Dikejar Polisi, ASN Buang Sabu dari Jendela Mobil di Banjarmasin BREAKING NEWS! Kabar Duka, Ananda Suami Mama Lita MasterChef Meninggal Dunia Geger Buaya Pemangsa Petambak di Kotabaru Muncul ke Permukaan Happy Wedding! Plt Gubernur Kalsel Resmi Nikahi Pramugari KH Miftachul Achyar Terpilih Jadi Ketua Umum MUI, Gantikan Ma’ruf Amin

Kisah Malik bin Dinar Bertemu Burung Pembawa Roti

- Apahabar.com Selasa, 27 Oktober 2020 - 18:13 WIB

Kisah Malik bin Dinar Bertemu Burung Pembawa Roti

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN – Diceritakan dalam buku 40 Kisah Pengantar Anak Tidur oleh Najwa Husein Abdul Aziz yang dikutip dari Republika, suatu ketika Malik bin Dinar sedang berpergian untuk menunaikan haji.

Ketika di perjalanan, dia melihat seekor burung yang diparuhnya terdapat sepotong roti. Melihat itu, dengan takjubnya dia bergumam, “Demi Allah, saya akan memperhatikan apa yang akan dikerjakan burung itu dengan sepotong rotinya.”

Malik bin Dinar mengikuti burung itu dan sampailah saat burung hinggap di depan kakek yang terikat. Lalu, burung itu segera menyuapi kakek dengan roti sedikit demi sedikit.

Setelah menyuapi, burung itu terbang untuk mengambil air yang dia taruh di paruhnya. Kemudian burung itu menuangkannya ke mulut kakek. Malik bin Dinar mendekati kakek itu dan bertanya, “Hai orang tua, apa yang terjadi denganmu?”

Kakek pun menjawab, “Seluruh harta saya dirampas oleh perampok. Kemudian saya diikat di sini sampai lima hari saya harus menahan lapar. Tapi, saya sabar dengan cobaan ini dan selalu berdoa kepada Allah. ‘Ya Allah yang selalu mengabulkan doa orang yang sedang kesusahan, saya sedang kesusahan ya Allah, kasihilah saya.’ Maka Allah mengutus burung ini.

Setelah itu, Malik bin Dinar membuka ikatan kakek dan mereka berjalan bersama untuk pergi haji. Dalam cerita tersebut, dapat diketahui, Allah mengabulkan doa orang yang bertakwa dan orang yang kesusahan. Sebagaimana Allah menyebut dalam firman-Nya surat An-Naml ayat 62:

“Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya).”

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Hari Jum’at, Inilah Kebiasaan Rasulullah
apahabar.com

Hikmah

Ada 5 Keutamaan Membayar Zakat
apahabar.com

Habar

Update Haul Sekumpul ke 15: Desa Pesayangan Selatan Dapat Sumbangan 4 Ekor Sapi dan Tambah 2 Dapur Umum
apahabar.com

Hikmah

Saat Imam Ar-Razi Kaitkan Ampunan dengan Surga
apahabar.com

Habar

Sukses Gelar Umrah Tahap II, Arab Saudi Persiapkan untuk Jemaah Asing
apahabar.com

Habar

Sesali Perang Badar, Anas bin Nadhar Jemput Syahid di Perang Uhud
apahabar.com

Habar

Arab Saudi Terima Rombongan Umrah Perdana Hari Ini
apahabar.com

Hikmah

Allah SWT Pemilik Hidayah Satu-Satunya, Maka Memohonlah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com