Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya Otsus Jilid Dua, Semangat Baru Pembangunan Papua

Ingin Tolong Teman, 2 Santri Terseret Air Bah, 1 Tewas dan 1 Hilang

- Apahabar.com Rabu, 28 Oktober 2020 - 09:27 WIB

Ingin Tolong Teman, 2 Santri Terseret Air Bah, 1 Tewas dan 1 Hilang

Personel Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram bersama anggota TNI-Polri dan warga melakukan pencarian dua santri yang terseret air bah di kawasan wisata Air Terjun Tibu Atas, Desa Buwun Sejati, Kabupaten Lombok Barat, NTB, Selasa (27/10/2020). Foto-Basarnas via Antara

apahabar.com, MATARAM – Dua orang santri Pondok Pesantren Attamimy, Kabupaten Lombok Tengah terseret air bah di Air Terjun Tibu Atas, kabupaten Lombok Barat ketika hendak menolong temannya.

1 orang ditemukan tewas dan 1 lainnya masih hilang terseret air bah pada Selasa (27/10) pukul 12.30 Wita.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram, Nanang Sigit PH membenarkan peristiwa yang merenggut 1 korban jiwa atas nama Lalu Imam Baihaqi (18), dan 1 lainnya masih hilang atas nama Samsul Irawan (17). Keduanya berasal dari Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah.

“Satu korban atas nama Lalu Imam Baihaqi yang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia sudah diserahkan kepada pihak keluarga,” katanya di Mataram seperti dilansir Antara, Selasa (27/10).

Nanang mengatakan, pihaknya menerima laporan dari salah seorang warga terkait kejadian membahayakan nyawa manusia di kawasan wisata Air Terjun Tibu Atas, Desa Buwun Sejati, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, sekitar pukul 12.52 Wita.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram mengerahkan satu tim penyelamat (rescue) yang beranggotakan delapan orang untuk melakukan pencarian bersama anggota TNI-Polri dan warga setempat.

Selain melakukan penyisiran aliran sungai, tim rescue juga melakukan penyelaman ke dalam air di lokasi Air Terjun Tibu Atas. Namun setelah dilakukan dua kali penyelaman, korban belum berhasil ditemukan.

“Salah satu korban atas nama Lalu Imam Baihaqi, akhirnya ditemukan di aliran sungai tidak jauh dari Air Terjun Tibu Atas, sekitar pukul 17.15 Wita,” ujar Nanang.

Sementara satu korban lainnya yang masih hilang atas nama Samsul Irawan masih dalam pencarian oleh tim SAR gabungan.

Namun operasi pencarian dihentikan pada pukul 18.00 Wita, sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) Basarnas. Proses pencarian akan dilanjutkan pada hari ini, Rabu (28/10), pukul 07.00 Wita.

Informasi yang diperoleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram, peristiwa tersebut bermula ketika peserta didik dari Pondok Pesantren Attamimy, Kampung Brangsak, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, berwisata ke Air Terjun Tibu Atas, Desa Buwun Sejati, Kabupaten Lombok Barat.

Dari 33 orang anggota rombongan, 2 orang di antaranya berenang di aliran sungai air terjun. Tiba-tiba mereka terseret air bah. Tiga orang temannya yang melihat kejadian tersebut berupaya untuk memberikan pertolongan.

Namun justru dua santri yang hendak menolong, yakni Lalu Imam Baihaqi, dan Samsul Irawan ikut terseret arus, sedangkan satu orang lainnya berhasil menyelamatkan diri. Begitu juga dengan dua orang santri yang hendak ditolong berhasil selamat.

“Ketiga santri yang berhasil selamat dari air bah langsung dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan,” kata Nanang.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kematian Akibat Covid-19 di Prancis Capai 13.197 Orang, Terbanyak Panti Jompo
apahabar.com

Nasional

Peneliti Unair: Obat Covid-19 Sembuhkan Pasien hingga 90 Persen
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi: Kita Ingin TNI dan Polri Ada di Setiap Keramaian
apahabar.com

Nasional

Pengumuman Hasil Seleksi CPNS 2019 Hari Ini, Cek Segera
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Nikmati Senja di Kaimana
apahabar.com

Nasional

Ustadz Yusuf Mansur Jatuh Sakit, Banjir Doa Netizen
apahabar.com

Nasional

Kunjungi Tol Balikpapan-Samarinda, Menteri Sabah: Tahniah buat Kaltim
apahabar.com

Nasional

Jokowi Sebut Penurunan Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia Terlihat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com