Sidang Kasus Sabu 300 Kg di Banjarmasin, 4 Terdakwa Terancam Hukuman Mati! Tipu-Tipu Oknum DLH Banjarmasin, Sekantoran Diutangi Ratusan Juta Tipu Belasan Penyapu Jalan, Oknum ASN di Banjarmasin Akhirnya Mengaku! Berstatus Waspada, PVMBG Sebut Aktivitas Gunung Semeru Masih Fluktuatif Kejari Banjarbaru Musnahkan Ratusan Gram Narkotika dan Barbuk Tindak Pidana Tetap Lainnya

Keterwakilan Perempuan di BPD Batola Lampaui Kuota Nasional

- Apahabar.com Kamis, 22 Oktober 2020 - 20:17 WIB

Keterwakilan Perempuan di BPD Batola Lampaui Kuota Nasional

Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani AS, bersama anggota BPD perwakilan perempuan dari Kecamatan Tamban. Foto-Humpro Setda Batola

apahabar.com, MARABAHAN – Selain dipimpin bupati perempuan, tingkat keterwakilan perempuan dalam Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Barito Kuala juga cukup tinggi.

193 desa di Batola sudah menyelesaikan pemilihan BPD yang berlangsung serentak 29 September 2020. Terdapat perbedaan pelaksanaan dibanding pemilihan BPD sebelumnya.

Selain mewajibkan keterwakilan perempuan, mekanisme pemilihan dapat menggunakan pemilihan langsung atau musyawarah perwakilan.

Dari 193 desa, tercatat 127 desa menggunakan mekanisme pemungutan suara dengan pemilihan langsung. Sedangkan 66 desa menggunakan opsi musyawarah perwakilan.

Terutama keterwakilan perempuan, hasil yang diperoleh terbilang memuaskan. Terpilih 47 persen perwakilan perempuan atau melebihi kuota nasional sebesar 30 persen.

“Ini sesuatu yang luar biasa. Sepertinya paradigma pemikiran masyarakat sudah bertransformasi kearah konstruksi sosial dalam hal persamaan hak, keinginan dan kesempatan gender,” ungkap Bupati Hj Noormiliyani AS.

“Semoga wakil-wakil perempuan yang terpilih dapat membuktikan diri, lantaran BPD mempunyai kemampuan untuk check and balances dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa,” tambahnya.

Rangkaian proses kerja BPD di Batola diawali dengan pelantikan yang berlangsung 8 Oktober. Selanjutnya semua perwakilan telah menjalani pelatihan pra tugas.

Kecamatan terkini yang melaksanakan pelatihan pra tugas adalah Mekarsari dan Tamban, Kamis (22/10).

Anggota BPD terpilih dari Mekarsari berjumlah 57 orang, 26 di antaranya perempuan. Sedangkan keterwakilan perempuan di Tamban mencapai 41 orang dari total 93 anggota terpilih.

“Figur Bupati yang sukses menyemangati perempuan-perempuan di Tamban untuk ikut berkiprah membangun daerah melalui BPD,” sahut Agus Supriyadi, Camat Tamban.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Batola

Update Covid-19 di Batola, Hasil Tracking di Perkebunan Temukan 5 Pasien Baru
apahabar.com

Batola

Tunggu Hasil PCR, Operasional IGD Abdul Aziz Marabahan Tertunda
apahabar.com

Batola

Angin Kencang Mengamuk di Alalak, Puluhan Rumah Rusak
apahabar.com

Batola

Uji Publik DPS, KPU Barito Kuala Tindaklanjuti Analisis Bawaslu
apahabar.com

Batola

Masuki Tahun Keempat Kepemimpinan, Noormiliyani Tekankan Kalimat Inspirasi Presiden AS
apahabar.com

Batola

Mirip Organ Kewanitaan, Begini Khasiat Bunga Telang dari Danda Jaya Batola

Batola

Tiga Perwira di Polres Barito Kuala Bergeser
apahabar.com

Batola

Hasil Integrasi SKD/SKB Diumumkan, 2 Formasi CPNS di Barito Kuala Tetap Kosong
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com