Salah Tulis, Perbaikan Plang Nama SDN di Banjarmasin Tunggu Dana BOS Cair Bawa Pesan Damai ke Ukraina-Rusia, Jokowi Dianggap Layak Raih Nobel Diguyur Hujan Berjam-Jam, Sejumlah Kawasan di Banjarbaru Tergenang Banjarmasin Terendam Lagi, Masyarakat Diminta Waspada Air Kiriman! Banjarbaru Terendam, Sejumlah Warga Dievakuasi

Ketahui Kunci Merawat Tanaman Hias Si Janda Bolong

- Apahabar.com     Selasa, 13 Oktober 2020 - 16:06 WITA

Ketahui Kunci Merawat Tanaman Hias Si Janda Bolong

Tanaman hias janda bolong mudah perawatannya. Namun ada beberapa trik untuk merawat janda bolong kesayangan. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Janda bolong tanaman hias yang sangat diminati. Tanaman ini termasuk dalam golongan Monstera memiliki beberapa varian, beberapa variannya pun bisa dijual dengan harga yang mahal yaitu mencapai Rp100 juta per pohonnya.

Janda bolong merupakan keluarga dari tanaman Monstera yang berasal dari Amerika Tengah. Monstera populer berkat lubang-lubang alami pada daunnya dan dijuluki ‘Swiss Cheese Plant’.

Lubang-lubang alami ini mirip dengan lubang pada keju Swiss. Monstera yang dipelihara sebagai tanaman hias terbagi menjadi dua yakni, Monstera deliciosa (M. deliciosa) dan Monstera adansonii (M. adansonii).

“Monstera itu adalah tanaman yang cocok dipakai di indoor plants, karena perawatannya tidak butuh banyak matahari,” kata Satya Putra, ahli biologi dan seniman lansekap dikutip apahabar.com dari CNN Indonesia.

“Kalau kebanyakan matahari malah gosong.”

Selain itu, Satya juga mengungkapkan bahwa perawatan Monstera termasuk janda bolong juga termasuk mudah. Ditambahkannya, kunci perawatan tanaman hias ini adalah trimming atau pemangkasan.

Triming atau pemangkasan ini sebut-sebut bakal mempercepat perbanyakan tanaman hias janda bolong. Caranya, adalah dengan stek batang. Anda hanya perlu memotong batang dan daun yang sudah memiliki akar kecil.

Setelah dipotong, cabang yang berakar dimasukkan ke dalam media air selama seminggu. Setelah seminggu, pindahkan tanaman ke dalam pot yang berisi campuran sekam bakar, sekam mentah, dan pasir. Biarkan tanaman ini selama dua minggu.

Usai memindahkan tanaman ke dalam pot, maka perhatikan penyiramannya. “Ketika menyiram maka harus disiram sampai kenyang. Siram tanahnya sampai air menetes dari lubang di bawah potnya,” ucapnya.

“Kalau kurang air tanaman hiasnya bisa layu, tapi kalau kebanyakan akarnya bisa busuk.”

Pemupukan juga harus diperhatikan untuk menanam janda bolong dan varian Monstera lainnya. Satya menyarankan untuk memakai pupuk butiran sehingga tanaman hias tak kelebihan nutrisi yang bisa berakibat pada daun-daun yang terbakar atau gosong.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Polisi Bekuk TO Sabu di Kelayan B
IHSG

Tak Berkategori

Dibayangi Kenaikan Kasus Covid-19, IHSG Berpeluang Menguat
Para atlet Balikpapan nampak menunggu antrian vaksinasi di Gedung BSCC Dome. Apahabar.com/Riyadi

Tak Berkategori

Vaksinasi Atlet di Balikpapan Kurang Antusias
apahabar.com

Tak Berkategori

Tiga Tahap Alquran Diturunkan Allah SWT
RDG Bank Indonesia

Tak Berkategori

Jelang Pengumuman Hasil RDG Bank Indonesia, IHSG Terkoreksi
apahabar.com

Tak Berkategori

Tiket Pesawat Dorong Inflasi, Begini Penjelasan BI Kalsel
Preman Pelaku Pungli

Tak Berkategori

Mantap! Polisi Sikat Puluhan Preman Pelaku Pungli di Banjarbaru
apahabar.com

Tak Berkategori

Viral! Sentil Omnibus Law, Video DPO Bintang Emon Ditonton Jutaan Kali
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com