Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

Melihat Mungilnya Rumah Baginda Rasullah SAW

- Apahabar.com Minggu, 4 Oktober 2020 - 11:22 WIB

Melihat Mungilnya Rumah Baginda Rasullah SAW

Replika rumah nabi di museum masjid nabawi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Rasulullah SAW dan Ummul Mukminin Aisyah binti Abu Bakar Shiddiq RA memiliki sebuah rumah mungil yang ukurannya seperti sebuah kamar.

Tak ada kemewahan di sana. Tak ada perabotan bersepuh emas dan perak atau pilar yang tinggi menjulang.

Replika rumah Rasulullah SAW terdapat di museum yang berada di sebelah kanan masjid Nabawi. Jika hari biasa, lazimnya museum ini dibuka pada pagi hari, sekitar pukul 08.00 pagi sampai petang dengan dijeda setiap kali tiba waktu salat.

Kamar atau bilik nabi itu, posisinya berada di tenggara Masjid Nabawi. Letaknya adalah di makam Rasullah yang setiap waktu ramai dikunjungi jemaah. Kamar ini dibangun bersamaan dengan pembangunan Masjid Nabawi.

Bahan bakunya terdiri dari tanah liat, batu bata, dan pelepah kurma, lalu ditutup dengan kain bulu hewan.

Luasnya tidak lebih dari 3,5 meter x 5 meter. Pintunya terbuat dari kayu jinten saru (Juniperus Communis) atau jati yang menjadi jalan menuju Raudhah di dalam masjid. Rasulullah wafat dan dimakamkan di arah kiblat kamar ini. Setelah itu, bagian utara kamar ini menjadi tempat tinggal Aisyah.

Saking mungilnya, karena dalam sebuah riwayat, kaki Rasullah sering terjulur ke luar dari dalam kamar itu. Dan kadang pula nabi Muhammad sering tidur di depan pintunya. Mengapa? Ini karena ketika pulang di malam hari Rasullah sering mendapat Aisyah yang sudah tidur. Maka, nabi tak mau membangunkannya dan memilih tidur di depan pintu.

Ketika wafat, Abu Bakar dimakamkan di samping Rasulullah dengan jarak 1 hasta. Posisi kepalanya sejajar dengan pundak Rasulullah. Ketika Umar bin Khattab wafat, dia dimakamkan di dekat Abu Bakar dengan jarak 1 hasta.

Posisi kepalanya sejajar dengan pundak Abu Bakar.

Saat itu, bagian utara masih terus menjadi tempat tinggal Aisyah hingga akhir hayatnya. Ketika Aisyah wafat, dia dimakamkan di Baqi’. Setelah itu, tak ada lagi yang menghuni kamar Rasulullah.

Sumber: Irham.id

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Cerita Angel Lelga yang Diterima Keluarga Setelah 10 Tahun Mualaf
apahabar.com

Habar

Salat Ied Massal Saat Pandemi, Wapres: Tidak Sesuai Prinsip Islam
apahabar.com

Sirah

Detik-Detik Penaklukkan Konstantinopel di Tangan Umat Islam
apahabar.com

Religi

Dalil Terkait Hari Kiamat, Manusia Harus Waspada
apahabar.com

Sirah

Keutamaan Para Sahabat Rasulullah SAW Dijelaskan dalam Injil
apahabar.com

Ceramah

Ikhlas dan Kasih Sayang, Spirit Revolusi Mental Ala Rasulullah
apahabar.com

Religi

Sayidina Husain Sempat Berpidato Sebelum Dibantai di Karbala
apahabar.com

Religi

6 Amalan Mujarab Penghapus Dosa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com