VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang

Ikut Demo, Mantan Presiden Kirgizstan Jadi Sasaran Penembak Misterius

- Apahabar.com Sabtu, 10 Oktober 2020 - 17:58 WIB

Ikut Demo, Mantan Presiden Kirgizstan Jadi Sasaran Penembak Misterius

Mantan presiden Kirgizstan Almazbek Atambayev . Foto-net

apahabar.com, BISHKEK – Berpartisipasi dalam demonstrasi di alun-alun Ala-Too, Bishkek, Mantan Presiden Kirgizstan Almazbek Atambayev menjadi sasaran penembak misterius Jumat (9/10) waktu setempat.

Dilaporkan laman Anadolu Agency, aksi penembakan terjadi saat Atambayev tengah berada di mobilnya. Dua peluru mengenai kendaraannya, tapi Atambayev selamat tanpa mengalami luka.
Sementara pelaku penembakan berhasil melarikan diri.

Atambayev berbicara kepada para pendukungnya di markas besar Partai Sosial Demokrat pada Jumat. Dia meminta maaf kepada rakyat Kirgizstan atas kesalahannya selama menjabat sebagai presiden. Pada kesempatan itu Atambayev mendesak Presiden Sooronbay Jeenbekov untuk mengundurkan diri.

Sejak awal pekan ini, Kirgizstan dilanda gelombang demonstrasi menentang hasil pemilu parlemen. Massa menuding telah terjadi kecurangan. Pemilu tersebut dimenangkan dua partai besar Kirgizstan yang salah satunya memiliki kedekatan dengan Presiden Sooronbay Jeenbekov.

Dalam aksinya, massa menyerang dan menggeruduk gedung parlemen serta kantor kepresidenan. Ribuan pengunjuk rasa bahkan menjebol gedung Komite Keamanan Nasional, kemudian membebaskan Atambayev.

Sebelumnya Atambayev memang ditahan. Dia divonis penjara selama 11 tahun karena perannya dalam pembebasan ilegal bos mafia. Atambayev sempat memiliki hubungan dekat dengan Jeenbekov. Relasinya mulai renggang saat Jeenbekov terpilih sebagai presiden pada 2017.

Kerusuhan dan huru-hara yang terjadi telah mendorong komisi pemilihan Kirgizstan membatalkan hasil pemilu parlemen. Jeenbekov telah meminta agar penyelidikan dilakukan. Dia pun menyerukan para pemimpin politik untuk menenangkan pendukungnya.

Di tengah pergolakan yang berlangsung, Perdana Menteri Kirgizstan Kubatbek Boronov mengundurkan diri dari jabatannya. Langkah serupa dilakukan ketua parlemen Dastan Jumabekov.

Selain mereka, wali kota Bishkek dan Osh serta gubernur wilayah Naryn, Talas, dan Issyk-Kul juga mengundurkan diri dari jabatannya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Internasional

KBRI London Ingatkan WNI Kemungkinan Covid-19 Gelombang Kedua
apahabar.com

Internasional

Ribuan Burung Jatuh dari Langit, Pertanda Bencana?
apahabar.com

Internasional

Malaysia Akhiri PKPB 9 Juni, Masyarakat Diperbolehkan Lakukan Perjalanan
apahabar.com

Internasional

Ada Undian Rp590 Miliar dari Facebook
apahabar.com

Internasional

Pipa Bensin Bocor, Kebakaran Hebat Landa Meksiko, 20 Orang Tewas
apahabar.com

Internasional

99 Hari Bebas Virus Corona, Vietnam Laporkan Kematian Pertama Covid-19
apahabar.com

Internasional

China Bantah Tutupi Informasi Covid-19
apahabar.com

Internasional

Cek Fakta, Putri Vladimir Putin Tewas Setelah Dosis Kedua Vaksin Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com