Heboh Dikira Disembunyikan Makhluk Gaib, Ibu Muda di HST Akhirnya Ditemukan BREAKING! Warga “Bagandang Nyiru” Cari Ibu Muda yang Hilang di Cukan Lipai HST Kades-BUMDes Saradang Tabalong Ancam Polisikan Warga Penyebar Berita Bohong Kalah 39 Ribu Suara, H2D Pinta MK Kesampingkan Ambang Batas Pacu Sinergitas, Bjb Sekuritas Tandatangani PKS dengan Mandiri Sekuritas

Libur Panjang, Ini Imbauan Pjs Wali Kota Banjarbaru Untuk Hindari Klaster Covid-19

- Apahabar.com Senin, 26 Oktober 2020 - 17:08 WIB

Libur Panjang, Ini Imbauan Pjs Wali Kota Banjarbaru Untuk Hindari Klaster Covid-19

Pjs Wali Kota Banjarbaru, Bernhard E Rondonuwu Sumber Ist

apahabar.com, BANJARBARU – Libur panjang, Pjs Wali Kota Banjarbaru, Bernhard E Rondonuwu ingatkan masyarakat yang akan berlibur untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
Libur panjang dan cuti bersama berlangsung pada 28 hingga 30 Oktober.
Warga yang akan berlibur di tempat wisata Banjarbaru diingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Masyarakat Kota Banjarbaru maupun wisatawan yang akan berlibur ke Kota Banjarbaru harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19, hal ini sebagai upaya bersama menjaga diri kita dan orang-orang disekitar kita,” ujar Pjs Wali Kota Banjarbaru, Bernhard E Rondonuwu Minggu (25/10) kemarin.

Bernhard menegaskan, kepada para pengelola tempat wisata dan tempat usaha lainnya untuk mematuhi ketentuan dalam Perwali Nomor 27 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.
Juga menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri terkait libur panjang.

“Pengelola tempat wisata dan lainnya agar memperhatikan Perwali No 27 terkait pencegahan Covid-19 dan surat edaran Mendagri tentang libur panjang,” pungkasnya.

Adapun Surat Edaran Mendagri Tito Karnavian ini bernomor 440/5876/SJ tentang Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada Libur dan Cuti Bersama Tahun 2020, berisi antara lain:
Pertama, menghimbau masyarakat selama melaksanakan libur dan cuti bersama agar sedapat mungkin menghindari melakukan perjalanan serta melakukan kegiatan dilingkungan masing-masing.

Kedua, dalam pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di lingkungan masing-masing, masyarakat diimbau agar tetap memperhatikan protokol kesehatan.
Ketiga, jika pelaksanaan liburan dan cuti bersama dilakukan dengan perjalanan keluar daerah, agar dilakukan test PCR atau Rapid Test untuk memastikan pelaku perjalanan bebas Covid-19 dan bagi yang positif, agar tidak melakukan perjalanan.

Keempat, setelah kembali dari perjalanan, disarankan kembali melakukan test PCR atau Rapid Test untuk memastikan bahwa pelaku perjalanan tetap dalam keadaan negatif Covid-19.
Kelima, setiap daerah agar memperkuat sistem pengawasan untuk mencegah penyebaran covid-19 dengan mengintensifkan Satgas Covid-19.

Keenam, mengidentifikasi tempat wisata yang menjadi sasaran liburan agar memiliki protokol kesehatan yang baik dan menerapkan protokol kesehatan kepada para pengunjung.
Ketujuh, Mengatur kegiatan seni budaya dan tradisi non-keagamaan di lingkungan masing-masing agar tidak terjadi kerumunan masa dalam bentuk apapun dan melanggar protokol kesehatan Covid-19.

Kedelapan, agar kepala daerah melakukan koordinasi dengan Forkopimda dan Stakeholder lainnya seperti Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pengelola Hotel, Tempat Wisata, Mall dan tempat usaha lainnya serta pihak lain yang dianggap perlu dalam rangka pencegahan dan penegakkan disiplin sesuai dengan aturanr yang berlaku.

Terakhir, mengoptimalkan peran Satgas Covid-19 dalam melaksanakan monitoring, pengawasan, dan penegakkan hukum.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

KNPI Banjarbaru

Banjarbaru

KNPI Banjarbaru Dukung Penuh Festival Salikur di Kota Idaman
apahabar.com

Banjarbaru

Positif Covid-19, 3 Anggota DPRD Banjarbaru Dikarantina
Kalselteng

Banjarbaru

BREAKING! Sebagian Wilayah Kalselteng Padam, Ternyata Ini Penyebabnya
Mayat

Banjarbaru

Temuan Mayat di Liang Anggang Hebohkan Warga
Banjir

Banjarbaru

Banjir di Landasan Ulin Selatan Meluas, 1.500 Warga Terdampak
Personel Polres Banjarbaru siaga di lokasi Perayaan Paskah. Foto-Istimewa

Banjarbaru

Ratusan Aparat Gabungan TNI-Polri Amankan Perayaan Paskah di Banjarbaru
apahabar.com

Banjarbaru

Pemkot Banjarbaru Ikuti FGD Pencegahan Perkawinan Usia Anak Via Zoom Meeting
Bangunan Pasar Bauntung Lama yang akan dibongkar. Foto-apahabar.com/Hasan

Banjarbaru

Pasar Bauntung Lama Akan Dibongkar, DLH Siap-siap Angkut Sisa Material
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com