VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang

Izin Amdal Dipastikan Tidak Dihapus di UU Cipta Kerja

- Apahabar.com Jumat, 9 Oktober 2020 - 17:03 WIB

Izin Amdal Dipastikan Tidak Dihapus di UU Cipta Kerja

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso. Foto-Antara/Ade Irma Junida

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah memastikan tidak ada penghapusan izin analisis dampak lingkungan (Amdal) dalam UU Cipta Kerja di sektor lingkungan, hanya dibuat sederhana agar aturannya tidak berbelit.

“Amdal tidak dihapus, dan tetap ada, akan tetapi prosesnya dibuat menjadi lebih sederhana, sehingga waktu dan biaya yang dibutuhkan menjadi lebih efisien,” kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso dalam keterangan pers di Jakarta seperti dilansir dari Antara, Jumat (9/10).

Menurut dia, UU Cipta Kerja mengatur prinsip dan konsep dasar Amdal tidak berubah, tetap sesuai ketentuan sebelumnya.

Perubahan, kata dia, hanya terkait pemberian kemudahan dalam memperoleh persetujuan lingkungan.

Izin lingkungan diintegrasikan ke dalam Perizinan Berusaha untuk meringkas sistem perizinan dan memperkuat penegakan hukum.

Susiwijono menjelaskan Amdal dikembalikan kepada fungsi dan proses sebenarnya yaitu dokumen teknis dan ilmiah studi kelayakan lingkungan hidup, digunakan sebagai syarat perizinan berusaha yang memuat ketentuan atau kewajiban dari aspek lingkungan.

Tahapan izin lingkungan diringkas menjadi tiga tahap yaitu proses dokumen lingkungan, persetujuan lingkungan dan Perizinan Berusaha.

Ia melanjutkan hal itu diperkuat dengan Pasal 1 Angka 11 dalam UU Cipta Kerja.

Pasal itu menyebutkan Amdal adalah kajian mengenai dampak penting pada lingkungan hidup dari suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan, untuk digunakan sebagai prasyarat pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan serta termuat dalam Perizinan Berusaha, atau persetujuan Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.

Berdasarkan ketentuan lama, izin lingkungan terpisah dari Perizinan Berusaha, maka apabila ada pelanggaran dan dikenakan sanksi pencabutan izin, yang dicabut hanya izin lingkungan, izin usah tetap jalan.

Namun, di UU Cipta Kerja, izin lingkungan terintegrasi dengan perizinan berusaha, apabila ada pelanggaran dan dikenakan sanksi pencabutan izin, yang dicabut sekaligus Perizinan Berusaha.

Persetujuan lingkungan menjadi dasar penerbitan Perizinan Berusaha sebagai Keputusan Tata Usaha Negara.

Pasal 24 (ayat 1-6) juga menyebutkan, dokumen Amdal merupakan dasar uji kelayakan lingkungan hidup.

Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah menetapkan Keputusan Kelayakan Lingkungan Hidup berdasarkan hasil uji kelayakan lingkungan hidup.

Keputusan Kelayakan Lingkungan Hidup sebagai persyaratan penerbitan Perizinan Berusaha, atau persetujuan Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.

Sementara itu Pasal 37 menjelaskan, Perizinan Berusaha dapat dibatalkan apabila penerbitannya tanpa memenuhi syarat yang tercantum dalam Keputusan Kelayakan Lingkungan Hidup atau Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan Lingkungan Hidup; atau kewajiban yang ditetapkan dalam dokumen Amdal atau UKL-UPL tidak dilaksanakan oleh penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Ketum JMSI Soroti Praktik Jurnalisme yang Gunakan Combative Lens
apahabar.com

Nasional

Gempa M 5,0 Guncang Tapanuli Utara, Warga Panik
apahabar.com

Nasional

Terkait Natuna, Jokowi Tegaskan Tak Ada Tawar-menawar soal Kedaulatan Teritorial RI
apahabar.com

Nasional

Gempa 6,1 SR Guncang Manokwari
apahabar.com

Nasional

Data Masuk di Atas 75 Persen, Intip Update Quick Count Sementara
apahabar.com

Nasional

Romi Sempat Ingin Kabur Saat Tahu KPK Datang
apahabar.com

Nasional

Kaltim Makin Intens Bahas Pemindahan Ibukota
apahabar.com

Nasional

Beda, Berikut 7 Foto Gaya Refreshing Jokowi dan Prabowo
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com