Remaja Korban Tabrakan di Tabalong Akhirnya Diamputasi, Keluarga Pilih Ikhlas Update Daftar Zona Sebaran Covid-19 di Banjarmasin Pengembalian Tengkorak Demang Lehman dan Dugaan Penghapusan Sejarah oleh Belanda Tenang, Gempa 5,5 R di Pangandaran Tak Berpotensi Tsunami 2021, Kemenhub Kaji Wacana Pembangunan Bandara di Barabai HST Kalsel

Jadi Percontohan Pelayanan Publik, Kalsel Usulkan Sejumlah Inovasi

- Apahabar.com Kamis, 1 Oktober 2020 - 19:00 WIB

Jadi Percontohan Pelayanan Publik, Kalsel Usulkan Sejumlah Inovasi

Plh Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar. Foto-apahabar.com/.Musnita

apahabar.com, BANJARBARU – Kementerian Pendayagunaanan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) menetapkan Kalimantan Selatan sebagai salah satu dari 8 provinsi yang ditetapkan menjadi percontohan hubungan jaringan inovasi pelayanan publik (Hub-JIPP).

Menyikapi hal tersebut, Pemprov Kalsel mulai merumuskan sejumlah inovasi untuk diusulkan dalam inovasi replikasi regional.

“Masih kita rumuskan nanti namanya dan apa saja inovasinya,” kata Plh Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar di ruang kerjanya, Kamis (1/10) sore.

Pemprov Kalsel, ujarnya, masih memformulasikan inovasi apa saja yang memenuhi kriteria tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) untuk diajukan dalam proposal. Ini akan melibatkan dinas-dinas terkait, di antaranya Bappeda dan Balitbangda.

“Kita diberi waktu sampai 27 Oktober. Sedang kita susun, mudah-mudahan selesai secepatnya, ” lanjutnya

Ada beberapa inovasi yang sudah dinilai memiliki kelebihan seperti bidang kehutanan dan ketahanan pangan. Di antaranya program Revolusi Hijau dalam upaya mengurangi lahan kritis, kemudian pemanfaatan hasil hutan bukan kayu bagi masyarakat, budidaya madu kelulut dan lainnya.

“Akan kita rincikan lagi untuk dimasukkan dalam program inovasi, ” pungkasnya

Sebagai informasi, terpilihnya Kalsel sebagai percontohan Hub-JIPP tertuang dalam keputusan Menteri PAN-RB Nomor 94 tahun 2020 tentang Percontohan Hubungan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik pada pemerintah daerah tahun 2020.

Kalsel terpilih berdasarkan kriteria yang ditetapkan yaitu komitmen kuat dari pimpinan daerah. Hal ini didukung adanya potensi inovasi yang berkembang dan birokrasi dalam implementasi kebijakan pimpinan.

Sebagai percontohan, Kalsel mendapat tugas untuk mengimplementasikan kebijakan pembinaan inovasi pelayanan publik dari fase penciptaan inovasi, pengembangan hingga pelembagaan.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kawin Kontrak, Ini Kata Akademisi
apahabar.com

Kalsel

Peduli Sesama, Mayor Gatot Akan ‘Bedah’ Rumah Seorang Pemulung
apahabar.com

Kalsel

Dukung Percepatan Penanganan Covid-19, Polsek Wanaraya Sosialisasikan Perbup Batola
apahabar.com

Kalsel

Muluskan Proyek Pemipaan, PDAM Intan Banjar Disuntik Modal Rp35 M
apahabar.com

Kalsel

Korupsi Dana Covid-19, Habib Banua: Hukum Mati
apahabar.com

Kalsel

Korban Bertumbangan, Warga Tuliskan Pesan ‘Menohok’ untuk Paman Birin
apahabar.com

Kalsel

Bikin Mabuk Bocah Ingusan, Pekerja di Banjarmasin Ditangkap
apahabar.com

Kalsel

PT Silo Ungkap Biang Kerok Kebakaran Hebat Mess di Sebuku
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com