Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian WHO Tetapkan Madinah Sebagai Kota Tersehat di Dunia, Simak Alasannya

Lewat Pertunjukan Virtual, Noormiliyani Semangati Seniman Barito Kuala

- Apahabar.com Selasa, 13 Oktober 2020 - 20:31 WIB

Lewat Pertunjukan Virtual, Noormiliyani Semangati Seniman Barito Kuala

Disiarkan melalui Aula SMKN 1 Marabahan, Disporbudpar Batola menggelar pertunjukan seni secara virtual. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Hidup di tengah pandemi justru membuat Dinas Kepemudaan Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Barito Kuala semakin kreatif.

Salah satunya ditunjukkan melalui pertunjukan kesenian daerah virtual yang diselenggarakan di Aula SMKN 1 Marabahan, Selasa (13/10).

Oleh karena virtual, pertunjukan tersebut disiarkan langsung melalui channel YouTube BudayaBatola. Tayangan berdurasi 1 jam 32 menit juga itu dapat ditonton melalui Facebook dengan nama akun yang sama.

“Melalui pagelaran seni daerah virtual ini, kami berharap seniman, khususnya dari kalangan muda, tetap memiliki motivasi untuk berkarya selama pandemi,” papar Bupati Batola Hj Noormiliyani AS.

“Kami pun berpikir mengemas acara hiburan Hari Jadi menjadi pertunjukan virtual. Bahkan bukan tak mungkin seniman lokal dikolaborasikan bersama musisi nasional,” tegasnya.

Selama 1 jam lebih, penonton disuguhkan lagu-lagu berbahasa Banjar seperti Ulek Marabahan, Uma Abah, dan Ayo Ke Batola, serta lagu dangdut Penasaran.

Keempat lagu tersebut dinyanyikan bergantian oleh Ana Saidatunnisa dan Rahmah. Mereka terpilih menjadi penampil berkat prestasi yang dikantongi.

Ana adalah juara Lagu Banjar Antar Pelajar Kalimantan Selatan dan anggota Gita Bahana Nusantara 2019. Sedangkan Rahmah merupakan perwakilan Banua di Panggung KDI 2019.

Mereka diiringi Banjarbakula yang mengkolaborasikan aransemen musik tradisional dengan kontemporer.

“Meskipun perdana dilaksanakan, respons masyarakat cukup baik dan diapresiasi sejumlah seniman di Batola. Lebih dari 600 total viewer di semua channel yang disediakan,” sahut Sabirin, Kabid Kebudayaan Disporbudpar Batola.

Rahmah termasuk yang menyambut positif pagelaran musik virtual. Terlebih selama pandemi, perempuan kelahiran Alalak ini tidak pernah lagi manggung.

“Sejak Maret 2020, ini merupakan penampilan pertama saya. Sebelumnya cuma cover lagu dan latihan vokal,” jelas Rahmah.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Batola

Dibangun Miliaran, Jembatan di Sungai Telan Besar Batola Proyek Mubazir
Covid-19

Batola

Covid-19 Masih Mengancam di Batola, Ini Buktinya
Sebuah Buku

Batola

Dari Sebuah Buku, Kepala Pertanahan Batola Soroti Kebijakan Tambang Negara
apahabar.com

Batola

Persiapan Hari Jadi, Pembangunan GOR di Batola Capai 80 Persen
apahabar.com

Batola

Raih Top BUMD Awards, Berikut Kinerja BPR Barito Kuala Kalsel
apahabar.com

Batola

Masih Pandemi, Sekolah di Batola Jajaki Opsi Pembelajaran Tatap Muka
apahabar.com

Batola

Puluhan Tahun Sepi, Murnianti Tetap Berjualan di Pasar Handil Bakti
Kubah Datuk Abdusshamad

Batola

Pertimbangkan Protokol Kesehatan, Kubah Datuk Abdusshamad Marabahan Ditutup Lagi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com