Malam Lebaran, Kebakaran Gegerkan Warga Kuin Banjarmasin! Ngenes! Mau Tutup, Pengunjung Duta Mall Banjarmasin Malah Menurun H-1 Lebaran, Puluhan Pemudik Diputarbalik di Pos Penyekatan Tabalong! Buat Jalur Khusus Jemaah, Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin Gelar Salat Ied Hore! Remisi Lebaran Warga Binaan di Kalsel Diusulkan Bertambah, Segini Jumlahnya

Kementan Loloskan Pelepasan Calon Varietas Padi Sawah Protein Tinggi

- Apahabar.com Sabtu, 31 Oktober 2020 - 20:32 WIB

Kementan Loloskan Pelepasan Calon Varietas Padi Sawah Protein Tinggi

Kementerian Pertanian meloloskan 15 calon varietas tanaman pangan untuk dilepas sebagai varietas unggul. Foto-Kementerian Pertanian via Antara

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Pertanian meloloskan 15 calon varietas tanaman pangan untuk dilepas sebagai varietas unggul.

Pelepasan dilakukan melalui sidang evaluasi dan penilaian calon varietas tanaman pangan.

Salah satu dari calon varietas tersebut adalah padi sawah protein tinggi yang tidak hanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat semata, tetapi juga fungsi kesehatan dengan kadar protein tinggi.

Direktur Perbenihan Tanaman Pangan Ditjen Tanaman Pangan Kementan, Takdir Mulyadi selaku Wakil Ketua Tim Penilai Varietas Tanaman Pangan (TPVTP) menyebutkan bahwa 15 calon varietas yang direkomendasi untuk dilepas sebagai varietas unggul berasal dari 3 komoditas yakni 4 calon varietas padi sawah inbrida, 8 calon varietas jagung hibrida, dan 3 calon varietas kedelai.

“Setelah terpenuhinya persyaratan pelepasan varietas oleh Lembaga Pemulian, Tim TPVTP segera merekomendasikan untuk diusulkan dilepas dan diterbitkan SK Menteri Pertanian sebagai varietas unggul nasional,” kata Takdir di Jakarta seperti dilansir Antara, Sabtu (31/10).

Menurut dia varietas unggul hasil pemuliaan atau introduksi sebelum disebarluaskan ke masyarakat luas, harus dilepas terlebih dahulu oleh Menteri Pertanian.

Dengan adanya pelepasan varietas, diharapkan calon varietas yang dihasilkan dapat dikembangkan secara luas di masyarakat sehingga dapat mendukung ketahanan pangan dan kesejahteraan petani.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini, tren hidup masyarakat sudah bergeser mengarah untuk mengkonsumsi pangan sehat.

Kasubdit Pengembangan Varietas Kementan Andi Muhammad Saleh merinci calon varietas padi protein tinggi mencapai 10,72 persen, yang merupakan usulan dari Konsorsium Padi Nasional dan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi dengan keunggulan daya hasil tinggi (9,71 GKG ton/Ha).

Calon varietas ini melebihi Ciherang, serta memiliki stabilitas hasil tinggi, tahan terhadap penyakit Hawar Daun Bakteri (HDB) patotipe IV dan VIII dan Blas ras 033 dan 073. Keunggulan lainnya, tahan rebah.

Sementara itu, jagung hibrida yang direkomendasikan adalah calon varietas yang akan diusulkan oleh Balitsereal, PT DuPont Indonesia, PT Makmur Sejahtera Nusantara, PT Syngenta Indonesia, dan PT Premier Seed Indonesia. Sedangkan calon varietas kedelai merupakan usulan dari Balitkabi dan BATAN.

Sejak Januari hingga Oktober 2020, Kementan telah melepas sejumlah 18 varietas padi inbrida, 4 varietas padi hibrida, 1 varietas jagung komposit, 10 jagung hibrida, 4 varietas kedelai, 1 varietas ubi kayu, 1 varietas talas beneng dan 1 varietas Porang.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Pandemi Belum Usai, Perusahaan Cina Mau Nambang di Kotabaru
apahabar.com

Ekbis

PT Telkom Agresif Modernisasi Jaringan untuk Persiapan Layanan 5G
apahabar.com

Ekbis

Karyawan Terpapar Covid-19, PT Sampoerna Hentikan Produksi di Pabrik Rungkut 2
apahabar.com

Ekbis

Ramadan, Distribusi Ikan di Delapan PPI Kaltim 80 Ton/Hari
apahabar.com

Ekbis

Efek Virus Corona, Bank Dunia Tolak Beri Pinjaman ke China
IHSG

Ekbis

Seiring Kenaikan Bursa Saham AS, IHSG Akhir Pekan Berpeluang Menguat
sapi

Ekbis

Duh, Ribuan Pedagang Daging Sapi Gulung Tikar Gegara Pandemi
apahabar.com

Ekbis

Corona Masuk Indonesia, Presiden Jamin Stok Bapok Aman
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com