Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri

Habib Bahar Smith Menangkan Sidang Gugatan Pencabutan Asimilasi di PTUN Bandung, Takbir Bergema

- Apahabar.com Senin, 12 Oktober 2020 - 17:11 WIB

Habib Bahar Smith Menangkan Sidang Gugatan Pencabutan Asimilasi di PTUN Bandung, Takbir Bergema

Tim Jaksa Kejaksaan Negeri Bogor dan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Kamis, mengeksekusi Habib Bahar bin Ali Smith yang tersandung kasus tindak kekerasan kepada anak-anak, ke Lapas Pondok Rajeg Cibinong, Kamis (08/08). Foto-Puspenkum Kejagung

apahabar.com, BANDUNG – Habib Bahar bin Smith memenangkan sidang gugatan pencabutan asmilisi atas dirinya oleh Badan Permasyarakatan Bogor di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jawa Barat, Bandung, Senin (12/10/2020).

“Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah. Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar akhirnya setelah 15 kali sidang, setelah eksepsi tergugat ditolak majelis hakim,” ujar Aziz Yanuar Tim kuasa hukum Habib Bahar bin Smith di PTUN Bandung.

Sementara itu, mendengar putusan majelis hakim, pengunjung yang menyaksikan sidang langsung mengucapkan takbir. Takbir juga terdengar dari luar ruang sidang.

Tim kuasa hukum Habib Bahar bin Smith, Aziz Yanuar mengatakan, agenda pada sidang kali ini adalah pembacaan sidang putusan.

“Akhirnya, majelis hakim pada intinya setelah menjabarkan putusan hampir 4 jam, memutuskan bahwa pencabutan asimilasi Habib Bahar bin Smith oleh Bapas Bogor (tergugat), dinyatakan tidak sah. Sementara itu, gugatan penggugat atas pencabutan tersebut diterima oleh majelis hakim,” jelas Aziz Yanuar.

Ia menuturkan, hak asimilasi Habib Bahar harus dikembalikan secepatnya.

“Sehingga Habib Bahar harus dikembalikan asimilasinya. Akhirnya pengadilan membuktikan masih ada harapan keadilan ditegakkan seadil-adilnya di negeri ini,” ungkap Aziz.

Sebelumnya, tim kuasa hukum Habib Bahar bin Smith menggugat Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Bogor. Penggugatan tersebut telah dilayangkan pada hari Selasa (30/6/2020) di PTUN Bandung.

Baca Juga : Ikuti Prosedur di Lapas Nusa Kambangan, Habib Bahar Tampil Plontos

Tim kuasa hukum Habib Bahar melalukan gugatan pembatalan keputusan Bapas yang mencabut asimilasi Habib Bahar. Habib Bahar meminta agar surat pencabutan asimilasi terhadap dirinya dibatalkan oleh hakim.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen PAS Rika Aprianti, menyatakan belum akan mengeksekusi putusan lantaran berencana mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN).

“Posisi kita masih banding,” kata Rika dalam pesan tertulis yang disebarluaskan oleh Humas Kemenkumham, sebagaimana dilansir dari CNNIndonesia.com

Sebelumnya, Habib Bahar bin Smith sempat dibebaskan dari lapas usai mendapatkan asimilasi di saat pandemi Virus COVID-19 ini. Namun, ia kembali ditahan usai dinilai melanggar ketentuan selama asimilasi.

Habib diamankan kembali pada hari Selasa (19/5/2020) dini hari di pesantren Pondok Pesantren Tajul Alawin, Kabupaten Bogor. Habib Bahar dinilai melakukan pelanggaran yang menimbulkan keresahan di masyarakat.

Saat itu, Habib Bahar hadir dalam suatu acara dan memberikan ceramah. Kemudian video ceramahnya tersebut menjadi viral, pasalnya saat itu Kota Bogor sedang melaksanakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

“Habib pun tidak mengundang masyarakat untuk hadir, namun massa datang dengan sendirinya,” ujarnya.

Editor : El Achmad

Tim Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Ustaz Arifin Ilham Wafat, PBNU Berbelasungkawa
apahabar.com

Nasional

Tembus 2.657 Kasus Hari Ini, Jokowi: Covid-19 Sudah Lampu Merah
apahabar.com

Nasional

Dua ABK MV Vega Rose Sudah Bisa Dijenguk Tanpa APD
apahabar.com

Nasional

Buku “Satu Malam di Baitullah Bersama Jokowi” Diluncurkan
apahabar.com

Nasional

22 ‘Dokter’ Gugur di Tengah Wabah Covid-19
apahabar.com

Nasional

Pemindahan Ibu Kota, Jutaan PNS Diboyong ke Kalimantan
apahabar.com

Nasional

Keberadaan Dewan Pengawas Perkokoh KPK
apahabar.com

Nasional

Penangkapan Dandhy, Jerat UU ITE Hantui Aktivis Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com