Somasi Tim BirinMu ke Uhaib, Komnas HAM hingga H2D Pasang Badan Hujan Lebat, Desa Hawang HST Banjir Lagi POPULER SEPEKAN: Kasus Pembunuhan Istri di Kapuas hingga ABK Tenggelam di Tanah Laut Warga Banjarmasin Terpesona Menikmati Pantai Teluk Tamiang Kotabaru Duh! Anggaran Pembinaan Atlet Banjarmasin Tertunggak 6 Bulan

Kemenhub Maksimal Dukung Pengembangan Transportasi Food Estate di Kalteng

- Apahabar.com Selasa, 20 Oktober 2020 - 22:08 WIB

Kemenhub Maksimal Dukung Pengembangan Transportasi Food Estate di Kalteng

Plt Kadis Perhubungan Kalteng Yulindra Dedy, saat mendampingi Dirjen Pehubungan Darat Budi Setiyadi di Dermaga Penyeberangan Mintin Teluk Sampit, Kabupaten Pulang Pisau. Foto: Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, kawasan food estate di Kalimantan Tengah, dipersiapkan menjadi lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa untuk mengantisipasi terjadinya krisis pangan, akibat pandemi Covid-19 yang tidak bisa diprediksi kapan berakhirnya.

Untuk itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siap mendukung kelancaran distribusi logistik untuk kawasan food estate di Kalimantan Tengah.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyatakan, akan memberikan dukungan maksimal pada sektor transportasi udara, laut, dan penyeberangan.

“Saya berharap dapat tercipta integrasi yang baik dengan simpul-simpul produksi pertanian, seperti di kawasan food estate,” kata Menhub, dalam kunjungan kerja ke Kalteng, Selasa (20/10).

Oleh sebab itu, saat kunjungan ke Kalteng, Menhub memboyong jajarannya, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Direktur Kepelabuhanan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Direktur Kepelabuhanan Ditjen Hubla, Direktur TSDP Ditjen Hubdat, Direktur TSDP dan Ditjen Hubdat.

Saat rapat pembahasan pengembangan transportasi di kawasan food estate Dirjen Pehubungan Darat, Budi Setiyadi, memaparkan akan melakukan pembangunan/peningkatan dermaga terdekat lokasi yang sebelumnya sudah dilakukan pembahasan dengan pihak Dishub Kalteng dan BPTD Wilayah XVI.

Enam dermaga itu adalah Dermaga Mintin-Anjir Teluk Sampit di Kabupaten Pulang Pisau dan 5 Dermaga di Kabupaten Kapuas yakni Dermaga Murung Kramat–Selat, Mentangi, Terusan Karya, dan Lupak Kapuas Kuala.

Dari 6 usulan dermaga yang akan dilaksanakan pembangunan/peningkatan, dua dermaga yakni Dermaga Mintin-Anjir Teluk Sampit dan Dermaga Murung Keramat–Selat telah dilakukan studi oleh Pemda dan dapat segera direalisasikan.

Sedangkan 4 dermaga lainnya belum dilakukan studi dan dalam waktu dekat akan dilaksanakan studi detail engineering design (DED).

Sementara itu Direktur Kepelabuhanan, Ditjen Perhubungan Laut, Subagiyo, memaparkan rencana pengembangan Pelabuhan Penyeberangan Bahaur di Kabupaten Pulang Pisau sebagai titik simpul pengumpul komoditi food estate.

Menurutnya, pada daerah tersebut telah terdapat akses jalan dan dimungkinkan untuk dilakukan pengembangan ke depan dengan catatan adanya perubahan status pelabuhan penyeberangan menjadi pelabuhan laut/regional yang disiapkan untuk menjadi pelabuhan multipurpose dalam melayani hasil komoditi food estate.

Sedangkan Dirjen Perhubungan Udara, Novie Riyanto, menyampaikan terkait kesiapan bandara pendukung food estate di Kalimantan Tengah, sekaligus penyampaian progres pelaksanaan pembangunan Bandara HM Sidik di Kabupaten Barito Utara.

Menanggapi hal itu Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya langsung menyampaikan surat dari Pemprov Kalteng terkait usulan perubahan status Pelabuhan Penyeberangan Bahaur tersebut menjadi pelabuhan regional dan berharap segera disetujui dan pembangunan segera terealisasi.

Sementara itu Ketua DPRD Kalteng Wiyatno, sangat setuju dan mendukung rencana pengambangan beberapa dermaga eksisting pendukung food estate.

Tak lupa ia juga menyampaikan usulan baru agar Dermaga Pangkoh juga dapat dilakukan peningkatan, mengingat akses dari dermaga ini cukup dekat menuju Pelabuhan Penyeberangan Bahaur di Pulang Pisau, sehingga banyak pilihan akses menuju titik simpul outlet utamanya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tata Ruang OSS

Kalteng

Kembangkan Investasi Perkotaan, Kapuas Susun Rancangan Detail Tata Ruang OSS
Sugianto Sabran

Kalteng

Cerita Sugianto Sabran Sembuh dari Covid-19: Bersyukur Masih Bisa Hirup Udara Segar
Covid-19

Kalteng

Tangani Covid-19, Kalteng Anggarkan BTT Rp 100 Miliar
Pelantikan

Kalteng

Jelang Pelantikan Gubernur Kalteng, Sugianto dan Edy Menjalani Isolasi
apahabar.com

Kalteng

5 CJH Kalteng Korban Kecelakaan Bus di Pulang Pisau Boleh Lanjutkan Berhaji
apahabar.com

Kalteng

Ratusan Napi Lapas Muara Teweh Dapat Remisi
Kalteng

Kalteng

KPU Kalteng Siap Hadapi Ben-Ujang di MK
apahabar.com

Kalteng

Tengah Malam, Api Mengamuk di SMP 4 Pangkalan Banteng
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com