Buntut Demo, Koordinator BEM Kalsel Ahdiat Zairullah Resmi Tersangka Mubadala Petrolium Sosialisasi Pemboran Sumur Eksplorasi Yaqut-1 Upah Minimum Naik Rp 10 Ribu, Buruh Kalsel Meradang Koordinator BEM Kalsel Tersangka, Kuasa Hukum Siap Melawan BREAKING NEWS: Wakil Rektor ULM Penuhi Panggilan Polda Kalsel

Lewat Metode Fermentasi Pakan, Indocement Dukung Usaha Peternak Kambing di Kotabaru

- Apahabar.com Sabtu, 10 Oktober 2020 - 22:55 WIB

Lewat Metode Fermentasi Pakan, Indocement Dukung Usaha Peternak Kambing di Kotabaru

Peternak kambing di Kotabaru saat mendapatkan pelatihan metode fermentasi pakan menghadapi musim kemarau. Foto-Agus for apahabar.com

apahabar.com, KOTABARU – Memasuki musim kemarau, tradisi susah mencari pakan pastinya dialami mayoritas peternak, tak terkecuali di Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Mengantisipasi kondisi itu terjadi, PT Indocement Tunggal Prakarsa Plant Tarjun berupaya ikut serta mencarikan solusi terbaik untuk peternak. Khususnya bagi peternak kambing.

Caranya, manajemen perusahaan produsen semen ini menggelar pelatihan pembuatan pakan dengan metode fermentasi bagi para peternak, di Desa Serongga, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kotabaru.

Menjadi tujuan utamanya, pelatihan mampu membantu para peternak tidak mengalami kendala dalam menyediakan stok pakan ternaknya. Termasuk di musim kemarau.

Selain itu, sebagai peternak di desa wilayah mitra perusahaan peternak kambing dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi keluarga dari usaha peternakan kambing.

Sementara, kegiatan itu merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) melalui Pusat Pelatihan, Pemberdayaan Masyarakat (P3M).

Salah satu peternak mengatakan, menjadi kendala dihadapi peternak saat datangnya musim kemarau yakni pakan-pakan alam mulai sulit dicari.

Selain itu, peternak juga harus menempuh lokasi jauh hanya untuk mencari pakan ternak.

“Bahkan, ada sebagian peternak guna menjaga stabilitas ternaknya, terpaksa menjual ternak. Padahal, belum layak untuk mereka jual,” ujar Sumarji, salah seorang peternak asal Desa Tegalrejo itu.

Sementara, PPL bidang peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Kotabaru, M Taufik menyatakan, tentunya kegiatan pelatihan sangat positif untuk dilakukan para peternak kambing yang berada di bawah binaan Indocement.

“Kami dari Dinas Pertanian Kotabaru secara langsung juga bertanggungjawab terkait dengan kesehatan hewannya dan secara rutin untuk mengontrol kesehatan hewannya agar lebih baik lagi dalam pengembangan ke depan,” ujarnya.

Kepala Desa Serongga Akhyar Maulana, mengakui apa yang dilakukan Indocement begitu membantu masyarakat.

Langkah tersebut menjadi awal berinovasi peternakan apalagi dengan di tengah situasi pandemi Covid-19, ia berharap dapat meningkatkan swasembada pangan di daerah.

“Terimakasih untuk Indocement yang telah menggelar pelatihan ini, dan secara tidak langsung dapat meningkatkan SDM peternak di daerah kami,” katanya.

Mewakili Management Indocement Tarjun, I Wayan Kedep Sudhiarta menjelaskan bahwa, pelatihan yang digelar merupakan salah satu upaya untuk membantu para peternak hewan kambing agar dapat terus meningkatkan usahanya sehingga perekonomian juga akan berimbas positif.

Sebagai, perusahaan tentunya akan memberikan support yang terbaik kepada masyarakat dalam pengembangan dan berinovasi dalam hal kemajuan.

“Jadi, ini merupakan salah satu program kami di perusahaan agar dapat membantu para peternak sehingga ke depan tidak ada lagi yang menemui kendala khususnya pada ketersediaan pakan di musim kemarau,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Geger! Pria di Sungai Andai Tewas di Tangan Anak Sendiri
apahabar.com

Hukum

Polisi Beberkan Kasus Paling Menonjol Selama Pandemi di Banjar
apahabar.com

Kalsel

Keseruan Kejuaraan Voli Persit Jelang HUT Kodim 1007 Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Bandara Tjilik Riwut Tutup, Kalsel Makin Rentan Covid-19

Borneo

Jadi Kurir Sabu, Kakek Terancam Mendekam Lama di Penjara
apahabar.com

Kalsel

Evaluasi PSBB Banjarmasin Tahap III, Fokus ke Tiga Kluster
apahabar.com

Kalsel

Wakil Ketua DPRD Kalsel Dukung Pemekaran Gambut Raya
apahabar.com

Kalsel

Siang Ini Hujan Lokal Sirami 5 Wilayah di Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com