Sidang Kasus Sabu 300 Kg di Banjarmasin, 4 Terdakwa Terancam Hukuman Mati! Tipu-Tipu Oknum DLH Banjarmasin, Sekantoran Diutangi Ratusan Juta Tipu Belasan Penyapu Jalan, Oknum ASN di Banjarmasin Akhirnya Mengaku! Berstatus Waspada, PVMBG Sebut Aktivitas Gunung Semeru Masih Fluktuatif Kejari Banjarbaru Musnahkan Ratusan Gram Narkotika dan Barbuk Tindak Pidana Tetap Lainnya

Libur Panjang di Marabahan, Kelotok Susur Sungai Barito Dibikin Kewalahan

- Apahabar.com Sabtu, 31 Oktober 2020 - 20:50 WIB

Libur Panjang di Marabahan, Kelotok Susur Sungai Barito Dibikin Kewalahan

Jembatan Rumpiang menjadi salah satu titik yang difavoritkan pengunjung kelotok susur sungai. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Libur panjang sejak 28 November 2020, tak urung membuat awak kelotok susur sungai di Marabahan kewalahan.

Mereka nyaris tak menginjak darat selama seharian, lantaran kedatangan pengunjung yang membludak. Padahal dalam sehari, kelotok tersebut hanya menjalani tiga kali trip.

“Oleh karena cuma satu armada dan jumlah pengunjung meningkat selama libur panjang, akhirnya banyak yang tidak dapat dilayani,” ungkap Kadi, motoris kelotok susur sungai, Sabtu (31/10).

“Bahkan bisa saja sehari hanya dua kali perjalanan, lantaran hujan dan ombak Sungai Barito menjadi lebih besar,” imbuhnya.

Dalam setiap trip, wisatawan mendapat kesempatan selama 2 jam berada di atas kelotok. Dari enam titik yang dituju, spot Jembatan Rumpiang dan Mesjid Agung Al Anwar paling difavoritkan.

Selain melintasi enam titik, kelotok susur sungai yang diadakan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Barito Kuala ini juga menyediakan fasilitas karaoke mini.

“Sekarang terdapat titik tambahan di kedai terapung, sehingga wisatawan bisa makan dan minum, sembari sepuasnya mengambil foto di dekat Jembatan Rumpiang,” beber Kadi.

Aktivitas kelotok susur sungai sendiri sempat terhenti sejak Maret, menyusul peningkatan penyebaran Covid-19. Lantas dalam dua bulan terakhir, fasilitas ini diaktifkan kembali dalam protokol kesehatan.

“Sebelum pandemi Covid-19, setiap penumpang dikenakan tarif Rp10 ribu. Namun sekarang kami tidak lagi melayani penumpang perorangan,” jelas Kadi.

“Kami hanya menerima carteran atau rombongan dengan tarif Rp250 ribu. Artinya penumpang hanya berinteraksi dengan orang-orang yang dikenal. Diharapkan mereka pun mengetahui riwayat kesehatan masing-masing,” tambahnya.

Kemudian sebelum berangkat, setiap penumpang wajib menggunakan masker, cuci tangan dan menjalani pemeriksaan suhu badan.

“Kami juga hanya menerima maksimal 15 penumpang. Agar lebih mudah, penumpang lebih dulu melakukan reservasi,” pesan Kadi.

Selain dari Marabahan dan sekitarnya, kelotok susur sungai juga diminati warga kabupaten lain seperti Tapin, Hulu Sungai Selatan, dan Hulu Sungai Tengah.

Mereka kebanyakan menjadikan Marabahan sebagai tempat transit, sebelum melanjutkan liburan ke Banjarmasin atau Tanah Laut.

Namun tak sedikit pula yang memang berniat menyusuri Sungai Barito, karena sudah sering berlibur di pantai atau destinasi lain.

“Saya mengantar keluarga dari Banjarbaru. Mereka sudah lama ingin merasakan berkelotok di Sungai Barito,” ungkap Sari, warga Jalan AES Nasution Marabahan.

“Sasaran utama adalah mengambil foto yang berlatar belakang Jembatan Rumpiang. Kalau naik kelotok susur sungai, bisa berfoto sepuasnya,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Batola

Bersih-bersih Ala Satresnarkoba Batola, Tangkap Dua Pengedar Sabu di Anjir Pasar
apahabar.com

Batola

Bantu Bayi Hidrosefalus, Bupati Batola Juga Tekankan Evaluasi Pelayanan Kesehatan
apahabar.com

Batola

Komitmen Dukung Paman Birin, DPD Golkar Batola Pede Menang Besar
apahabar.com

Batola

Selama Lima Bulan, Pasien Covid-19 di Batola Mendekati 500 Orang
apahabar.com

Batola

Good Job! Lebih Separuh Pasien Covid-19 di Batola Sembuh
Apahabar.com

Batola

Pendisiplinan Protokol Kesehatan di Terminal Handil Bakti, Belasan Warga Terjaring
apahabar.com

Batola

Sah, Jumlah DPT Pilgub Kalsel di Barito Kuala 220.006 Orang
apahabar.com

Batola

Jelang Pilgub 2020, Jumlah Pemilih Sementara di Barito Kuala Merosot
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com