Pengembalian Tengkorak Demang Lehman dan Dugaan Penghapusan Sejarah oleh Belanda 2021, Kemenhub Kaji Wacana Pembangunan Bandara di Barabai HST Kalsel Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor!

Kasus Covid-19 Melonjak di HST, Kemenkes RI Turunkan Tim ke Lapangan

- Apahabar.com Kamis, 1 Oktober 2020 - 14:17 WIB

Kasus Covid-19 Melonjak di HST, Kemenkes RI Turunkan Tim ke Lapangan

Kunjungan kerja Tim Kemenkes RI di ruang kerja Chairansyah, Kantor Bupati HST, Rabu (29/9). Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Dalam satu bulan terakhir, kasus Covid-19 di Hulu Sungai Tengah (HST) melonjak signifikan.

Lonjakan itu berasal dari penemuan kasus baru orang terkonfirmasi positif sampai pasien meninggal yang dinyatakan Covid-19.

“Awalnya, memang HST berada pada angka terendah (kasus positf) se Kalsel. Namun satu bulan terakhir terjadi lonjakan kasus. Kalau ini terus terjadi, kami mengharapkan dari Pemerintah Pronvinsi mengadakan pertemuan untuk membicarakan dan membahas hal ini agar kasus ini tidak meningkat,” kata Bupati HST, HA Chairansyah saat menerima kunjungan kerja Tim Kementerian Kesehatan RI di ruang kerjanya, Rabu (30/9).

Sejauh ini Pemkab HST memberikan kelonggaran terhadap aktifitas sosial namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

Misalnya, Ponpes yang mulai aktif belajar, kata Chairansyah, para santri diwajibkan melakukan rapid tes dan membawa hasilnya ke pihak Ponpes.

Pemkab pun sudah mengeluarkan seruan menjelang Rabiul Awal. Sebab selama Rabiul awal, di HST biasa menggelar maulid nabi satu bulan penuh.

Seruan tersebut yakni pelaksanaan perayaan maulid nabi agar diselenggarakan secara sederhana di lingkungan sendiri dan tidak mengundang dari lingkungan lain. Pastinya harus menerapkan protokol kesehatan.

“Kami mengharapkan dan mudah-mudahan tidak ada klaster baru. Terutama dari pesantren, karena sekitar satu bulan ini para santri sudah masuk dan dalam proses belajar,” terang Chairansyah.

Mengenai kunjungan kerja tersebut, Kasi Deteksi Penyakit Infeksi Emerging Ditjen P2P Kemenkes RI yang jugs Ketua Tim Rombongan, Dokter Chita Septiawati menjelaskan, kedatangan timnya dalam upaya percepatan penanggulangan Covid-19 dan penguatan kesehatan esensial lainnya.

“Saat ini kami telah memantau perkembangan dan penangan kasus Covid-19. Ada 8 Provinsi di Indonesia yang menjadi perhatian karena tingginya kasus Covid-19, termasuk Kalsel,” kata Chita.

Mengingat akan dilaksanakan Pilkada serentak, tim ini mengingatkan agar mewaspadai timbulnya klaster baru dari pelaksanaannya.

“Apakah sudah ada sekenario yang disusun bila terjadi lonjakan kasus atau mungkin cara mengatasi dan pencegahan agar tidak terjadi penambahan kasus atau agar tidak terjadi klaster baru akibat pelaksanaan Pilkada,” ucap Chita.

Agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19, terang Chita, gejala yang timbul terhadap masyarakat agar lebih dini diamati.

“Karena di HST sudah ada Perbup yang mengatur tentang sanksi terhadap pelanggaran protokol kesehatan maka harus ditegakkan. Hal ini dapat menekan lonjakan kasus yang ada,” tegas Chita.

Usai mengadakan pertemuan dengan bupati, tim dari pusat ini melanjutkan pertemuan dengan Dinkes, Organisasi Profesi Kesehatan, TP PKK dan ke RSUD H Damanhuri Barabai.

Selama kunjungan kerja di HST, Tim Kementerian Kesehatan RI ini didampingi rombongan Tim dari Dinkes Kalsel dan Poltekes Banjarmasin.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HST

Masyarakat Tak Patuh, Kasus Covid-19 di HST Diprediksi Terus Meningkat
Apahabar.com

HST

Tim Gakkum Sasar Pasar Tradisional di HST, 26 Orang Terjaring Operasi Yustisi
apahabar.com

HST

Pembunuh Latifah Istri Muda Pembakal di HST Ternyata Anak Istri Tua, Pelaku Diduga Sakit Hati Ibunya Sering Dihina
apahabar.com

HST

Pilkada HST, Berry-Pahrijani Didatangi 3 Partai Non Parlemen
apahabar.com

HST

Atlet Kuntau Unjuk Gigi di Makodim Barabai, Dandim: Lestarikan Budaya daerah
apahabar.com

HST

HST Godok Tiga Raperda, Satu Terkait Rencana Induk Pembangunan Industri
apahabar.com

HST

PKK HST Bergerak Memutus Penyebaran Covid-19
apahabar.com

HST

Nekat Langgar Protokol Kesehatan di HST, Siap-Siap Sanksi Menanti
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com