 - 21:07 WIB

Gugas Covid-19 Kapuas Godok Regulasi New Normal

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas, Kalteng, kini sedang menyusun regulasi tatanan kehidupan normal baru masyarakat produktif dan aman dari virus corona.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, regulasi yang sedang disusun tersebut mengacu pada Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah.

“Penyusunannya mengacu Pergub Nomor 25 tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan tatanan kehidupan baru masyarakat produktif dan aman dari Covid -19 di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah,” katanya di Kuala Kapuas, Rabu (7/10).

Berdasarkan peraturan gubernur tersebut pengaturan aktivitas masyarakat di bagi atas 4 zona yaitu zona hijau (zona tidak terdampak/tidak ada kasus), zona kuning (risiko rendah), zona oranye (risiko sedang) dan zona merah (risiko tinggi).

Pada zona hijau dan zona kuning aktivitas masyarakat dapat dilakukan dengan pembatasan dan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

“Sedangkan pada zona orange dan zona merah seluruh aktivitas dihentikan sementara,” terang Panahatan Sinaga yang juga selaku Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas.

Sementara itu, terkait penyelenggaraan pernikahan, Gugas Covid-19 hanya merekomendasikan untuk penyelenggaraan akad nikah/pemberkatan nikah/pemenuhan hukum adat yang diselenggarakan secara terbatas.

“Dengan ketentuan jumlah yang hadir dibatasi atau untuk keluarga inti saja dan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat,” jelas Panahatan.

Kemudian untuk kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak seperti resepsi/pesta pernikahan terutama pada wilayah kecamatan dengan risiko tinggi, Gugas Covid-19 tidak merekomendasikan untuk dilaksanakan.

“Juga mengimbau masyarakat untuk menunda sampai kondisi aman dan tingkat penularan kasus Covid-19 sudah menurun atau melandai,” pungkas Panahatan Sinaga.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Suap Oknum Anggota DPRD Kalteng, Tiga Petinggi Sinar Mas Dieksekusi ke Lapas Tangerang
apahabar.com

Kalteng

Proyek Jalan Timpah-Mantangai Kapuas Segera Dilelang
apahabar.com

Kalteng

Bahas Food Estate, Presiden Jokowi Gelar Rapat Terbatas dengan Gubernur Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Bawa Sabu Pemuda di Kapuas Diciduk Polisi
apahabar.com

Kalteng

Dua Kali di Swab, MA Dinyatakan Sembuh
apahabar.com

Kalteng

Helikopter Hilir Mudik Padamkan Api di Palangka Raya
apahabar.com

Kalteng

Bantah Usul Tambah Anggaran, KPU Kalteng Maksimalkan Sesuai NPHD
apahabar.com

Kalteng

Kemenkumham: Lima Kasus Diduga Melanggar HAM Terjadi di Kalteng
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com