Malu-maluin! Pemuda di Kotabaru Jambret Wanita demi Komix Terungkap, Korban Tewas Kecelakaan di Tapin Warga Wildan Banjarmasin INALILAHI Hujan Lebat, Pengendara Vario di Tapin Tewas 7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Banjir Masih Merendam Rumah Warga, Dinsos Tabalong Bagikan Sembako

Long Weekend, Peziarah di Makam Bung Karno Dibatasi

- Apahabar.com Kamis, 29 Oktober 2020 - 10:04 WIB

Long Weekend, Peziarah di Makam Bung Karno Dibatasi

Pengelola Makam Presiden berlakukan pembatasan peziarah di Long Weekend. Sumber: net

apahabar.com, BLITAR – Pengelola Makam Presiden RI pertama, Ir Soekarno atau Bung Karno membatasi jumlah pengunjung di dalam cungkup pada Long Weekend.

Dilansir detik.com, keramaian mulai terasa sejak pagi di area makam. Beberapa bus rombongan datang dari luar kota mulai memasuki pelataran parkir Pusat Informasi dan Pariwisata (PIPP) berjarak 200 meter dari areal MBK, pengunjung bisa berjalan kaki atau naik becak menuju lokasi.

Kabid Pengelola Kawasan Wisata Disparbud Pemkot Blitar, Heru Santoso mengatakan, jumlah pengunjung telah naik signifikan sejak sepekan. Dan diperkirakan akan melonjak tajam pada akhir pekan masa libur panjang.

“Ini mulai naik pengunjungnya. Kalau awal pandemi itu tidak sampai 100 per hari. Tapi sejak sepekan ini mulai naik, rata-rata 300 sampai 500,” kata Heru kepada detikcom, Kamis (29/10).

Menurut Heru, pengunjung MBK sepi karena penerapan PSBB di berbagai daerah. Selain itu, syarat perjalanan jauh harus menunjukkan surat keterangan sehat juga membuat orang enggan melakukan perjalanan jauh.

“Masa libur panjang ini kami prediksi makin banyak yang ziarah ke MBK. Untuk itu penerapan protokol kesehatan juga kami tingkatkan. Semua wajib di cek suhu tubuhnya, cuci tangan dulu dan wajib pakai masker. Selain itu, peziarah yang di dalam areal cungkup kami batasi hanya 50 orang,” tandasnya.

Jumlah kunjungan normal sebelum pandemi Covid-19 di MBK bisa mencapai 1.500 orang/hari. Tak hanya di MBK, destinasi sejarah lain di Kota Blitar yakni Istana Gebang. Lokasinya sekitar 1 KM arah selatan MBK, tepatnya di Jalan Sultan Agung.

Untuk menarik kunjungan wisatawan, pengelola menambahkan pembangunan gazebo dan beberapa spot selfie di luar Istana Gebang. Sama seperti kondisi MBK yang sepi pengunjung, Istana Gebang pun juga mengalami hal yang sama.

“Perlakuan kami ke pengunjung sama ya. Kalau kami periksa suhu badannya di atas 37,3 kami minta istirahat dulu. Mungkin karena capek dari perjalanan jauh. Nanti kami cek lagi, kalau normal ya kami persilahkan masuk,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Driver Ojek Online Dapat “Orderan” Menuju Pelaminan
apahabar.com

Nasional

Jokowi Diberi Gelar Adat Datuk Seri Setia Amanah Negara
apahabar.com

Nasional

Jika Kaltim Jadi Ibu Kota, Tak Ada Ruang untuk Tuan Thakur
apahabar.com

Nasional

Peserta Reuni 212 Kesulitan Temukan Toilet
apahabar.com

Nasional

Sultan Hamengku Buwono X: Harus Ikhlas Terima Hasil Pemilu, Tak Perlu People Power

Nasional

VIDEO: Jadi Gembel Andika Kangen Band Ditangkap, Kasat Pol PP Angkat Bicara
apahabar.com

Nasional

Haji 2019; Ini Tips Agar Jemaah Tidak Kehilangan Sandal
apahabar.com

Nasional

Jokowi Beri Arahan Pengendalian Karhutla 2019 di Istana Negara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com