Muatan Politis dalam Pencopotan Sekda Tanah Bumbu Kantongi 3 Barang Bukti, Bawaslu Dalami Dugaan Pelanggaran BirinMU BW, Eks Pimpinan KPK Buka-bukaan Alasan Turun Gunung Bantu H2D Gandeng BW, Tim H2D Laporkan Dugaan Pelanggaran Petahana Kalsel ke Bawaslu Duel Juventus vs Barcelona Liga Champions Malam Ini Tanpa Ronaldo vs Lionel Messi, Link Live Streaming SCTV!

Hanya 4 Kecamatan di Kabupaten Banjar Dapat Program Bedah Rumah

- Apahabar.com Selasa, 13 Oktober 2020 - 13:12 WIB

Hanya 4 Kecamatan di Kabupaten Banjar Dapat Program Bedah Rumah

Ilustrasi bedah rumah. Foto-Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Dari 20 kecamatan, hanya 4 kecamatan di kabupaten Banjar yang mendapatkan program bedah rumah dari Kementerian PUPR dan sumber APBD Kabupaten Banjar.

Empat kecamatan yang sudah mendapatkan bantuan tersebut, Kecamatan Martapura, Martapura Barat, Aluh-aluh dan Astambul. Sementara 16 kecamatan lainnya masih belum tersentuh bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Kabid Penyedia Perumahan Kabupaten Banjar, M Melky Rosadie menerangkan kepada apahabar.com, pada beberapa tahun ke belakang hingga saat ini, hanya ada 4 kecamatan yang mendapatkan program bedah rumah.

Hal tersebut dikarenakan, hanya 4 kecamatan tersebut yang aktif menyampaikan usulan dan mengupdate informasi terkait TRLH di wilayah masing-masing.

“Kita juga sudah melakukan sistem jemput bola, dengan mendatangi kecamatan-kecamatan,” jelasnya.

Hingga kini, jelas Melky, para pembakal dan aparat desa sudah dipermudah dengan adanya sistem baru dengan diberi akun dan username ke tiap desa. Dan pihaknya hanya menunggu setiap desa memberikan update data di sistem.

apahabar.com

Kabid Penyedia Perumahan M Melky Rosadie. Foto-Mada

“Kita juga sudah menyebarkan foto copy untuk desa-desa namun masih empat kecamatan saja yang aktif. Tetapi masih ada waktu untuk desa-desa lain yang ingin mengajukan usulan bedah rumah di 2021 mendatang, kita masih menunggu,” terangmnya.

Program bedah rumah tersebut, dijelaskan oleh Melky, sangat disayangkan jika dilewatkan. Karena program tersebut sangat membantu warga untuk program RTLH.

Melky mengungkapkan, pengerjaan bedah rumah tersebut, dari atap lantai serta dinding juga dikerjakan secara swadaya masyarakat dengan dana pengerjaan yang sudah tersendiri.

Pada tahun 2020 program bedah rumah di ari bantuan Stimulan Perumahan Swasta dari APBN Kabupaten Banjar mendapatkan bantuan untuk 805 unit rumah. Pada masing-masing rumah mendapatkan bantuan Rp 20 juta, rinciannya Rp 17.500.000 untuk bahan bangunan, dan Rp 2.500.000 untuk upah pekerja swadaya atau tukang.

Hingga saat ini, realisasi program tersebut sudah mencapai 100 persen, bantuan ini juga masih berkutat di empat kecamatan tersebut.

Sementara itu, program bedah rumah dari dana alokasi khusus di Kabupaten Banjar untuk 142 unit dan kini sudah dalam proses 5 persen.

Terkait dengan program bedah rumah APBD Kabupaten Banjar, Melky mengungkapkan, jika hingga saat ini sudah jalan 10 persen dengan jumlah rumah yang dibedah Sembilan buah rumah.

“Insyaallah di tahun ini juga pasti selesai, kan sebentar saja pengerjaannya,” pungkas Melky.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sertijab Kasat Intelkam Polres Batola, Asep Gantikan Asep
apahabar.com

Kalsel

KPU HST dan PPK Haruyan Terbukti Melanggar Administrasi
apahabar.com

Kalsel

‘Dihiasi’ Kursi Kosong, Rapat Paripurna DPRD Banjar Sengaja Begitu
apahabar.com

Kalsel

Sampah Ganggu Lalu Lintas Jalur Sungai
apahabar.com

Kalsel

BMKG: Siang Hari di Kalsel Hujan Lokal

Kalsel

Gerbong Mutasi Bergerak, Kapolsek Banjarmasin Utara Berganti
apahabar.com

Kalsel

Polisi Amankan Puluhan Miras di Eks Pembatuan Banjarbaru, Begini Modusnya!
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Diperkirakan Hujan Siang Ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com