Lari ke Kaltim, Terduga Buronan Kalsel Jadi Buruan di Hutan Samboja! Hasil PSU di Kabupaten Banjar; BirinMu Menang Besar, Ini Rinciannya Harga Minyak Terdongkrak Ramalan Kenaikan Permintaan DITANGKAP! Terduga Pembunuh Sopir Truk PT BKB di Tapin Kalsel Fakta Baru Kasus Pembunuhan Sopir Truk di Jalan Hauling Tapin

Kisah Malik bin Dinar Bertemu Burung Pembawa Roti

- Apahabar.com Selasa, 27 Oktober 2020 - 18:13 WIB

Kisah Malik bin Dinar Bertemu Burung Pembawa Roti

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN – Diceritakan dalam buku 40 Kisah Pengantar Anak Tidur oleh Najwa Husein Abdul Aziz yang dikutip dari Republika, suatu ketika Malik bin Dinar sedang berpergian untuk menunaikan haji.

Ketika di perjalanan, dia melihat seekor burung yang diparuhnya terdapat sepotong roti. Melihat itu, dengan takjubnya dia bergumam, “Demi Allah, saya akan memperhatikan apa yang akan dikerjakan burung itu dengan sepotong rotinya.”

Malik bin Dinar mengikuti burung itu dan sampailah saat burung hinggap di depan kakek yang terikat. Lalu, burung itu segera menyuapi kakek dengan roti sedikit demi sedikit.

Setelah menyuapi, burung itu terbang untuk mengambil air yang dia taruh di paruhnya. Kemudian burung itu menuangkannya ke mulut kakek. Malik bin Dinar mendekati kakek itu dan bertanya, “Hai orang tua, apa yang terjadi denganmu?”

Kakek pun menjawab, “Seluruh harta saya dirampas oleh perampok. Kemudian saya diikat di sini sampai lima hari saya harus menahan lapar. Tapi, saya sabar dengan cobaan ini dan selalu berdoa kepada Allah. ‘Ya Allah yang selalu mengabulkan doa orang yang sedang kesusahan, saya sedang kesusahan ya Allah, kasihilah saya.’ Maka Allah mengutus burung ini.

Setelah itu, Malik bin Dinar membuka ikatan kakek dan mereka berjalan bersama untuk pergi haji. Dalam cerita tersebut, dapat diketahui, Allah mengabulkan doa orang yang bertakwa dan orang yang kesusahan. Sebagaimana Allah menyebut dalam firman-Nya surat An-Naml ayat 62:

“Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya).”

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Kisah Foto Guru Sekumpul Selamat dari Kebakaran Hebat di Mahligai Banjarmasin
apahabar.com

Religi

Tak Banyak yang Tahu, Datu Sanggul Pernah Menyalurkan Ilmu Melalui Sastra
apahabar.com

Religi

40 Unit Toko Digratiskan untuk Haul Sekumpul, Catat Alamatnya
apahabar.com

Hikmah

Hidayah Islam Menyentuh Hati Putri Tokoh Muslim China Ini
apahabar.com

Hikmah

Hikmah Wafatnya Putra Rasulullah SAW di Usia Muda
apahabar.com

Hikmah

Ini Keistimewaan Lailatul Qadar
apahabar.com

Religi

Menjelang Haul Syekh Samman, Berikut Imbauan Ketua Panitia Untuk Jemaah
apahabar.com

Hikmah

Umar bin Khattab Tahu Tempat Abu Sufyan Menyembunyikan Uang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com