Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Oknum Simpatisan Terjerat Sabu di Kotabaru, FPI Bantah Anggotanya Cabuli Murid, Oknum Guru Olahraga di SD Banjarbaru Langsung Dipecat! Ketuanya Buron, Joko Pitoyo Ambil Alih Nasdem Tanah Laut Laporan Denny Rontok di Bawaslu Pusat, Tim BirinMu Endus Motif Lain

Jokowi Minta Jajarannya Percepat Pengembangan Industri Turunan Batu Bara

- Apahabar.com Jumat, 23 Oktober 2020 - 11:16 WIB

Jokowi Minta Jajarannya Percepat Pengembangan Industri Turunan Batu Bara

Ilustrasi batu bara. Foto: duniaenergi.com

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk mempercepat pengembangan industri turunan batu bara agar dapat meningkatkan nilai tambah komoditas tersebut.

Hal itu, kata Presiden Jokowi untuk mengurangi impor bahan baku industri, hingga membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya.

“Untuk itu kita harus bergerak ke pengembangan industri turunan batu bara,” kata Presiden Jokowi saat membuka rapat terbatas mengenai “Percepatan Peningkatan Nilai Tambah Batu Bara”, dari Istana Kepresidenan, Bogor dilansir Antara, Jumat (23/10).

Upaya pengembangan industri turunan batu bara itu seperti dari peningkatan mutu (upgrading) batu bara domestik, pembuatan briket, pembuatan bahan bakar seperti kokas, pencairan batu bara dan gasifikasi batu bara.

“Saya yakin dengan mengembangkan industri turunan batu bara ini saya yakin dapat meningkatkan nilai tambah komoditas berkali-kali lipat,” kata Jokowi.

Oleh karena itu, Presiden meminta jajaran kementerian menyusun peta jalan optimalisasi batu bara dalam negeri. Peta jalan itu harus mengadaptasi teknologi yang ramah lingkungan.

“Tentukan strategi, tentukan produk hilir yang ingin kita kembangkan, sehingga jelas arah mana yang akan kita tuju,” ujar Jokowi.

Kepala Negara menekankan pengembangan industri turunan atau yang termasuk dalam kegiatan hilirisasi industri harus menjadi strategi besar yang konsisten diterapkan.

“Kita semua harus bergeser dari negara pengekspor bahan-bahan mentah dan salah satunya adalah batu bara, menjadi negara industri yang mampu mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau barang setengah jadi,” kata Jokowi.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Hadir di Banjarmasin, The Palace National Jeweler Tawarkan Perhiasan Terlengkap
apahabar.com

Ekbis

Imbas Corona, Serapan Ayam Potong di Kalsel Turun Hingga 50 Persen
apahabar.com

Ekbis

Siapa Bilang Pelajar Tidak Bisa Jalankan Bisnis Online?
apahabar.com

Ekbis

Tanggapi Pajak Ekonomi Digital, AFPI Berharap Ada Tarif Khusus
apahabar.com

Ekbis

Hari Ini TBA Turun, Berikut Pantauan Terbaru Harga Tiket Pesawat dari Banjarmasin
apahabar.com

Ekbis

Harga Emas Antam Bertahan Rp 809.000 per Gram
apahabar.com

Ekbis

April 2020, Pasar Mobil Indonesia Anjlok 90,6 Persen
apahabar.com

Ekbis

Inflasi Awal Februari Meningkat, Ini Catatan BI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com