Refleksi Setahun Jokowi-Ma’ruf, BEM Kalsel Ancam Demo Tiap Pekan NASA Tunjuk Nokia untuk Bangun Jaringan Seluler di Bulan, 2024 Kirim Manusia Bermukim di Sana Demo Setahun Jokowi-Ma’ruf, Pelajar di Banjarmasin Kepergok Bawa Miras Jadwal Liga Champions Liverpool Vs Ajax, Klopp Pastikan Van Dijk Bakal Lebih Tangguh Setahun Jokowi-Ma’ruf, Map Merah Penuhi Jalanan Banjarmasin

Kunjungi Warung Batamuan, Gendong Ulun Program Unggulan AnandaMU Bantu UMKM Banjarmasin

- Apahabar.com Senin, 12 Oktober 2020 - 10:21 WIB

Kunjungi Warung Batamuan, Gendong Ulun Program Unggulan AnandaMU Bantu UMKM Banjarmasin

Calon Wakil Wali Kota Banjarmasin Ustadz H Mushaffa Zakir Lc bersama pedagang di Warung Betamuan, Banjarmasin. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BANJARMASIN – Pandemi Covid-19 telah berpengaruh negatif terhadap semua sektor, termasuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Tidak sedikit dari mereka menutup usaha alias gulung tikar lantaran merosotnya pendapatan karena sepinya pembeli.

Hal itu ternyata juga dirasakan puluhan pedagang Warung Batamuan di Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Terkait hal tersebut, Calon Wakil Wali Kota Banjarmasin Ustadz H Mushaffa Zakir Lc berkomitmen untuk membantu pemulihan dan pengembangan UMKM di Kota Banjarmasin melalui program Gerakan Dorong Usaha Lokal Untuk Naik Kelas atau Gendong Ulun.

Gendong Ulun sendiri adalah salah satu dari 4 program unggulan dari Calon Wali Kota Banjarmasin Hj Ananda dan Wakil Wali Kota Banjarmasin Ustadz H Mushaffa Zakir.

Sebelumnya, pasangan nomor urut 4 dengan tagline Berbenah Bersama di Pilawali Banjarmasin 2020 ini, juga memiliki program unggulan lainnya, yakni bertahan pulih bangkit hingga Covid 19 selesai atau disingkat Batapih Bahalai.

Emak Berdaya Tangguh Pandai dan Berpenghasilan (Ember Tapasan) dan Bantuan Pendidikan Selama Pandemi (Bapespa).

“Di Program Gendong Ulun nantinya, pelaku UMKM akan kita bantu mulai dari pelatihan managemen usahanya, pemasaran produk dan jasanya, hingga bantuan permodalan usaha dengan bekerjasama dengan perbankan hingga BUMN,” ungkap Ustadz H Mushaffa Zakir Lc disela kunjungan ke Warung Batamuan, Minggu (11/10).

Baginya UMKM sendiri sangatlah strategis perannya dalam rangka mendorong roda perekonomian di bidang mikro sekaligus menyerap tenaga kerja di sektor informal.

Karena itulah pengembangan usaha mereka menjadi salah satu konsen utama pasangan AnandaMu yang mewakili kaum ibu dan millenial tersebut.

“Bahkan nantinya di Program Gendong ulun, tidak hanya UMKM yang sudah berkembang saja yang akan dibantu. Tapi masyarakat yang baru memulai usahanya pun juga akan difasilitasi melalui Rumah Perezekian,” tambah Hj Ananda, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin tiga periode itu.

Sementara itu, salah satu pedagang Warung Batamuan, Acil Yurna berharap, nantinya ada perhatian lebih dari pemerintah kepada pelaku UMKM seperti dirinya, khususnya dalam hal permodalan usaha.

“Sempat sepi juga omset penjualan akibat Pandemi Covid-19, namun sekarang sudah mulai ramai. Yang kami butuhkan saat ini bantuan permodalan agar usaha kami bisa berkembang lebih baik lagi,” harapnya.

Dirinya mengaku saat ini cukup terbantu dengan kontribusi salah satu tokoh masyarakat di sini, yang menyediakan dan menggratiskan lahan milik pribadinya untuk masyarakat mencari nafkah dengan cara berjualan di Warung Batamuan.

“Untungnya lahan tidak sewa, kami sangat terbantu dalam hal itu. Semoga nantinya lapak-lapak gratis untuk berjualan seperti ini juga dapat disediakan oleh Pemerintah agar semakin banyak UMKM yang mudah menjual produknya ke pasaran,” pungkasnya.(*)

Editor: Zainal - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

DPS Pilgub Kalsel 2020 Terjun Bebas Dibandingkan DPT Pileg 2019
apahabar.com

Politik

Rabu Depan, Dua Kader DPD PDIP Diajukan ke DPP Sebagai Wakil Ketua DPRD Kalsel
apahabar.com

Politik

5 Survei Terbaru, Jokowi Tetap Unggul
apahabar.com

Politik

Berkas Diterima KPU, Paslon Ibnu Sina-Ariffin Optimis Menangi Pilwali Banjarmasin 2020
apahabar.com

Politik

Ingat, Prajurit Perbatasan Harus Netral..!!
apahabar.com

Politik

Hitung Cepat LSI Denny Ja, PSI Cs Berguguran
apahabar.com

Politik

Tahapan Pilkada Dimulai, KPU Banjar Kekurangan APD
apahabar.com

Politik

Abdul Hadi Mantap Maju di Pilkada Balangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com