Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Oknum Simpatisan Terjerat Sabu di Kotabaru, FPI Bantah Anggotanya Cabuli Murid, Oknum Guru Olahraga di SD Banjarbaru Langsung Dipecat! Ketuanya Buron, Joko Pitoyo Ambil Alih Nasdem Tanah Laut Laporan Denny Rontok di Bawaslu Pusat, Tim BirinMu Endus Motif Lain

KPU Siapkan Rekapitulasi Elektronik, Menkominfo Johnny G: Kualitas Internet Indonesia Sudah Mampu

- Apahabar.com Jumat, 30 Oktober 2020 - 14:49 WIB

KPU Siapkan Rekapitulasi Elektronik, Menkominfo Johnny G: Kualitas Internet Indonesia Sudah Mampu

Pilkada Serentak 2020. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam mempersiapkan rekapitulasi berbasis elektronik di Pilkada Serentak 2020 mendapat dukungan penuh dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate.

Menkominfo bahkan mengatakan kualitas internet di Indonesia sudah mampu untuk menopang penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 yang berbasis digital atau teknologi seperti rekapitulasi elektronik.

Menkominfo menjelaskan, selama ini Kominfo telah membangun infrastruktur komunikasi dan informasi di seluruh daerah Indonesia. Sehingga penyelenggara pemilu bisa memanfaatkannya untuk Pemilihan.

Secara teknis teknologi yang sudah dimiliki Indonesia saat ini, termasuk di dalamnya sertifikat elektronik dan quality of service dari sinyal bandwidth yang tersedia, sudah memungkinkan kita untuk melakukan proses pemilihan kepala daerah secara digital.

“Kita minta KPU memetakan lokasi pendirian TPS jika menggelar Pemilihan secara digital. Sehingga sinyal 4G yang tersedia bisa dimanfaatkan dengan baik.

Kami mendukung penuh penyelenggara Pemilu yang akan menerapkan Pemilihan Serentak berbasis digital,” ujar Menkominfo, kutip apahabar.com dari Okezone.

Menkominfo mengatakan memang sudah saatnya pemilu di Indonesia beralih ke teknologi yang lebih tinggi. Pemilihan 2020 bisa dimanfaatkan sebagai tahap uji coba agar teknologi informasi bisa diterapkan di Pemilu 2024.

Sebelumnya, pihak KPU maupun Kominfo sudah bersepakat saling menopang dalam mempersiapkan infrastruktur jaringan internet di seluruh wilayah di Indonesia yang melaksanakan Pemilihan Serentak 2020.

Terkait implementasi rekapitulasi elektronik, KPU meminta Kominfo menyediakan jaringan internet pada level 4G agar memudahkan proses pengiriman hasil rekapitulasi di TPS.

Kominfo telah meminta KPU melakukan pemetaan titik kordinat TPS yang nantinya akan diintegrasikan dengan data koordinat wilayah-wilayah di Indonesia yang sudah memiliki jaringan 4G.

Adapun untuk daerah-daerah remote seperti pegunungan atau daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal), pihak Kominfo maupun KPU masih mencari solusi untuk menangani masalah jaringan internet di daerah tersebut.

Salah satu solusi yang diusulkan oleh KPU untuk menangani persoalan jaringan adalah meminta Kominfo mengoperasikan network mobile atau mobil satelit yang bisa berpindah-pindah tempat untuk memperkuat jaringan di daerah-daerah tertentu.

Polling Pilkada 2020
Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Nasional

Aneh, Senpi Laras Panjang Penembak Polisi di Tala Bisa Diisi Bermacam Peluru
apahabar.com

Nasional

Pemindahan Ibu Kota Indonesia Jadi Atensi Warganet: ‘Ibu kota boleh pindah, tapi jangan hatimu’
apahabar.com

Nasional

IDI Kalsel Sesalkan Video Anji dan Hadi Pranoto Soal Obat Covid-19
apahabar.com

Nasional

Nasib Nuril Kini Tergantung PK
apahabar.com

Nasional

Remdesivir Siap Edar, Tetap Diuji Klinis pada Pasien Covid-19
apahabar.com

Nasional

Ibnu Sina: Ustaz Arifin Ilham Teladan Umat Islam
apahabar.com

Nasional

Banjir Jakarta, Beberapa Jalan Masih Tergenang
apahabar.com

Nasional

Jelang Puncak Haul Guru Sekumpul, Ini Prediksi Pihak Bandara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com