Live Streaming SCTV & Link Siaran Langsung Liga Champions Ajax vs Liverpool, Prediksi Pemain! Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas

Hari Batik Nasional, Begini Cara Mengetahui Batik Asli

- Apahabar.com Jumat, 2 Oktober 2020 - 14:36 WIB

Hari Batik Nasional, Begini Cara Mengetahui Batik Asli

Hari Batik Nasional, Perajin mengerjakan pembuatan batik tulis dengan motif khas Bogor. Begini Cara Mengetahui Batik Asli. Foto-Antara.

apahabar.com, JAKARTA – Hari ini tepat Perayaan Hari Batik Nasional 2020, sejak ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi, 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Namun tahukah Anda, bagaimana cara membedakan batik asli dengan tekstil bercorak batik?

Sejalan waktu, membuat batik dapat dicetak dengan bantuan teknologi (printing). Sehingga harganya lebih miring, dibandingkan dengan metode tulis, cap, maupun kombinasi keduanya.

Namun, ada sejumlah cara atau kiat membedakan kain batik asli yang dibuat dengan tulis tangan dengan dicetak (printing).

Nah, Ketua Galeri Batik YBI Periode 2010-2019 dan aktivis Yayasan Batik Indonesia, Dr Tumbu Ramelan coba membagikan cara bedakan batik asli tersebut.

“Cara termudahnya adalah harus diingat bahwa batik tulis selamanya tidak ada (model) yang sama. Kalau cap, ada yang sama dan berulang dan biasanya tembus ke belakang,” kata Dr Tumbu Ramelan dikutip apahabar.com dari Antara.

Sementara, kain dengan motif batik yang dicetak biasanya berlainan di depan dan belakangnya.

“Tapi memang, saat ini memang cukup susah (untuk membedakannya), karena batik print sekarang sudah bisa di-print bolak balik, sehingga kita akan mudah terkecoh karena hasilnya rapi. Harus dipelajari, teliti dan dipegang langsung,” ujar Dr Tumbu Ramelan.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengusaha dan Perajin Batik Indonesia, Dr H Komarudin Kudiya, menambahkan bahwa pengertian dan ciri-ciri batik sudah tertera di SNI 0239:2014.

Menurut pengertian yang tercantum, batik adalah kerajinan tangan sebagai hasil pewarnaan secara perintangan menggunakan malam (lilin batik) panas sebagai perintang warna, dengan alat utama pelekat lilin batik berupa canting tulis dan atau canting cap, untuk membentuk motif tertentu yang memiliki makna.

Sementara, menurut SNI 8184:2015, tiruan batik dan paduan tiruan batik dengan batik adalah produk manual, semi masinal dan/atau masinal yang dibuat menggunakan alat utama screen-rakel dan atau alat lain untuk melekatkan pewarna, bahan kimia cabut warna, dan atau malam dingin serta paduannya untuk membentuk motif.

“Kombinasi printing dan unsur batik cap/tulis menjadi lebih susah lagi untuk dibedakan, karena disablon dulu. Kain putih dibentangkan dan disablon, untuk mengganti pekerjaan sulit pas mbatik,” kata Dr H Komarudin Kudiya.

Komarudin Kudiya menambahkan, memerlukan kecintaan untuk benar-benar mampu mengidentifikasi batik asli dengan kain cetak batik.

“Batik adalah identitas Indonesia. Masyarakat harus concern dan tanggung jawab, harus cinta dulu, sehingga kita akan tahu bedanya,” pungkas Komarudin Kudiya.

Editor : Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Siasat Auto2000 Banjamasin Jual Toyota Corolla Cross di Tengah Pandemi
apahabar.com

Hiburan

Goyang Banjarmasin, Nella Kharisma Puas
apahabar.com

Hiburan

Sendratasik Berkarya 9 Sukses! Ibnu Sina: Layak Disajikan Kembali
apahabar.com

Gaya

Rahasia Awet Muda Orang Jepang, Bertahan Hidup Lebih dari 100 Tahun
apahabar.com

Gaya

IDI Kalteng: Jangan Remehkan Protokol Kesehatan Covid-19
apahabar.com

Gaya

New Normal, Startup Jepang Ciptakan Masker Cerdas Terkoneksi Internet
apahabar.com

Gaya

Warganet Diminta Berhati-hati Terhadap Jejak Digital
apahabar.com

Gaya

Jaga Kebugaran Puasa, Ini Tipsnya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com