Hasil Liga Champions, Tanpa Ronaldo Juventus Ditekuk Barcelona, Messi Cetak Gol, Skor Akhir 2-0 Video Detik-detik Buaya Raksasa Diangkat dari Sungai Kayubesi Babel, Diyakini Warga Sebagai ‘Siluman’ Kasus Pembunuhan Istri Muda Pembakal di HST Inkrah, Jaksa Eksekusi Terpidana ke Martapura Muatan Politis dalam Pencopotan Sekda Tanah Bumbu Kantongi 3 Barang Bukti, Bawaslu Dalami Dugaan Pelanggaran BirinMU

Kecamatan Timpah Kapuas Sukses Pungut Pajak Melebihi Target

- Apahabar.com Jumat, 9 Oktober 2020 - 13:22 WIB

Kecamatan Timpah Kapuas Sukses Pungut Pajak Melebihi Target

Tim Pemerintah Kecamatan Timpah Kabupaten Kapuas mensosialisasikan pajak daerah kepada para pedagang. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Upaya Pemerintah Kecamatan Timpah, Kabupaten Kapuas, Kalteng, dalam meningkatkan pundi-pundi pendapat asli daerah (PAD) patut diapresiasi.

Betapa tidak, penerimaan pendapatan dari sektor pajak rumah makan, kantin dan reklame atau usaha yang ditarget di kecamatan tersebut mampu direalisasikan bahkan melebih target.

Penerimaan pajak yang berhasil terkumpul selama tahun 2020 untuk pajak rumah makan dari target Rp 1,5 juta terealisasi sebesar Rp 2,9 juta lebih atau 196,66 persen dari yang ditargetkan.

Kemudian untuk pajak kantin dari target Rp 6 juta terealisasi sebesar Rp 6,2 juta lebih atau 104,45% dari yang ditargetkan.

Sedangkan pajak reklame/usaha dari target Rp 10 juta terealisasi sebesar Rp 22 juta lebih atau 220,57% dari target yang ditetapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas.

Camat Timpah Yubdery mengatakan, dalam pelaksanaan pemungutan pajak dilapangan, banyak para pelaku usaha yang terkejut karena adanya pajak yang harus dibayar, sementara mereka merasa berjualan di sekitaran rumah milik pribadi.

Namun tim segera menjelaskan bahwa pajak daerah yaitu pajak rumah makan, pajak kantin dan pajak reklame/usaha adalah kewajiban bagi setiap pelaku usaha yang melakukan kegiatan perdagangan di wilayah Kabupaten Kapuas.

“Setelah kami jelaskan akhirnya para pedagang yang berada di sekitar Jalan Walter Tarung dan Jalan Lintas Palangka Raya Buntok bersedia membayar pajak,” kata Yubderi saat dihubungi apahabar.com via gawai, Jumat (9/10).

Sebagai bukti masyarakat membayar pajak, Pemerintah Kecamatan Timpah memberikan Surat Setor Pajak Daerah (SSPD).

Selain itu pihak kecamatan juga membantu masyarakat dalam hal pengurusan Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD) yang dikelola oleh Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Kapuas.

Dengan demikian, kata Yubdery, masyarakat tidak perlu repot-repot lagi untuk mengurusnya ke Kota Kuala Kapuas.

“Cukup mengisi formulir NPWPD dan fotocopy KTP saja, selanjutnya kita fasilitasi untuk proses penerbitan NPWPD setiap pelaku usaha yang ada di Kecamatan Timpah,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Berakhir Rabu, Pemkab Kapuas Rancang Lanjutan PSBB di Level Kecamatan
apahabar.com

Kalteng

Selama Operasi Patuh Telabang 2019, Polres Barut Jaring 229 Pelanggar 
apahabar.com

Kalteng

Fraksi Nasdem DPRD Kapuas Tolak RAPBD-P 2020
apahabar.com

Kalteng

Suami Kalahkan Istri Dalam Pilkades di Kotim
apahabar.com

Kalteng

Eksploitasi Berlebihan Akar Bajakah Disorot, Warga Tak Bisa Kirim ke Luar Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Over Load, Lapas Muara Teweh Usulkan Remisi 132 Napi
apahabar.com

Kalteng

Pemprov Kalteng Perbanyak Beasiswa untuk Tingkatkan SDM
apahabar.com

Kalteng

Meski Agak Mahal, Gas Melon Masih Aman
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com