Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru Kena PHP, Buruh Tebar Ancaman ke Wakil Rakyat Kalsel di Senayan

Ketahui Kunci Merawat Tanaman Hias Si Janda Bolong

- Apahabar.com Selasa, 13 Oktober 2020 - 16:06 WIB

Ketahui Kunci Merawat Tanaman Hias Si Janda Bolong

Tanaman hias janda bolong mudah perawatannya. Namun ada beberapa trik untuk merawat janda bolong kesayangan. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Janda bolong tanaman hias yang sangat diminati. Tanaman ini termasuk dalam golongan Monstera memiliki beberapa varian, beberapa variannya pun bisa dijual dengan harga yang mahal yaitu mencapai Rp100 juta per pohonnya.

Janda bolong merupakan keluarga dari tanaman Monstera yang berasal dari Amerika Tengah. Monstera populer berkat lubang-lubang alami pada daunnya dan dijuluki ‘Swiss Cheese Plant’.

Lubang-lubang alami ini mirip dengan lubang pada keju Swiss. Monstera yang dipelihara sebagai tanaman hias terbagi menjadi dua yakni, Monstera deliciosa (M. deliciosa) dan Monstera adansonii (M. adansonii).

“Monstera itu adalah tanaman yang cocok dipakai di indoor plants, karena perawatannya tidak butuh banyak matahari,” kata Satya Putra, ahli biologi dan seniman lansekap dikutip apahabar.com dari CNN Indonesia.

“Kalau kebanyakan matahari malah gosong.”

Selain itu, Satya juga mengungkapkan bahwa perawatan Monstera termasuk janda bolong juga termasuk mudah. Ditambahkannya, kunci perawatan tanaman hias ini adalah trimming atau pemangkasan.

Triming atau pemangkasan ini sebut-sebut bakal mempercepat perbanyakan tanaman hias janda bolong. Caranya, adalah dengan stek batang. Anda hanya perlu memotong batang dan daun yang sudah memiliki akar kecil.

Setelah dipotong, cabang yang berakar dimasukkan ke dalam media air selama seminggu. Setelah seminggu, pindahkan tanaman ke dalam pot yang berisi campuran sekam bakar, sekam mentah, dan pasir. Biarkan tanaman ini selama dua minggu.

Usai memindahkan tanaman ke dalam pot, maka perhatikan penyiramannya. “Ketika menyiram maka harus disiram sampai kenyang. Siram tanahnya sampai air menetes dari lubang di bawah potnya,” ucapnya.

“Kalau kurang air tanaman hiasnya bisa layu, tapi kalau kebanyakan akarnya bisa busuk.”

Pemupukan juga harus diperhatikan untuk menanam janda bolong dan varian Monstera lainnya. Satya menyarankan untuk memakai pupuk butiran sehingga tanaman hias tak kelebihan nutrisi yang bisa berakibat pada daun-daun yang terbakar atau gosong.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Tips Keselamatan Berkendaraan Saat Musim Hujan
apahabar.com

Gaya

Anjuran Rasulullah dalam Menjaga Kesehatan Gigi
apahabar.com

Gaya

Mengenal Fetisisme, Gangguan yang Diduga Menjangkit Maling BH di Teluk Dalam
apahabar.com

Gaya

Danau Matahari Bulan, Surga Gowes di Taiwan

Gaya

Gangguan Kesehatan, Cek 9 Kebiasaan Tidur Anda
apahabar.com

Gaya

Oppo Reno 2 Series Dirilis, Cek Harga dan Spesifikasinya
apahabar.com

Gaya

Tips Menumbuhkan Minat Baca Anak Ala Rima Anjani
apahabar.com

Gaya

Bottle2Fashion, Inisiatif Pemanfaatan Daur Ulang Botol Plastik untuk Fesyen
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com