Positif Covid-19, Cepat Sembuh Ketum PBNU Said Aqil Rupiah Jaya, Dolar Jatuh ke Level Terendah Mobil Terbelah dan Terbakar di Grand Prix Bahrain, Pebalap Prancis Ini Lolos dari Maut Bukan Kereta Api! Nih 2 Proyek Strategis Nasional Andalan Jokowi di Kalsel 2020-2024 Rusia-Saudi Belum Sepakati Durasi Pengurangan Produksi Minyak

Kadin Apresiasi Sertifikasi Halal Gratis untuk UMKM dalam UU Ciptaker

- Apahabar.com Sabtu, 24 Oktober 2020 - 17:46 WIB

Kadin Apresiasi Sertifikasi Halal Gratis untuk UMKM dalam UU Ciptaker

Ilustrasi sertifikasi halal. Foto: Net

apahabar.com, JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengapresiasi sertifikasi halal gratis untuk UMKM yang diatur dalam Omnibus Law UU Cipta Kerja (Ciptaker).

“Ini suatu langkah yang sangat positif dukungan dari pemerintah secara penuh, dan juga kepastian bahwa proses sertifikasi halal tersebut lebih cepat yang mana fatwanya tetap dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia atau MUI,” ujar Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani dalam diskusi daring di Jakarta seperti dilansir dari Antara, Sabtu (24/10).

Menurut Rosan, UU Ciptaker juga mendorong pengembangan produk bisnis halal terutama UMKM di mana untuk sertifikasi halal pelaku tidak dikenakan biaya melainkan ditanggung oleh pemerintah.

Dalam paparannya, Ketua Umum Kadin Indonesia tersebut menyampaikan penetapan kehalalan produk oleh MUI dilakukan dalam sidang fatwa halal.

Keputusan kehalalan produk paling lama tiga hari kerja sejak MUI menerima hasil pemeriksaan dari Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). MUI kemudian menyampaikan kepada Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Sertifikat halal lalu diterbitkan oleh BPJPH paling lama satu hari kerja sejak fatwa kehalalan produk.

Omnibus Law UU Ciptaker ini juga memperluas LPH, di mana pemeriksaan kehalalan dapat dilakukan oleh ormas Islam, perguruan tinggi negeri dan swasta di bawah lembaga keagamaan atau yayasan Islam.

“Jadi hal ini merupakan suatu langkah yang sangat positif yang kita harapkan dalam waktu tiga bulan ke depan sudah bisa berjalan dengan baik dan cepat,” kata Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan sertifikasi halal bagi pelaku UMKM yang diatur dalam Omnibus Law UU Cipta Kerja (Ciptaker) tidak dikenakan biaya alias gratis.

Hal-hal terkait sertifikasi halal ini seluruhnya akan dibahas dalam Peraturan Pemerintah atau PP.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Volkswagen Klaim Bisa Bikin 15 Juta Mobil Listrik
apahabar.com

Ekbis

Harga Cabe Masih Sepedas Rasanya
apahabar.com

Ekbis

Isu Corona Tak Berimbas Terhadap Bisnis Perhotelan di Banjarmasin
apahabar.com

Ekbis

Bahlil Tawarkan Investasi 10 Bali Baru kepada Pemerintah Australia
apahabar.com

Ekbis

6 Tahun, Tunggakan Retribusi Pasar Sentuh Ratusan Juta
apahabar.com

Ekbis

Terjun Bebas, Harga Tiket ke Korsel Hanya Rp149 Ribu
apahabar.com

Ekbis

Sempat Anjlok, Harga Cabe di Marabahan Bergerak Naik
apahabar.com

Ekbis

Penyebab Jumlah Penerbangan Saat Pemilu Turun
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com