Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel 4.840 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Bumbu Pengungsi Banjir Bertambah, Kalsel Perpanjang Status Tanggap Darurat

Kunjungi Lokasi Budidaya Jamur Tiram, Syafruddin H Maming Siapkan Program Khusus

- Apahabar.com Senin, 12 Oktober 2020 - 20:57 WIB

Kunjungi Lokasi Budidaya Jamur Tiram, Syafruddin H Maming Siapkan Program Khusus

Syafruddin H Maming saat mendatangi lokasi budidaya jamur tiram di Desa Sukamaju, Batulicin, Senin (12/10). Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Calon Bupati Tanah Bumbu nomor urut 1 Syafruddin H Maming sedang menyiapkan program khusus untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Untuk UMKM, akan dibantu pembiayaan mengurus perizinan dan sertifikasi, sehingga UMKM di Tanah Bumbu punya legalitas yang jelas. Ini supaya UMKM di Tanah Bumbu bisa berkembang dan besar,” kata Syafruddin saat mendatangi lokasi budidaya jamur tiram di Desa Sukamaju, Batulicin, Senin (12/10).

Pria yang kerap disapa Cuncung itu menjelaskan sertifikasi UMKM penting untuk legalitas. Dengan legalitas, masyarakat punya peluang lebih besar untuk meningkatkan modal.

“Ini yang saya pelajari di DPR RI. Bantuan untuk UMKM terutama yang terimbas Covid-19 itu sebenarnya besar dan banyak sekali. Kenapa di Tanah Bumbu tidak banyak yang dapat? Karena legalitasnya masih banyak yang belum jelas. Ini yang harus kita bantu pembiayaannya,” sambung Pria kelahiran Pulau Burung 43 tahun lalu.

Dia menjelaskan kesalahan yang sering kali dilakukan oleh pemerintah daerah saat berupaya mengembangkan UMKM adalah dengan memberikan modal awal saja.

Sementara legalitas serta kualitas barang UMKM tidak pernah terkontrol, sehingga ketika modal habis, UMKM akan mati.

“Kita tidak bisa hanya membantu modal awal saja. Tidak mungkin juga kita setiap hari membeli produknya. Makanya UMKM ini harus diajak besar bersama, legalitas yang jelas dan peningkatan kualitas produk,” tuturnya.

Pemilik UMKM budidaya jamur tiram Desa Sukamaju, Supriyadi juga mengamini hal tersebut.

Menurutnya, bantuan modal memang diperlukan di masa awal membangun UMKM. Namun, aspek legalitas juga punya peran penting untuk pengembangan UMKM.

“Semoga kalau Pak Syafruddin terpilih, UMKM di Tanah Bumbu ini bisa lebih berkembang pesat dan modalnya terus bergulir,” ungkap Supriyadi.

Selain menggelar kampanye sekaligus sosiasiasi Pilkada di Desa Sukamaju, Calon Bupati Calon Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Syafruddin H Maming – Muhammad Alpiya Rahman (SHM – MAR) juga menyambangi lima titik lokasi kampanye di Kecamatan Batulicin.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Diisukan Mundur Lagi di Pilwali Banjarbaru 2020, Simak Tanggapan Ovie
apahabar.com

Politik

Ketua ICMI : 1-2 Juta Peserta Reuni 212 Hadir Bukan Jaminan Menang Pilpres

Politik

100 Beasiswa Banjar Bersinar untuk Santri Berprestasi
apahabar.com

Politik

Survei Indikator, Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Unggul 20,1 Persen
apahabar.com

Politik

Caleg Datangi Makam, Berdoa Menang Pileg
apahabar.com

Politik

Iklan Kampanye Masih Banyak Kesalahan
apahabar.com

Nasional

Indonesia Ingin Tiru Korsel Sukses Pemilu di Tengah Pandemi Covid-19
apahabar.com

Politik

PW GP Ansor Kalsel Siap Deklarasi Gerakan  ‘Rabu Putih’
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com