Ibadah Ramadan di Banjarbaru Diperbolehkan dengan Prokes, Petasan Jangan! Bawaslu Kalsel Tanggapi Santai Aduan Denny Indrayana ke Pusat Kronologi Lengkap Penemuan Jasad Tak Utuh di Gang Jemaah II Banjarmasin Mudik Dilarang, Terminal Pal 6 Banjarmasin Tutup Rute Antarkabupaten-kota Mudik Ramadan Dilarang, Pertamina Kalimantan Tambah 3 Persen Pasokan Gas

Ketahui Kunci Merawat Tanaman Hias Si Janda Bolong

- Apahabar.com Selasa, 13 Oktober 2020 - 16:06 WIB

Ketahui Kunci Merawat Tanaman Hias Si Janda Bolong

Tanaman hias janda bolong mudah perawatannya. Namun ada beberapa trik untuk merawat janda bolong kesayangan. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Janda bolong tanaman hias yang sangat diminati. Tanaman ini termasuk dalam golongan Monstera memiliki beberapa varian, beberapa variannya pun bisa dijual dengan harga yang mahal yaitu mencapai Rp100 juta per pohonnya.

Janda bolong merupakan keluarga dari tanaman Monstera yang berasal dari Amerika Tengah. Monstera populer berkat lubang-lubang alami pada daunnya dan dijuluki ‘Swiss Cheese Plant’.

Lubang-lubang alami ini mirip dengan lubang pada keju Swiss. Monstera yang dipelihara sebagai tanaman hias terbagi menjadi dua yakni, Monstera deliciosa (M. deliciosa) dan Monstera adansonii (M. adansonii).

“Monstera itu adalah tanaman yang cocok dipakai di indoor plants, karena perawatannya tidak butuh banyak matahari,” kata Satya Putra, ahli biologi dan seniman lansekap dikutip apahabar.com dari CNN Indonesia.

“Kalau kebanyakan matahari malah gosong.”

Selain itu, Satya juga mengungkapkan bahwa perawatan Monstera termasuk janda bolong juga termasuk mudah. Ditambahkannya, kunci perawatan tanaman hias ini adalah trimming atau pemangkasan.

Triming atau pemangkasan ini sebut-sebut bakal mempercepat perbanyakan tanaman hias janda bolong. Caranya, adalah dengan stek batang. Anda hanya perlu memotong batang dan daun yang sudah memiliki akar kecil.

Setelah dipotong, cabang yang berakar dimasukkan ke dalam media air selama seminggu. Setelah seminggu, pindahkan tanaman ke dalam pot yang berisi campuran sekam bakar, sekam mentah, dan pasir. Biarkan tanaman ini selama dua minggu.

Usai memindahkan tanaman ke dalam pot, maka perhatikan penyiramannya. “Ketika menyiram maka harus disiram sampai kenyang. Siram tanahnya sampai air menetes dari lubang di bawah potnya,” ucapnya.

“Kalau kurang air tanaman hiasnya bisa layu, tapi kalau kebanyakan akarnya bisa busuk.”

Pemupukan juga harus diperhatikan untuk menanam janda bolong dan varian Monstera lainnya. Satya menyarankan untuk memakai pupuk butiran sehingga tanaman hias tak kelebihan nutrisi yang bisa berakibat pada daun-daun yang terbakar atau gosong.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

2019 Tahun Babi Tanah, Banyak Mobil dan Motor Baru yang Berlari Kencang Tapi Susah Belok
apahabar.com

Gaya

5 Langkah Pertolongan Pertama Ketika Luka
apahabar.com

Gaya

Luncurkan Ramadhan Fair dan Late Night Sale, Duta Mall Banjarmasin Tawarkan Diskon 70 Persen
Diisolasi karena Wabah Corona, Intip 7 Kelakuan Unik Penduduk Wuhan

Gaya

Diisolasi karena Wabah Corona, Intip 7 Kelakuan Unik Penduduk Wuhan

Gaya

Kue Masubah Punya Pelanggan Tetap
apahabar.com

Gaya

60 Persen Varietas Kopi di Dunia Terancam Punah
apahabar.com

Gaya

Hadir di Podcast Deddy Corbuzier, Raffi Ahmad Dituding Jual Anak, Nama Rafathar Trending di Twitter
apahabar.com

Gaya

Bersama Andre Taulany di Tema Indonesia, Sule Buka Alasan Cintai Nathalie Holscher
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com